Core Banking System Terbaik, Bagaimana Cara Mencari Produk dan Konsultannya




Saat ini makin banyak bank dan lembaga kredit (credit union) yang merasa perlu untuk menerapkan core banking sytem untuk perusahaannya. Mereka ingin dalam menjalankan bisnis pengelolaan dan simpan-pinjam dibantu dengan teknologi. Digitalisasi memang sudah merambah kemana-mana dan sektor perbankan termasuk yang paling awal menerima perkembangan teknologi.

Core banking system (CBS) sering dikaitkan dengan perbankan ritel dan bank-bank memperlakukan pelanggan ritel sebagai pelanggan inti mereka. Bisnis biasanya dikelola melalui divisi perbankan korporasi dari institusi tersebut. Inti kegiatan perbankan ialah simpanan dan memberi pinjaman. Fungsi perbankan inti akan mencakup rekening transaksi, pinjaman, hipotek, dan pembayaran. Bank menyediakan layanan ini di berbagai saluran seperti anjungan tunai mandiri, internet banking, mobile banking, dan pengelolaan cabang.

Saat ini, software perbankan dan teknologi jaringan sudah memungkinkan sebuah bank untuk melakukan sentralisasi pencatatannya, dan memungkinkan akses dari lokasi mana pun. Kemajuan internet dan teknologi informasi mengurangi pekerjaan manual di bank dan meningkatkan efisiensi. Perangkat lunak komputer dikembangkan untuk melakukan operasi inti perbankan seperti pencatatan transaksi, pemeliharaan buku tabungan, perhitungan bunga pinjaman dan deposito, catatan pelanggan, neraca pembayaran dan penarikan. Perangkat lunak CBS ini dipasang di berbagai cabang bank dan kemudian dihubungkan melalui jaringan komputer berbasis telepon, satelit dan internet.

Gartner mendefinisikan CBS sebagai sistem back-end yang memproses transaksi perbankan harian, dan memposting pembaruan ke akun dan catatan keuangan lainnya. Solusi ini biasanya mencakup kemampuan pemrosesan deposito, pinjaman dan kredit, dengan antarmuka ke sistem buku besar umum dan alat pelaporan. CBS sering kali merupakan salah satu pos biaya terbesar bagi sebuah bank. Pengeluaran untuk sistem ini didasarkan pada kombinasi arsitektur berorientasi layanan dan teknologi pendukung.

Banyak bank menerapkan aplikasi khusus untuk CBS. Yang lain menerapkan atau menyesuaikan paket vendor perangkat lunak independen komersial. Integrator sistem seperti Cognizant, EdgeVerve Systems Limited, Capgemini, Accenture, IBM, dan Tata Consultancy Services menerapkan CBS. Baru-baru ini, pendatang seperti Probanx (sejak 2000) dan Temenos (akhir 1990-an) juga telah menyediakan perangkat lunak perbankan inti tingkat awal, dengan fokus pada neo-bank dan lembaga uang elektronik. Di Indonesia pun mulai banyak developer lokal bidang CBS yang kualitas hasilnya bisa ditandingkan dengan merek asing. 

Aneka Benefit Bila Sebuah Perusahaan Menjadi Perusahaan Publik / TBK

Yang pasti, membuat peralihan CBS bukanlah tugas kecil. Tetapi bagi banyak bank dan credit unions, waktunya telah tiba untuk melakukannya, atau setidaknya pertimbangkan kemungkinannya.  Faktanya, beberapa bank masih menggunakan perangkat lunak inti yang dibeli 30 atau lebih tahun yang lalu, dan telah melapisi di atasnya produk 'tambahan' seperti perbankan online dan perangkat lunak perbankan seluler, menciptakan lingkungan TI yang kompleks yang sulit untuk dikelola dan meningkatkan untuk meluncurkan produk baru dan mematuhi peraturan yang berlaku. "

Teknologi usang ini dengan cepat menjadi tidak praktis bagi bank dan credit unions yang ingin bersaing di era digital. Karena itu, konversi CBS adalah pekerjaan besar-besaran, baik dalam waktu maupun uang, banyak bank dan credit unions yang ragu-ragu. Namun, dengan perencanaan dan pandangan ke depan yang tepat, kita tidak hanya dapat memilih perangkat CBS terbaik untuk bank atau CU Anda, tetapi juga memastikan bahwa proses implementasi berjalan semulus mungkin.

Memilih Software Core Banking Terbaik

Saat ini, ada banyak  penyedia software CBS. Mulai dari FIS, Fiserv, Jack Henry dan D + H, dan Indonesia pun sudah banyak software CBS dan juga vendor konsultannya.  Mereka juga sudah banyak berpengalaman dalam mengimplementsasi CBS.

Nah, untuk membantu bank dan lembaga kredit  memanfaatkan sumber daya dengan sebaik-baiknya, Gartner mengidentifikasi delapan kriteria utama yang paling berdampak pada keputusan CBS:
  • Tingkat kegunaan
  • Fleksibilitas
  • Besarnya biaya
  • Kelangsungan hidup
  • Kinerja Operasional
  • Manajemen Program
  • Manajemen Mitra
  • Referensi Pelanggan
  • Memastikan Implementasi  yang lancar
  • Pertimbangkan komponenisasi jika Anda adalah bank yang lebih besar.
Satu dekade atau lebih yang lalu, implementasi CBS akan memakan waktu 5-10 tahun. Saat ini, implementasinya jauh lebih cepat, dengan bank yang lebih kecil biasanya dapat beralih ke sistem baru dalam waktu 12 bulan. Akan tetapi, untuk bank dan credit unions yang lebih besar, jangka waktunya sedikit lebih lama dan kompleksitas pekerjaannya jauh lebih besar. Untuk membantu membatasi gangguan pada bisnis dan mempercepat waktu peluncuran, banyak penyedia CBS yang telah menawarkan kepada bank dan credit unions kemampuan untuk mengubah perangkat lunak inti mereka sedikit demi sedikit, dalam taktik yang dikenal sebagai "komponenisasi". Jika Anda adalah bank atau credit union yang lebih besar, Anda mungkin ingin menanyakan tentang komponenisasi.

Pilih mitra implementasi yang tepat!

Deloitte, dalam sebuah makalah tentang transformasi core bankin,  menyamakan konversi perbankan inti dengan operasi jantung terbuka, mencatat tantangan dan risiko yang terlibat dengan keduanya. Karena kerumitan switch inti, melibatkan mitra implementasi yang dapat membantu memandu bank atau credit union Anda di sepanjang perjalanan transformasi adalah yang terpenting. 

Deloitte menawarkan saran tentang cara memilih integrator sistem. Intinya, mereka harus dapat membuktikan kualifikasi dan kapabilitas mereka di bidang berikut:
  • Memberikan manfaat
  • Luasnya pengalaman,  ini mencakup pengalaman perusahaan, orang, dan teknologi
  • Bagaimana arsitektur bisnis dan solusi yang ditawarkan
  • Kemampuan mereka dalam operasional bisnis dan kesiapan perubahan
  • Keahlian pada perangkat lunak yang ditawarkan
  • Kemampuan melakukan migrasi data
  • Kemampuan mengintegrasikan
  • Manajemen vendor
  • Tata kelola dan deliveri proyek
  • Jaminan kualitas
  • Pengembangan kapasitas dan transfer pengetahuan

Setiap perubahan dalam bank atau credit union akan memengaruhi bisnis seperti biasa. Namun perubahan inti juga berpotensi menimbulkan jenis gangguan yang disebabkan oleh peristiwa besar, seperti merger atau akuisisi. Namun, dengan teknologi yang tepat, Anda dapat mengurangi efek negatif dari perubahan sistem yang besar ini. Yaitu, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan dan anggota Anda dapat mengakses semua informasi yang mereka butuhkan di saluran digital Anda dengan mudah, sehingga meringankan beban call center Anda yang sering kali kelebihan beban pada saat perubahan.

Bersihkan sistem lama !

Sama seperti pindah ke rumah baru, pindah ke CBS baru menawarkan kesempatan sempurna untuk membersihkan dan membuang apa pun yang tidak lagi bermanfaat bagi perusahaan Anda. Inventarisasikan sistem Anda dengan tujuan menghapus fitur usang dan mengidentifikasi produk lama yang tidak lagi layak dipertahankan.

Teknologi berkembang,  permintaan pelanggan juga berkembang bersama mereka. Untuk bank dan credit unions, hal ini menjadi kebutuhan mendesak untuk mengevaluasi kembali sistem lama yang masih dipakai saat ini, terutama CBS yang mesti harus segera diupdate ke yang terkini 


Lebih baru Lebih lama