Jago Membuat Software Akuntansi, Perusahaan Ini Punya Lebih Dari 50 Ribu Pelanggan

 Di dunia bisnis di Indonesia, nama Zahir Accounting sudah dikenal sebagai market leader untuk aplikasi akuntansi atau software akuntansi. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Zahir Internasional, perusahaan pembuat software yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia sejak tahun 1996. Zahir Accounting ini sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar. Bahkan produk software yang dibuatnya juga sudah punya banyak varian dan generasi. Perusahaan yang jago membuat software ini bisa menjadi salah satu  contoh bagi generasi muda dan pelaku bisnis di Indonesia bahwa perusahaan Indonesia juga bisa membuat software sendiri yang bagus. Kisah sukses software Zahir Accounting bisa menjadi inspirasi bagi kebangkitan pemain lokal. 


Zahir kini dikelola sekelompok anak muda yang didukung programmer andal yang membuat produk hebat, punya tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf dukungan pelayanan yang terbaik. Sejarahnya, Zahir itu sendiri dirintis oleh Fadil Fuad Basymeleh, yang waktu itu masih berstatus sebagai mahasiswa ITB jurusan Fisika angkatan 1991. Di pertengahan 1900-an, antara 1995 sampai 1996, Fadil menjalankan bisnis advertising (periklanan). Ketika mengelola bisnis periklanan itu ia butuh laporan instan yang cepat. Seperti ada pertanyaan, 'hari ini utang berapa, sih?' Atau pertanyaan lainnya terkait pencatatan keuangan. Ia mengalami kesulitan. Dari sana ia terpikir untuk membuat software accounting. Jadi awalnya berangkat dari kesulitan yang ia alami sendiri.


Zahir, jagonya software akuntansi


Ia dibantu teman-temannya akhirnya berhasil membuat software tersebut. Mulai 1996 sampai 1997, ia dan timnya mulai memasarkan software accounting tersebut. Cita-cita baik mereka rupanya tak bertepuk sebelah tangan. Satu demi satu, mulai banyak yang berminat menjadi user produk software-nya. Rupanya banyak perusahaan small and medium enterprise yang mempunyai kebutuhan dan kesulitan yang sama. Zahir membuat terobosan dengan mengembangkan aplikasi accounting yang simpel, mudah digunakan, namun powerfull.


Singkat cerita, perkembangan Zahir Accounting bak roket. Tumbuh cepat. Sebagai leader, Fadil juga aktif mempromosikan produknya di berbagai ruang dan forum. Dari 1996 sampai 1999, bisnisnya terus growing baik. Tak heran, pada 2000  kantor pindah dari Bandung ke Jakarta. Di Jakarta pun terus berkembang dan sejak 2004 juga ekspansi dengan membuat kantor di beberapa daerah, seperti di Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan sekarang sudah lebih dari 30 kota di Indonesia. Bahkan pelanggannya juga ada kalangan perusahaan Timur Tengah, Jepang, Italia.


Manajemen Zahir Accounting yakin kedepan potensi pasar industri software masih sangat baik. Pada awal kelahiran Zahir pada 1996-1997, pebisnis Indonesia melihat teknologi bukan bagian yang penting dari bisnis. Namun, kalau sekarang seiring berkembangnya telepon pintar, orang semakin sadar bahwa teknologi tak bisa dipisahkan dari bisnis. Pasar accounting software pun tumbuh dengan luar biasa. Kalangan pengelola usaha semakin sadar dan membutuhkan software untuk mengambil sebuah keputusan yang cepat. Sehingga tidak ada penolakan dari penggunaan software. Dengan menggunakan software, semua transaksi tercatat dan dalam mengambil keputusan pun lebih cepat.

Selama ini Zahir fokus di software accounting. Dengan fokus pada software accounting, diharapkan akan terus berkembang di sisi software-nya. Manajemen Zahir berpikir agar bagaimana dari hari ke hari software ini semakin mudah, powerfull dan dimengerti, serta membantu pengusaha dan entry user. Kami juga berusaha agar dekat dengan pelanggan. Sekarang ini calon suer sudah bisa dengan mudah membeli software online. Namun juga  memberikan training bagaimana cara menggunakan software tersebut, bagaimana kalau ada troubleshooting pun bisa langsung ditanyakan.


Sudah lebih dari 5 tahun Zahir merilis produk Zahir Online. Sebelumnya produk Zahir berbasis desktop, di PC, laptop. Makin ke sini, ada internet dan Indonesia yang memiliki wilayah luas dan kepulauan menjadi tantangan tersendiri untuk kami. Bagaimana perusahaan bisa mengelola keuangan perusahaan di beberapa tempat yang terpisah dengan jarak dan pulau. Zahir Online yang berbasis web memberikan kemudahan bagi pelanggan. Ketika mereka butuh pengelolaan yang terintegrasi online, mereka langsung bisa menggunakan. Bahkan juga sudah menggunakan pola cloud. 


Zahir Accounting ini sudah berevolusi dan kini makin komplit. Dulu Zahir Accounting versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Selanjutnya pada tahun 1997 ia dikembangkan ke versi 2.0 dan dipasarkan mulai tahun 1999.  Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, pengembangan software Zahir ke versi-versi berikutnya dan layanan purnajual pun terus dilakukan secara berkesinambungan. PT Zahir Internasional telah menciptakan berbagai edisi software yaitu Zahir Accounting 6, Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir Report Server 6, Zahir Sales Order Mobile, Zahir Enterprise Plus, dan Zahir Online. Kami menyebutnya sebagai The Best Business Management Software.


Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50.000-an pengguna (user/ lisensi) di Indonesia serta mancanegara. Jumlah itu pun senantiasa bertambah. Kini Zahir telah banyak tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia berupa kantor pusat dan cabang, gerai, agen, dan reseller.


PT Zahir Internasional juga banyak membantu bidang pendidikan dengan giat menyediakan software Zahir Accounting ke sekolah menengah (SMA/ MA/ SMK) dan perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR). Sampai dengan saat ini Zahir Accounting telah digunakan di lebih dari 30 perguruan tinggi ternama di Indonesia.


Zahir telah memperoleh beberapa anugerah di tingkat nasional sebagai bukti nyata kesungguhan mengembangkan mutu produk dan layanan purnajualnya, di antaranya Penghargaan APICTA Indonesia oleh Menkominfo tahun 2002-2004, Penghargaan Presiden RI tahun 2003, Penghargaan Enterprise 50 tahun 2006, Juara Pertama Teknopreneur Award tahun 2008, dan Best Choice Award tahun 2013. Selain itu, PT Zahir Internasional juga telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2010.


Tentu saja Zahir bisa menjadi contoh bahwa anak muda lokal juga bisa membuat software bisnis yang handal dan bisa berkembang baik. 


Bacaan Terkait: 


Lebih baru Lebih lama