Top 10 Software ERP Yang Diterapkan di Market Indonesia



Saat ini umumnya perusahaan besar selalu memasang software ERP ( Enterprise Resource Planning) pada sistim TI di perusahaan itu. ERP merupakan sistim yang menjadi tulang punggung bagi aplikasi-aplikasi yang berdiri di atasnya. Software ini digunakan sebagai alat untuk menghubungkan atau mengintegrasi suatu proses produksi barang atau jasa dalam perusahaan, termasuk di dalamnya mengintegrasi data-data terkait proses operasional suatu bisnis.  Sofware ERP sangat berguna untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengelola sumber dayanya dalam sebuah sistim yang terpadu dan saling terkoneksi.  Di era seperti ini, ketersediaan informasi yang lengkap, tepat, terpadu, dan real time memang sudah menjadi keniscayaan.


ERP bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri karena ini sifatnya aplikasi banckbone. Ibarat sebuah rumah, ini bangunan utamanya. Anda butuh jendela, lampu, hiasan dinding, kipas angin, dan sebagainya agar bangun itu benar-benar bermanfaat. ERP sengaja dirancang  sebagai aplikasi  yang terintegrasi dan multi modul, guna  melayani dan mendukung beberapa fungsi perusahaan. Sebab itu diatas ERP selalu modul aplikasi lain, misalnya aplikasi HR, penjualan, keuangan, manajemen rantai pasok, dan lain-lain. Dengan ERP, semua informasi dikumpulkan dalam sebuah sistim data base,  tujuannya  untuk memudahkan pekerjaan dan menjadikannya lebih efisien dan efektif, dan akurasi keputusan, baik bagi pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan. Integrasi ini dicapai melalui database bersama oleh semua fungsi dan aplikasi pengolahan data. 

Sistem ERP biasanya sangat efisien dalam menangani banyak transaksi yang mendokumentasikan kegiatan perusahaan. Perusahaan yang menerapkan ERP untuk mendapatkan keuntungan melalui efisiensi yang diperoleh oleh perencanaan rantai pasokan dan pengendalian proses yang terintegrasi. Selain itu, respon yang lebih baik untuk kebutuhan pelanggan diperoleh melalui informasi real-time dan tepat.


Lalu, apa saja dan siapa saja penyedia software ERP di market? Jawabannya, banyak. Berikut ini diantaranya.




1. Oracle’s E-Business Suite

Oracle’s E-Business Suite atau biasa disebut dengan EB Suite termasuk pemain lama di bisnis ERP. ERP ini terdiri dari beberapa modul aplikasi termasuk  SCM, HRMS, Project, Procurement, dan CRM. Inti dari sistem ini tidak lain adalah kemampuan perencanaan sumber daya perusahaan yang menggunakan teknologi manajemen basis data relasional yang berarti bahwa pelanggan dapat menggunakan sebuah alat tunggal untuk mengumpulkan semua informasi sumber daya, dan mengelola pengadaan, proses pembayaran dan pemesanan dari dasbor yang sama.



2. IFS
IFS termasuk pemain ERP dunia dan hadir di puluhan negara. Aplikasi IF menyediakan fungsi-fungsi ERP termasuk diantaranya: Customer Relation Management (CRM), Suplly Chain Management (SCM) , Product Lifecycle Management (PLM ), Corporate Performance management (CPM), Enterrise Asset management (EAM), dan Maintenace Repair and Overhaul (MRO). IFS juga menyediakan solusi Untuk Retail & Wholesale Distribution. IFS menyediakan solusi berbasis komponen yang mudah untuk di implementasikan, dijalankan, dan di upgrde. Arsitekturnya memudahkan integrasi IFS dengan berbagai paket software lain yang ada di pasar.



3. EPICOR ERP


Epicor ERP merupakan software ERP ( Enterprise Resource Planning ) yang dibangun untuk kebutuhan berskala menengah dan skala besar yang terlibat dalam industri manufaktur, distribusi, ritel dan layanan. Aplikasi ERP Epicore sudah hadir 40 tahun. Epicor ERP memanfaatkan teknologi baru seperti analisis bisnis, big data, mobilitas, dan IOT ( Internet Of Thing ) untuk dukungan manufaktur dan bisnis yang fleksibel dan cerdas kepada pelanggannya. Epicor ERP ini merupakan software atau aplikasi yang juga terintegrasi penuh dengan fitur-fitur lain untuk menangani akuntansi dan keuangan, hubungan pelanggan, manajemen proyek, inventaris, perencanaan bahan pra-produksi, pelaksanaan manufaktur, sumber daya manusia, rantai pasokan, manajemen bisnis global, dan banyak lainnya. Aplikasi ini dirancang di sekitar arsitektur berorientasi layanan dan berbasis modular.


4. SAP
SAP termasuk pemain utama di software ERP. SAP mengeluarkan MySAP ERP, untuk pelanggan perushaan besar. Sedangkan untuk perusahaan kecil menengah, memasarkan SAP Business One dan SAP All-in-One. Aplikasi software SAP menggunakan arsitektur 3-tier yang terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi. Produk Utamanya meliputi SAP ERP Enterprise Core, yang merupakan solusi aplikasi ERP dan SAP Business Suite yang merupakan paket solusi yang lain seperti SAP CRM (Customer Relationship Management), SAP SCM (Supply Chain Management), SAP SRM (Supplier Relationship Management) dan SAP PLM (Product Life Cycle Management). Modul-modul tersebut dapat diterapkan secara penuh atau dapat digunakan secara terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini produk ERP dari SAP sudah mendukung transaksi e-commerce melalui internet.


5.  Infor visual

Infor VISUAL adalah sistem atau software ERP yang dirancang untuk organisasi manufaktur yang mencari solusi lengkap yang mencakup seluruh siklus operasional. Infor VISUAL menawarkan fungsionalitas ujung ke ujung dari perencanaan dan pengadaan sampai ke pembuatan dan pengiriman, dan menggunakan aplikasi untuk mengelola proyek dan produksi yang kompleks, rantai pasokan, SDM, akuntansi dan keuangan, manajemen pelanggan, pelaporan dan banyak lagi.

6. PeopleSoft ERP
PeopleSoft yang termasuk dari salah satu produk Oracle program ini memungkinkan pengguna untuk membuat koleksi global data SDM dan prosedur bisnis yang ditingkatkan. Platform ini menawarkan kumpulan fungsi sumber daya manusia untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas, merampingkan kinerja bisnis, dan menurunkan biaya ownership. Mulai dari merekrut dan mengelola bakat, sampai memberi tahu kebutuhan tenaga kerja di masa depan secara akurat, PeopleSoft HCM memungkinkan Anda mengelola operasi HR secara proaktif disamping fokus pada inisiatif bisnis strategis.

7. Microsoft Dynamic AX
Microsoft Dynamics AX juga dikenal sebagai modul Operasi yang disertakan dalam edisi enterprise Microsoft Dynamics 365. Alat ERP ini menggabungkan fungsi industri dengan fitur manajemen perusahaan inti untuk memberdayakan perusahaan agar memenuhi tantangan industri mereka, dan memanfaatkan peluang bisnis yang menguntungkan.


8. JD Edwards
JD Edwards sebagai penyedia produk ERP yang sudah dikenal di dunia. Perusahaan ini kemudian diakusisi Oracle. JD Edwards lebih mengedepankan aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari vendor tersebut.  JD. Edwards mendukung dan mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Sehingga kita dapat memilih sendiri databae, sistem operasi da hardware apa yang akan digunakan sehingga solusi dapat dibangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Dengan filosofi platform terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.


9. NetSuite ERP
Termasuk software ERP generasi pertama yang banyak dipakai di Indonsia ialah NetSuite ERP. NetSuite ERP memiliki banyak fitur yang dimana perusahaan dapat melakukan penyesuaian kebutuhan bisnisnya. Sehingga, NetSuite ERP menjadi software yang dianggap cocok bagi sebagian pelaku bisnis. NetSuite ERP memiliki keunggulan dalam pencatatan keuangan termasuk dalam mengaudit pengeluaran.

10. Sage Inttact


Sage Inttact juga termasuk pemain lama di bidang software ERP. ERP ini menawarkan banyak modul dimana alat keuangannya didukung oleh AICPA untuk CPA. Sage Intacct dilengkapi dengan video tutorial dan panduan di setiap langkahnya sehingga memudahkan pelanggan  menggunakan software ini. Sage Inttact juga memisahkan kontrol akses pengguna sehingga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang dilengkapi dengan proses ERP seperti pembayaran online, CRM dan manajemen perjalanan.


Lebih baru Lebih lama