Aneka Benefit Bila Sebuah Perusahaan Menjadi Perusahaan Publik / TBK

 


Banyak para pemilik bisnis yang bertanya, apa keuntungan (benefit, advantage) bila sebuah perusahaan milik pribadi atau keluarga kemudian berubah menjadi perusahaan publik atau perusahaan TBK yang go public di bursa saham. Ada banyak benefit bila perusahaan memutuskan untuk menjadi perusahaan milik publik. 


1. Dari sisi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan modal


Perusahaan publik lebih mudah untuk meningkatkan modal perusahaan dengan cara menerbitkan saham baru dan menjual saham. Tidak seperti pinjaman, maka uang dari penerbitan saham tidak perlu dilunasi. Tidak harus dicicil seperti kredit. Saham juga dapat dijadikan sebagai kompensasi bagi karyawan, meningkatkan semangat kerja karyawan. Jika perusahaan berjalan dengan baik, mereka juga akan diuntungkan. Dengan menjadi perusahaan publik, memudahkan investor untuk memasukkan modal perusahaan. Uang ini dapat digunakan sesuai keinginan bisnis, asalkan sesuai dengan pedoman prospektus saham. Karena perusahaan publik dapat menjual sahamnya kepada publik dan siapa saja dapat menginvestasikan uangnya, potensi modal yang dapat dihimpun lebih besar. Sebaliknya, kepemilikan tunggal, biasanya tidak dapat meningkatkan jumlah modal yang sama tanpa leverage tambahan.


2. Meningkatnya prestise atau image perusahaan 


Investor, lembaga keuangan, pelanggan, dan karyawan dapat melihat perusahaan sebagai pemain yang lebih besar di industri sebagai perusahaan publik dibandingkan jika dibanding perusahaan yang masih dikelola pribadi atau perusahaan privat. Peningkatan pengakuan juga dapat memberikan kesempatan iklan gratis dan hubungan masyarakat untuk bisnis, memberikan peluang untuk pertumbuhan karena lebih banyak orang belajar tentang perusahaan dan merek mereka. Brand perusahaan juga makin populer  dan dikenal lebih luas. Tak lagi hanya dikenal sebagai perusahaan gurem atau keluarga, namun perusahaan publik yang sudah profesional dan diberi stempel image sebagai perusahaan besar.  Karena perusahaan terdaftar di bursa efek, orang akan dapat dengan mudah dan cepat mengenali merek atau nama perusahaan. Semakin banyak pengenalan merek yang dimiliki perusahaan, semakin banyak bisnis yang akan dimilikinya.


3. Membereskan Urusan Pajak Dan Mendapatkan Diskon Pajak


Dengan menjadi perusahaan publik, juga akan mendapatkan kesempatan berbagai diskon perpajakan. Contohnya, akan memperoleh tarif 5 % lebih rendah pada tarif PPh pasal 17. Perusahaan terbuka alias go publik memiliki kesempatan untuk merasakan insentif pajak penghasilan (PPh) badan sebesar 19%, atau lebih rendah dibandingkan ketentuan yakni 22%, terutama bila perusahaan tersebut memiliki saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia minimal 40%.

Lalu, perusahaan TBK biasanya juga sudah akan lebih transparan dalam menangani permasalahan pajak khususnya di KPP PMB (beda dengan KPP yang ada di pelosok-pelosok daerah ). Data laporan keuangan dan yang lainnya sudah konek/tersambung antara BAPEPAM dan KPP PMB , untuk PPN kalau kita mau buka cabang baru di daerah secara otomatis sudah sentralisasi (tanpa pengajuan permohonan sentralisasi di KPP daerah), dan untuk PPh WHT kalau kita mau buka cabang baru di wilayah DKI Jakarta maka otomatis pelaporan PPh WHT-nya langsung di KPP PMB-Per 35/PJ/2009. Bila akan melalukan akuisisi bisnis, pajaknya juga lebih rendah bila sudah TBK. 



4. Kesempatan Memberikan Hibah Saham


Perusahaan publik juga dapat menggunakan sahamnya untuk memberi kompensasi kepada karyawan dan para petinggi perusahaan melalui penerbitan saham atau opsi hibah secara langsung. Hal ini memungkinkan karyawan potensial dan manajemen kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari kesuksesan bisnis.


5. Menambah Likuiditas Perusahaan dan karyawan


IPO dapat memberikan likuiditas kepada karyawan perusahaan dan investor pra-IPO yang memegang saham perusahaan,  dan  juga pendiri.  Pemilik saham juga lebih mudah dalam memperjual-belikan saham yang mereka miliki.


6. Lebih banyak akses ke keuangan dan permodalan


Dengan menjadi perusahaan publik, maka akses permodalan akan menjadi lebih baik – yaitu meningkatkan modal saham dari investor lama dan investor baru. Investor luar negeri pun akan semakin melirik karena karena mereka dalam mencari calon mitra umumnya juga mencari mitra yang sudah lebih terbuka. Perusahaan terbatas publik dapat dengan mudah memperoleh pembiayaan untuk membiayai operasinya. Bank dan lembaga keuangan lainnya lebih bersedia memberikan pembiayaan kepada jenis perusahaan ini daripada bentuk badan usaha yang lebih kecil.


7. Peluang pengembangan bisnis baru menjadi semakin banyak


Karena sudah dikenal dan menjadi perusahaan publik, maka akan selalu muncul di media-media dan publikasi baik online maupun offline. Ini memudahkan untuk pengembangan bisnis. Karena makin dikenal, bahkan pebisnis lain dari luar negeri kemudian datang untuk bekerjasama mengembangkan bisnis bersama. Kesempatan untuk bertumbuh dan ekspansi menjadi lebih besar. Ini berbeda dengan perusahaan yang masih keluarga dan tertutup.


8. Meningkatkan Keberlangsungan Perusahaan Untuk Jangka Yang Lebih Panjang


Perusahaan publik akan semakin tertantang untuk meningkatkan kualitas manajemen dan tim SDM. Perusahaan ini juga akan terus bisa beroperasi selama ada dewan direksi dan staf manajemen yang akan memimpin perusahaan yang sudah diberi mandat untuk mengelola bisnis, walaupun mungkin pemegang saham tidak aktif dalam manajemen. Tim pengelola pun akan terus berusaha untuk bekerja profesional dan meningkatkan level manajemen karena mereka dilihat oleh investor publik, baik dalam hal kinerja keuangan atau proses bisnis. Hal itu secara tak langsung akan meningkatkan standar pengelolaan perusahaan menjadi satu level lebih baik dibanding perusahaan pribadi yang masih tertutup. Dengan cara itu, kemungkinan perusahaan untuk bisa survive dalam jangka panjang menjadi lebih terbuka. 


Bila perusahaan Bapak/Ibu tertarik untuk go public, kami siap bantu untuk mendapatkan perusahaan sekuritas yang paling efisien dan efektif dalam membantu perusahaan Bapak/Ibu untuk go public.

Silahkan hubungi: 

HP    : +62812 9464 5556
Email : masadhi1976@gmail.com


Bacaan Terkait: 


Lebih baru Lebih lama