Cari System Integrator Terbaik, Berikut Ini Sejumlah Tips Yang Bisa Diterapkan Para Penggiat TI

Tips Memilih System Integrator Terbaik


Bekerja dengan partner yang tepat untuk memastikan transformasi bisnis digital yang sukses itu merupakan hal yang sangat penting. Tetapi dengan begitu banyaknya pilihan perusahaan IT system integrator yang ada di pasar, tentu itu menjadi pekerjaan tersendiri untuk bisa memilih integrator sistem yang bagus dan tepat untuk perusahaan Anda.

Beberapa perusahaan IT system integrator (SI) menawarkan layanan dengan cakupan yang banyak (penuh), sementara perusahaan lainnya ada pula yang memilih berkonsentrasi pada layanan tertentu. Beberapa fokus pada industri tertentu, sementara yang lain bekerja di semua jenis industri. Tetapi mereka yang berusaha menjadi segalanya untuk semua klien sering terlihat memiliki merek yang kuat.

Ada terlalu banyak cerita tentang jumlah uang yang terbuang percuma oleh integrator sistem yang gagal mengerahkan individu atau tim yang tepat untuk memimpin berbagai aspek transformasi. Salah satu kekurangan yang paling umum, adalah memiliki kemampuan untuk memasukkan banyak ahli teknis tetapi sangat rendah dalam hal kemampuan manajemen proyek, program, dan mengelola perubahan. Hal lainnya adalah kebutuhan untuk mengelola akun dengan sumber daya kontrak yang tinggi, karena janji yang berlebihan selama tahap penjualan.

Tidak ada standar bisnis dan teknis yang bisa diterapkan (diadopsi) secara luas untuk memiliih mana SI yang terbaik. Sehingga menetapkan tolok ukur dan kriteria pemilihan ini diharapkan dapat membantu tentang hal itu,  dan membuat perusahaan Anda membuat keputusan dengan lebih tepat.

PERSYARATAN DASAR

Pada tingkat tertinggi, pemilihan perusahaan SI harus didasarkan pada dasar-dasar bisnis yang baik dari keahlian di bidang teknologi, pengalaman industri, dan pengalaman (praktik) bisnis terbaik. Jika perusahaan integrator sistem itu tidak dapat dengan jelas mengartikulasikan dan membuktikan keahlian mereka dalam salah satu dari tiga bidang dasar ini, Anda mungkin perlu menghapusnya dari daftar pilihan.

PERTIMBANGAN INTEGRATOR SISTEM

Waktu dan pemikiran yang dihabiskan untuk memberikan semua pertimbangan ini merupakan upaya yang layak dapatkan dapat menghemat waktu, uang, dan jerih payah untuk jangka panjang. Dengan demikian pertimbangan-pertimbangan ini perlu dilakukan agar Anda benar-benar mendapatkan system integrator yang terbaik.


1. Faktor REKAM JEJAK (track record)

Cari perusahaan SI yang memiliki daftar panjang proyek sukses yang sudah mereka jalankana di bidang yang Anda cari. Lihat referensi yang mereka berikan dan cari tahu sudah berapa lama mereka mengerjakan di bidang yang Anda perlukan bantuannya. Menjadi kompeten dan terkenal karena berkinerja baik dalam satu jenis pekerjaan, tidak berarti mereka dapat melakukan hal yang sama dalam jenis pekerjaan yang perlu Anda selesaikan. Terlalu mudah bagi integrator sistem untuk membuat daftar nama besar yang pernah mereka kerjakan, tanpa mengungkapkan bahwa mereka tidak pernah melakukannya untuk klien tersebut, jenis pekerjaan yang Anda perlukan bantuannya.

2. CARI Yang Mampu Memberi LEBIH DARI JANJI

Manajer pengembangan bisnis semuanya ingin menjual, dan saya telah melihat langsung bagaimana bisnis dijual oleh beberapa integrator sistem, namun mereka tidak mampu memenuhi janji yang dibuat selama presentasi  dan paparan penawaran. Mintakah ke si integrator untuk membuktikan bahwa mereka memahami kebutuhan Anda, tidak meremehkan proyek Anda, dan mereka memiliki pengalaman dengan proyek serupa dan staf internal yang tersedia untuk menjalankan proyek Anda. Jika Anda mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dari yang diharapkan, gali "dari mana" staf mereka akan berasal dan implikasi apa pun yang mungkin muncul.

3. Cari tahu standar kerja mereka dan juga tim konsultan outsource yang menjadi bagian dari proyek SI tersebut

Cari tahu dengan mitra mana saja dan siapa saja si integrator bekerja karena memang tidak ada yang bisa melakukannya sendiri. Penting juga untuk melihat bagaimana integrator itu mengelola proyek dan seperti apa kemampuan codingnya. Metodologi apa yang mereka gunakan dan dapatkah mereka menjamin bahwa staf yang mereka mobilisasi itu bersertifikat dan berpengalaman dalam metodologi tersebut? Pastikan untuk memeriksa semua CV dan waspada terhadap perubahan menit terakhir karena kandidat yang awalnya dijanjikan sebenarnya tidak akan pernah tersedia untuk Anda. Jangan sampai mereka hanya mewakili CV yang bagus agar memenangi tender di perusahaan  Anda.

4. FAKTOR KENYAMANAN

Selain keandalan dan kemampuan profesional, pilih integrator yang Anda merasa nyaman bekerjasama, yang memahami kebutuhan proses Anda dan memiliki pengalaman dalam industri Anda. Dan ingat bahwa meskipun mudah bagi integrator sistem besar untuk mengklaim mereka sebagai ahlinya, tetapi satu-satunya hal yang penting bagi Anda adalah bahwa keahlian yang tepat menemukan jalannya ke lokasi Anda. Daftar sumber daya yang mengesankan tidak baik bagi Anda jika semuanya sibuk di akun lain.

5. Aspek KEAHLIAN (expertise)


Fokus pada pengetahuan, teknik, dan keterampilan mereka. Pastikan staf yang akan dilibatkan oleh integrator sistem memiliki pengetahuan penuh tentang rekayasa sistem, serta pengalaman yang cukup untuk menangani proyek Anda. Sekali lagi, waspadalah terhadap integrator sistem yang mengklaim keahlian, tetapi gagal memberi Anda individu yang tepat yang memiliki keahlian itu.


6. Cek juga PENGALAMAN-nya SAAT INI

Pengalaman sebelumnya dalam disiplin Anda adalah kunci pemilihan integrator Anda. Pengalaman membuat integrator tetap mengikuti transformasi bisnis digital baru. Banyak integrator telah mengurangi staf, pengetahuan minimal tentang teknologi terbaru, dan tidak ada bangku cadangan. Luangkan waktu untuk menilai kekuatan dan kelemahan integrator yang Anda pertimbangkan untuk memastikan bahwa mereka mampu memberikan "orang" yang Anda butuhkan - yang pada gilirannya akan memberikan transformasi yang Anda butuhkan.

7. TETAPLAH TERLIBAT

Dapatkah Anda mengalokasikan sumber daya yang "tepat" untuk bekerja dengan integrator tersebut setiap hari? Orang-orang Anda suatu hari nanti perlu beroperasi di dunia baru yang dibantu oleh integrator sistem, yang mencakup teknologi dan cara kerja baru. Jadi, pastikan Anda menugaskan orang baik sejak awal.

8. KEMAMPUAN Mengelola PROGRAM YANG KUAT

Saat memulai lebih dari beberapa proyek lokal kecil, kemampuan manajemen program sangat penting. Tanpanya, upaya Anda akan berisiko menjadi serangkaian proyek tertutup yang tidak digabungkan atau terintegrasi dengan perusahaan lainnya. Keseimbangan sumber daya, prioritas strategis dan elemen transformasi lainnya semuanya akan menderita tanpa manajemen program yang kuat.

9. KEDALAMAN PORTOFOLIO DAN KEAHLIAN

Transformasi lebih dari sekadar teknologi baru, dan sementara banyak integrator sistem menyatakan ini dalam konten online mereka, tim yang sering mereka mobilisasi tidak mencerminkan pemahaman itu. Lakukan yang terbaik untuk bekerja dengan mitra yang memiliki banyak penawaran untuk memenuhi semua kebutuhan utama Anda, dan yang dapat mencari, mengintegrasikan, dan mengelola kemampuan tambahan sesuai kebutuhan untuk memenuhi persyaratan ujung ke ujung operator.

10. AJUKAN SEJUMLAH PERTANYAAN 

Memilih integrator sistem adalah bagian yang paling sulit dan paling mudah diabaikan dari proyek otomasi. Ajukan pertanyaan tentang jenis proyek yang telah mereka lakukan, preferensi vertikal, dan ukuran proyek. Mintalah mereka memasukkan rincian proyek, seperti apakah mereka tepat waktu dan sesuai atau di bawah anggaran, dan berapa persentase waktunya.

11. Cek pula REKAM JEJAK dalam hal "INOVASI"

Evolusi teknologi terjadi dengan sangat cepat. Penting bagi penyedia layanan untuk bermitra dengan mitra yang terus berinovasi dan berada di garis depan industri. Hampir semua orang mengklaim betapa inovatifnya mereka. Uji ini dengan menanyakan tentang proses inovasi mereka yang akan diterapkan oleh para pemimpin inovasi untuk Anda, bersama dengan di mana dan seberapa sukses hal ini diterapkan sebelumnya.

12. PENGALAMAN itu MEMILIKI BATAS

Ketahuilah bahwa sebagian besar integrator memiliki pengalaman baik dalam industri vertikal atau dengan jenis proyek tertentu, seperti pemrograman PLC / HMI. Apa pun itu, mereka mungkin kekurangan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan proyek di luar pengalaman tersebut. Banyak vendor HMI / DCS memiliki daftar integrator sistem yang didukung atau direkomendasikan di halaman beranda mereka. Ini tempat yang bagus untuk memulai.

13. KETERAMPILAN  dalam ber-KOMUNIKASI

Banyak hal yang membedakan integrator sistem biasa dari integrator yang sangat baik adalah kemampuannya untuk berkomunikasi dengan baik dengan klien. Itu terkadang termasuk menyampaikan berita yang tidak suka Anda dengar. Mungkin klien meminta perubahan proses yang tampaknya tidak ada di  kepentingan terbaik jangka panjang. Atau, mungkin klien meminta sebuah proyek untuk diselesaikan dalam jangka waktu yang sangat singkat tanpa sepenuhnya memahami dampak yang mungkin ditimbulkan garis waktu terhadap anggaran atau ruang lingkup. Jenis masalah ini membutuhkan integrator sistem untuk dapat dengan terampil dan jujur ​​mengatakan "tidak" kepada klien.

14. CERDAS saja TIDAK CUKUP

Pilih integrator seperti Anda akan memilih karyawan. Luangkan waktu, bicarakan dengan referensi dan ketahuilah bahwa meskipun setiap perusahaan di luar sana merekrut insinyur yang sangat cerdas, Anda tidak ingin mereka memotong gigi mereka dalam proyek Anda.


15. Dalami dari sisi INTEGRITAS PROFESIONAL

Pastikan seorang integrator dengan percaya diri dapat memberi Anda rencana proyek, dengan poin keputusan, rencana kontingensi, dan staf yang akan memenuhi jadwal dan tujuan proyek Anda.

16. Mesti selalu TETAP DIKONTROL

Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang diperlukan untuk mengelola integrator sistem, libatkan konsultan yang dapat melakukannya atas nama Anda. Atau Anda mungkin menemukan diri Anda menjadi seekor anjing yang digoyang-goyangkan ekornya.

17. Lakukan UJI TIM

Verifikasi kemampuan integrator dengan memberikan tes kepada personel yang akan melakukan pekerjaan pada proyek Anda. Pastikan orang-orang itu terdaftar dalam kontrak, termasuk kandidat mundur atau pengganti.

18. KETERAMPILAN dalam hal BISNIS

Transformasi digital harus dipandu oleh kebutuhan bisnis perusahaan saat ini dan di masa depan. Pasar menuntut model bisnis baru, seperti kapasitas fleksibel, dan kerangka kerja masuk ke pasar baru. Dalam menentukan persyaratan bisnisnya, penyedia layanan sering kali memerlukan bantuan ahli dari entitas yang memiliki perspektif luas tentang dinamika dan tren pasar. Lihatlah di luar keahlian teknologi atau pengalaman proyek untuk mempertimbangkan kualifikasi komersial integrator. Transformasi adalah tentang cara-cara baru dalam berbisnis, yang dimungkinkan oleh teknologi. Jika semua integrator sistem Anda dapat menyediakan keahlian teknis, pikirkan dua kali, karena Anda perlu menghindari transformasi bisnis digital Anda menjadi proyek teknologi.

19. APAKAH MEREKA TERBUKA?

Pilih integrator yang terbuka untuk permintaan dan ide Anda. Waspadalah terhadap orang yang terus-menerus mendorong ke belakang. Jika Anda mendengar ungkapan "tidak ada yang melakukannya seperti itu" atau "begitulah cara setiap orang melakukannya," Anda mungkin perlu mempertimbangkan integrator lain yang lebih berpikiran terbuka. Anda membayar integrator itu untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan - bukan hanya apa yang ingin mereka bangun karena mudah atau mereka "selalu melakukannya dengan cara itu".

Ya, Anda mempekerjakan mereka untuk pengalaman mereka dan menginginkan saran mereka, tetapi jangan mengabaikan ide Anda sendiri hanya karena ini adalah pertama kalinya Anda. Juga memungkinkan kemampuan untuk membuat beberapa perubahan, terutama jika pendekatan Anda baru dan tidak konvensional. Bersikaplah terbuka terhadap perubahan dan penyesuaian saat Anda melakukannya jika itu membuat hasil akhirnya lebih mudah digunakan dan lebih fleksibel.

20. Mesti FOKUS pada KEAMANAN

Karena sensitivitas data, Anda memerlukan integrator sistem yang akan memastikan Anda dan pelanggan serta mitra Anda terlindungi. Yang menjaga keamanan data dan informasi dari perusahaan Anda. Ini sangat fundamental. Saat Anda mengembangkan transformasi Anda, mengidentifikasi dan menerapkan kerangka kerja keamanan sangat penting, dan sangat penting bahwa integrator sistem Anda dilengkapi tool dan system untuk menangani semua dimensi keamanan yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Lebih baru Lebih lama