Tak Banyak Yang Tahu, Ini Rahasia Sukses MS Glow Hingga Bisa Booming Seperti Sekarang


Di dunia kosmetik dan beauty care di Indonesia, nama MS Glow tak ubahnya sebuah sebuah galaxy baru. Benar-benar sangat moncer dan bersinar. Semua orang membicarakan kisah kesuksesan MS Glow dan pendirinya. MS Glow, dari brand yang sebelumnya nothing, menjadi brand baru yang melesat dan gross omset diperkirakan sudah diatas Rp 1 triliun. MS Glow, merek yang relatif baru ini pun membuat mati kutu sejumlah brand komestik besar yang sudah legend, baik brand asing ataupun lokal. Mereka kalah bersaing, kalah viral dibanding MS Glow. 

  

Rahasia Sukses Pemasaran MS Glow

Sebelum mengupas rahasia sukses pemasaran MS Glow, tentu sebagian besar pembaca sudah tahu MS Glow ini dirintis oleh pasangan Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala Dewi sejak  2013. Banyak gosip yang mengatakan, sebelum mendirikan usaha ini Maharanni sudah merupakan "orang kaya". Tapi hal itu beberapa kali dibantah oleh Maharani sendiri. Ia sebelumnya hanya karyawan sebuah bank dan ia menjadi reseller bagi produk Shandy. Lucu sekali, sebelum mereka menikah, keduanya sudah saling mengenal tapi tidak pernah saling bertemu karena Maharani yang di Bali menjadi agen/reseller bagi Shandy. Baru kemudian keduanya bertemu, berjodoh dan sepakat untuk berbisnis mendirikan brand MS Glow. Makanya usaha itu diberi nama MS = Maharani + Shandy. Maharani sendiri memang spesialis mengurusi aktifitas dan strategi pemasaran. 


Setelah keduanya bergabung, lalu mereka aktif memproduksi berbagai produk skincare/kosmetik yang kemudian dipasarkan secara massal. Waktu itu ia masih debutan baru yang boleh dibilang sebagai anak bawang. Dan bila dianalisa lebih dalam, sejujurnya, strategi pemasaran inilah yang menjadi kunci sukses atau jantung dari sukses bisnis MS Glow. Dari sisi produk, ia memang berkualitas. Tapi ingat bahwa di market masih banyak pemain lain yang bisa memproduksi produk dengan sama bagus dibanding MS Glow dan bahkan yang lebih bagus. Tapi pengelola brand MS Glow sangat smart dan berbakat dalam mengelola dan menyukseskannya dari sisi pemasaraan. Ini perlu dinoted, diberi garis tebal. 

Pertama dan yang menjadi pondasi terpenting sukses MS Glow ialah karena kemampuan mereka menggandeng mitra penjualan yang mereka sebut sebagai reseller, agen atau member. Inilah kunci suksesnya yang dibangun dari awal. Setelah memproduksi kosmetik yang baik, mereka mencari mitra penjualan yang juga sebagai user produk mereka. Para pengguna yang juga menjadi reseller ini kemudian bercerita bagaimana pengalaman mereka menjadi user MS Glow sekaligus kemudian mempromosikan produk itu hingga kemudian menjadi viral dimana-mana . Ini semacam strategi testimonial marketing yang sukses, massif dan viral marketing. Mereka sebagai user sekaligus dapat cuan, mengantongi untung, karena juga sambil jualan. 


Para reseller ini dapat untung yang menarik, cuan yang bagus. Selain mereka mendapatkan produk skincare MS GLOW asli yang dikirim langsung dari gudang pusat MS GLOW STORE Indonesia, mereka, para reseller itu, langsung mendapatkan potongan langsung hingga 35% yang dihitung berdasarkan produk dan minimal transaksi. Dengan kata lain, para reseller sebagai distributor diberi marginn 35% dari harga jual produk. Bagus kan? Jelas. Profit margin seperti itu sangat bagus untuk ukuran bisnis distribusi. Siapa orang yang tak mau?  Sudah menjadi user dan dapat cuan pula. 


Pengelola MS Glow ini juga pintar dalam men-treatmen para reseller. Mereka menjual produk MS GLOW, agar lebih percaya diri dan dipercaya konsumen, diberikan ID Card dari pusat dan data reseller itu juga dicantumkan dalam website official sebagai reseller resmi MS GLOW. Lalu reseller juga diberi kebebasan memilih paket-paket sebagai reseller, ada yang basic, premium, agen hingga member. Itu tergantung jumlah order yang diambil dan jumlah minimal order juga akan menentukan jumlah potongan dan margin yang bakal diterima reseller. Jadi ini memberi kesempatan orang untuk berusaha sekaligus bergaya, dapat uang. 

Dengan pola seperti itu, kalangan kaum wanita muda dan setengah baya kemudian berbondong-bondang di berbagai kota untuk menjadi resellernya. Mereka adalah user yang juga mempromosikan MS Glow di semua akun FB dan IG mereka. Jadi, MS Glow juga mendapatkan promosi gratis secara tak disengaja dari para reseller itu. Inilah pemasaran natural yang berkembang di market. Maka jangan heran bila sekarang hampir disetiap kota telah ada Reseller atau member atau agen atau distributor MS Glow. Permintaan yang banyak dari konsumen untuk menggunakan atau membeli MS Glow membuat banyak orang mencari tempat Jual MS Glow, sehingga dengan melihat peluang tersebut banyak orang yang memilih untuk menjadi Reseller, Member, Agen dan Distributor MS Glow.


Alasan kesuksesan MS Glow karena faktor distrubusi ini bukan sebuah bualan, namun analisa yang masuk akal dan memang dibenarkan juga oleh si pendiri. Dalam beberapa kesempatan, Maharani sebagai founder ditanya kenapa  MS Glow menjadi produk yang laris di pasaran. Ia jawab, "Kenapa bisnis MS Glow bisa sebesar ini tuh karena kita dibantu jaringan reseller di seluruh Indonesia sangat luar biasa. Jadi, yang ngebantu kita bisa sampai sekarang ini kan mereka yang jualan," kata Maharani Kemala. Jadi memang Maharani sendiri sebagai master mind pemasaran MS Glow juga mengakui bahwa sukses MS Glow tak lepas dari peran para reseller yang menjadi mitra penjualan. 


Memang benar juga, MS Glow juga dibantu promosi dari pendirinya yang suka tampil di high profile seperti sosialita yang viral dimana-mana. Promosi tentu juga menjadi salah satu elemen sukses itu. Namun tampil gebyarnya pendiri MS Glow ini setelah MS Glow sukses meroket di orbit bisnis kosmetik yang ditopang kuatnya fondasi mereka dalam membangun jaringan reseller. Promosi saja tanpa jaringan distribusi dan reseller tentu akan menjadi rapuh. 


Jelas ini menjadi pelajaran bagi para pebisnis di bidang apa saja, bangunlah komunitas yang menjadi mitra penjualan Anda. Perlakukan mereka dengan baik, berilah mereka margin untung yang baik yang membuat mereka bersemangat menjual produk Anda, dan jaga loyalitas mereka. Bila Anda bisa memperlakukan mereka dengan baik dan memberi mereka bisnis dan profit dengan baik, maka bisnis Anda akan jalan sendiri. Mereka yang akan banting tulang mempromosikan dan memasarkan produk Anda hingga sukses dan eksis di market. 


Bacaan Terkait:

  • Perjalanan Aliuyanto Membesarkan Jaringan Resto Solaria
  • Keluar Dari Maspion, Alim Satria Kibarkan Bisnis Sendiri
  • Kiat Sukses Manajemen Rumah Sakit Hermina Group
  • Berguru Kepada Pendiri Nutrisari & Tropicana Slim
  • Tip Sukses Memasarkan Produk Alkes
  • Sosok Dibalik Sukses Group KPN & Wilmar
  • Bentuknya Koperasi, Tapi Ini Beraset Triliunan
  • Pengalaman Menginap Di Hotel Mercure Ancol
  • Kiat Jual Perusahaan Ke Investor
  • Mengenal dan Mencari Investor Pra IPO
  • 20 Jurus Jitu Untuk Tingkatkan Omset Jualan Online
  • Cara Kerja dan Seluk-Beluk Investor Pre IPO
  • Cari perusahaan yang berjalan baik untuk diakuisisi sahamnya
  • Lebih baru Lebih lama