Aneka Cara Untuk Memangkas Biaya-Biaya Perusahaan Agar Lebih Efisien

Aneka cara untuk memangkas biaya perusahaan

Semua pengusaha dan pebisnis dimanapun juga memiliki masalah yang sama, universal, yakni bagaimana mengurangi beban biaya-biaya di perusahaan. Biaya yang tinggi artinya profit perusahaan bisa berkurang. Pengelola perusahaan sangat penting untuk tahu bagaimana CARA UNTUK MEMANGKAS BIAYA-BIAYA PERUSAHAAN.  Biaya yang terlalu tinggi bisa membahayakan cashflow perusahaan. Bahkan biaya yang terlalu tinggi bisa mengancam perusahan menjadi tidak profit alias minus. Tekor bisnisnya. Karena itu isu bagaimana menghemat biaya di sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan semua pebisnis.


Pertanyananya, apa saja ide atau cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban biaya perusahaan? Adakah ide-ide sederhana yang bisa dilakukan untuk memangkas biaya di perusahaan?  Nah, cara-cara berikut ini mungkin bisa dilakukan perusahaan Anda. 

 


Ketika melakukan pembelian barang ke pemasok,  jangan lupa minta diskon potongan harga


Mereka mungkin tidak mengiklankannya, tetapi banyak pengecer top akan mendiskon barang mereka untuk pemilik usaha kecil. Anda hanya perlu berinisiatif untuk bertanya.


Terkadang, Anda bahkan bisa mendapatkan diskon jika Anda membayar dalam jangka waktu kredit. Yang harus Anda lakukan hanyalah meminta.


 Jalankan rumus Pareto 80/20


Rumus  Pareto 80/20 menyatakan bahwa 80% hasil disebabkan oleh 20% upaya. Anda dapat menerapkan prinsip ini untuk membatasi pengeluaran pada 80% aktivitas yang tidak menghasilkan cukup pendapatan bagi Anda. Maksunya, pastikan biaya2 dikeluarkan untuk hal-hal yang benar-benar menghasilkan, bukan untuk kegiatan yang tak perlu atau tak ada kaitannya dengan produktifitas bisnis. 


Berhemat Dalam Biaya Iklan tradisional Dan Cari Yang Berbiaya rendah.


Cara periklanan tradisional seperti membeli iklan di koran harian atau TV dan memasang penimbunan bisa menjadi sangat mahal akhir-akhir ini. Jelajahi alat baru seperti Google AdWords & Iklan Facebook untuk mengiklankan produk Anda ke audiens yang ditargetkan.


Anda dapat menargetkan pengguna dari kota, kelompok usia, dan demografi tertentu dan mendapatkan laba atas investasi pemasaran Anda.


Lihat detil semua pos pengeluaran yang tidak perlu dan pangkaslah !! 


Faktanya, banyak pemilik usaha kecil yang berakhir dengan pengeluaran dari waktu ke waktu yang tidak lagi mereka butuhkan. Kita perlu meninjau anggaran dengan kaca pembesar dan memastikan semua pengeluaran memang hanya untuk yg memang diperlukan. Yang dulu mungkin barang yang dibeli itu dibutuhkan, namun sekarang mungkin nggak perlu. Contohnya beli koran yang mahal, sekarang bisa lihat berita secara online. Atau Anda iklan di koran harian yang mahal, buat apa? sekarang sudah ngga jaman.


Biasakan Untuk Kolaborasi Dengan Pemain Lain Agar Berhemat


Lakukan sharing biaya iklan dan promosi dengan pebisnis lain atau perusahaan relasi. Bersama-sama membeli space iklan atau mengembangkan aliansi pemasaran Anda lebih jauh dengan berbagi milis, saluran distribusi, dan pemasok dengan bisnis yang menjual barang atau jasa pelengkap.


Menjalankan pemasaran bersama atau comarketing


Anda mungkin pernah melihat iklan TV di mana kotak DTH dibundel dengan TV. Jelajahi peluang untuk bermitra dengan perusahaan yang tidak bersaing untuk mempromosikan produk Anda dan menghemat biaya pemasaran.


Penting untuk memastikan bahwa kemitraan itu saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, jika tidak maka tidak akan memberikan hasil yang diinginkan.


Jangan semua dibayar tunai, usahakan untuk cara lain seperti dengan barter.


Ketika persediaan uang tunai menipis, yang merupakan hal umum dalam kasus bisnis kecil, jangan menutup pintu untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Pertimbangkan praktik barter kuno. Priya Mathur - Akuntan yang berbasis di Delhi berhasil menggunakan barter dengan menawarkan layanan CA-nya sendiri sebagai imbalan atas pekerjaan sebuah perusahaan desain interior ketika dia membutuhkan desain ulang kantor. Seperti halnya proses negosiasi lainnya, jawaban terburuk yang bisa Anda peroleh adalah tidak sederhana, dan Anda mungkin terkejut dengan seberapa cepat Anda akan mendengar jawaban ya.


Lacaklah semua biaya/pengeluaran walaupun jumlahnya kecil dan pangkaslah yang tidak perlu. Dalami satu per satu! 


Anda tidak dapat mengelola sesuatu yang tidak Anda lacak. Jika Anda tidak mencatat semua pengeluaran Anda, Anda harus mulai melakukannya sekarang. Perangkat lunak akuntansi yang baik dapat membantu Anda mengkategorikan pengeluaran dan membantu Anda mengambil tindakan untuk menguranginya. Saya tahu sebuah perusahaan yang biasa memesan pizza setiap hari Jumat untuk tim. Ketika akuntan mereka memberi tahu mereka bahwa tagihan tahunan mencapai  jumlah besar, pemiliknya sangat terkejut. Terkadang kita secara tidak sadar mengabaikan pengeluaran kecil, namun ingat bahwa itu dapat menumpuk dengan cepat selama periode waktu tertentu. Telitilah semua pengeluaran, termasuk yg kecil-kecil. 


Gunakan sistem cloud atau managed share agar lebih efisien


Anda dapat menghemat banyak waktu dan sumber daya dengan mengadopsi sistim cloud (komputasi awan). Karyawan dapat bekerja dari jarak jauh dan menggunakan alat kolaborasi online untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, Anda dapat menggunakan Dropbox untuk berbagi file, ProfitBooks untuk mengelola keuangan secara online, WebEx atau Skype untuk mengadakan pertemuan virtual.


Temukan saja peluang untuk memobilisasi pekerjaan Anda menggunakan aplikasi cloud. Ini pasti akan menghasilkan penghematan biaya dalam jangka panjang.

Pelajari mengapa data keuangan Anda lebih aman di cloud.


Meeting-meeting lakukan secara virtual saja agar hemat biaya ini-itu


Lain kali Anda mengadakan rapat dengan klien Anda di kota lain, minta mereka untuk melakukan panggilan Skype atau zoom atau tool lain. Dengan menggunakan teknologi terkini, Anda dapat menghemat banyak biaya perjalanan. Kami mendorong panggilan Skype bahkan saat rapat dilakukan di kota yang sama. Saya memahami bahwa pertemuan pertama itu penting dan harus dilakukan secara tatap muka tetapi semua pertemuan lanjutan dapat dilakukan secara virtual.


Pakai tool/software yang open source yang gratis, tak perlu biaya lisensi


Anda dapat menghemat banyak uang jika mulai menggunakan perangkat lunak dari open source( sumber terbuka). Saat memesan Laptop baru untuk tim, Anda dapat memilih yang tanpa OS Windows. Itu lebih murah dan bisa menjalankan OS open source seperti Ubuntu. Demikian pula, Anda bisa mendapatkan paket aplikasi kantor sumber terbuka alih-alih Microsoft Office dan menghemat biaya lisensi. Ada banyak software open source seperti CRM, Manajemen dokumen, dll tersedia yang mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya sepeser pun.


Tekan biaya telepon


Jika Anda salah satu bisnis yang masih menggunakan telepon rumah, saatnya berpikir ulang. Ada suatu masa ketika telepon rumah adalah kebutuhan tetapi sekarang tidak lagi demikian. Ponsel lebih murah dan menawarkan banyak fleksibilitas.


Gunakan dan beli peralatan yang bekas saja namun masih bagus


Hemat antara 50-70 persen dengan membeli peralatan komputer bekas, mesin fotokopi, dan perabot kantor dari situs rahasia seperti OLX atau Quikr. Anda bisa bernegosiasi langsung dengan penjual dan mendapatkan penawaran yang bagus. Jika Anda tidak merasa mahir teknologi, lihat iklan baris koran lokal yang merupakan sumber bagus dari peralatan bekas.


Berkongsi untuk melakukan pembelian bersama (partai besar bersama)


Saat ini, pembeli rumah berkumpul dan berhasil mendapatkan penawaran bagus dari pembangun. Temukan pemilik bisnis kecil lainnya dan berkolaborasi dengan mereka untuk menghemat uang untuk persediaan dan barang lainnya. Anda bahkan dapat menghemat uang sambil mengimpor barang dari negara lain secara bersama dengan pengusaha lain. Seseorang bisa mengaajak 7 pengusaha lain untuk bersama-sama mengimpor barang atau memesan sesuatu sehingga biaya akan murah. Misalnya bisa joinan satu kontainer dll.


Apakah ada barang inventaris yang tak diperlukan dan makan biaya?


Jika Anda menjalankan bisnis berbasis inventaris, membawa lebih sedikit inventaris berarti memiliki lebih sedikit uang yang diikat dan lebih banyak uang di bank. Mulailah memantau inventaris lebih dekat untuk memastikan Anda tidak menghabiskan lebih dari yang sebenarnya dibutuhkan.


Jika Anda mengelola inventaris secara manual, pertimbangkan untuk mengadopsi perangkat lunak manajemen inventaris untuk melacak dengan lebih baik.


Jangan sampai jatuh tempo


Buat daftar pelanggan yang pembayarannya telah melewati tanggal jatuh tempo. Mulailah menelepon mereka dan menindaklanjuti pembayarannya. Bersikaplah agresif dan ekspresikan urgensi Anda dengan mereka. Jika Anda melakukannya dengan benar, beberapa pelanggan mungkin melepaskan pembayaran pada hari yang sama.


Perbanyaklah Cara Jualan secara online


Sekarang, Anda mungkin sudah tahu bahwa perdagangan online adalah masalah besar. Sebelumnya, dibutuhkan banyak waktu untuk membangun toko eCommerce Anda sendiri. Tetapi saat ini, mudah untuk membuat akun penjual di pasar eCommerce seperti Flipkart, Snapdeal atau eBay. Situs seperti Amazon bahkan menawarkan gudang mereka untuk menyimpan inventaris Anda.


Ini dapat menghemat biaya besar dalam pemasaran dan pemeliharaan inventaris. Faktanya, ini adalah sesuatu yang Anda dapat membiarkan Anda beroperasi dari ruangan kecil.


Tak perlu gampang memberikan kredit ke pembeli

.

Jika Anda memberikan kredit, periksa latar belakang kredit klien secara menyeluruh dan tawarkan kredit hanya jika mereka memiliki riwayat pembayaran yang baik. Seringkali kita mengambil keputusan emosional tetapi untuk akun yang kurang layak kredit, disarankan untuk mempertimbangkan tindakan berikut: Kumpulkan uang tunai di muka; mengirim kiriman sebagian; meminta surat kredit, jaminan pribadi, dan jaminan aset.


Terlepas dari semua ini, cobalah untuk enggan dan tunda keputusan Anda untuk menawarkan kredit.


Setidaknya carilah tiga alternatif pemasok ketika akan membeli sesuatu


Majalah Entrepreneur pernah menawarkan tip sederhana namun bermanfaat ini. Bahkan pembelian biasa pun pantas untuk berbelanja. Jika Anda mengutip harga pesaing yang lebih rendah, pemasok atau vendor akan sering mencocokkan harga tersebut untuk memenangkan bisnis Anda.


Jika Anda menggunakan layanan seperti JustDial, Anda akan mendapatkan panggilan dari setidaknya 3-4 vendor yang siap bernegosiasi dengan Anda.


Hutang-Hutang Perusahaan Perlu dinego dan direstrukturisasi 


Jika Anda telah mengambil pinjaman dan cicilannya membebani arus kas bulanan Anda, bicarakan saja dengan bank Anda. Sebagian besar bank dapat memberi Anda opsi untuk menjedanya selama jangka waktu tertentu atau membantu Anda merestrukturisasi untuk meningkatkan masa kerja dan mengurangi cicilan.


Sebagai alternatif, Anda dapat berbicara dengan bank lain untuk menurunkan suku bunga dan meningkatkan arus kas Anda.


Memutar Cash perusahaan dengan teliti


Ini mungkin terdengar kata besar untuk bisnis tahap awal, tetapi ini adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan uang dengan dana yang ideal. Rekening Koran di bank tidak memberikan bunga apapun atas dana ideal di rekening tersebut. Seseorang dapat berinvestasi melalui Reksa Dana dalam reksa dana utang untuk jangka waktu serendah 2 hari dan menantikan bunga tentatif 8% pertahun


Wasapada dengan biaya pajak 


Menjelang akhir tahun, jadwalkan pertemuan perencanaan pajak dengan akuntan Anda untuk mengalihkan pendapatan dan pengeluaran. Misalnya, alihkan pendapatan piutang ke tahun berikutnya untuk menurunkan pajak tahun ini. Akuntan Anda akan menjadi orang terbaik untuk menasihati Anda.


Sekali lagi, menggunakan software akuntansi yang baik dari awal bisnis Anda dapat menghemat banyak waktu & energi selama persiapan pajak akhir tahun.


Cari SDM yang pinter tapi belum berpengalaman agar murah bayarannya.


Pengalaman itu penting, tetapi itu bukanlah segalanya, dan apalagi kalau harus dibayar mahal. Semakin banyak perusahaan teknologi sekarang mempekerjakan lulusan perguruan tinggi yg baru lulus dan kemudian melatih mereka selama satu atau dua bulan. Ternyata sangat hemat biaya daripada mempekerjakan orang yang berpengalaman. Untuk skenario kerja kritis, Anda tidak punya pilihan selain mencari orang yang berpengalaman, tetapi dalam banyak kasus, strategi pelatihan freshers berhasil.


Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan moneter dengan memberikan gaji level awal, tetapi Anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan memiliki karyawan yang antusias, up-to-date tentang teknologi terkini, gesit, dan bersemangat untuk belajar.


Gunakan tenaga kerja dari kalangan anak magang yang baru lulus. Mereka dapat pengalaman, dan perusahaan Anda bisa berhemat. Win-Win.


Memperluas ide penghematan biaya di atas, perusahaan konsultan keuangan - Finkoi menyarankan untuk mempekerjakan pekerja magang. Biasanya, magang bekerja selama 2 hingga 6 bulan tergantung pada persyaratan akademis mereka.


Ada banyak aktivitas non-kritis yang bisa didelegasikan ke magang. Mereka sangat antusias dan penuh energi. Kami biasanya mempekerjakan pekerja magang untuk riset pasar dari situs seperti OysterConnect dan melibatkan mereka selama 2 bulan. Terkadang magang siap bekerja secara gratis dan jika mereka benar-benar menambah nilai, Anda dapat mempekerjakan mereka sebagai staf tetap.


Magang baik untuk kegiatan seperti promosi media sosial, administrasi back office, survei pasar atau tugas jangka pendek lainnya.


Rekrut tenaga penjualan yang dibayar secara komisi.


Biaya tambahan, gaji, insentif, biaya pelatihan, tunjangan dan pengeluaran tambahan akan bertambah saat Anda mempekerjakan perwakilan penjualan Anda sendiri. Mengontrak perwakilan penjualan produsen independen, yang dibayar berdasarkan komisi saja, lebih murah dan seringkali sama efektifnya.


Jika Anda lebih suka memiliki tim penjualan internal, cobalah untuk menyusun gaji mereka sedemikian rupa sehingga persentase yang lebih besar dialokasikan untuk komisi dan komponen tetap berada di sisi yang lebih rendah.


Outsource saja pekerjaan2 yg tak penting amat!


Ada banyak tugas yang dapat dialihdayakan hari ini. Banyak perusahaan yang menggunakan freelancer independen untuk mengerjakan berbagai proyek jangka pendek. Anda dapat mempekerjakan freelancer untuk pekerjaan2 di perusahaan anda yang bukan core pekerjaan. 

 

Jangan lupa kasih reward yang bagus ke siapa saja yang mendatangkan profit ke perusahaan 


Ini mungkin terdengar sedikit kontradiktif, tetapi pengeluaran untuk menabung memang masuk akal dalam beberapa kasus. Saya akan menyarankan untuk mengambil pendekatan proaktif dalam memberi penghargaan pada perilaku yang menguntungkan baik dari karyawan dan pelanggan Anda. Itu terlihat seperti apa? Anda dapat memulai dengan membuat gerakan kecil, seperti sesekali makan siang atau hadiah gratis, untuk meningkatkan semangat karyawan dan menjaga lingkungan kerja tetap positif.


Ini juga bisa berarti menawarkan bonus kepada karyawan yang memenuhi target penghematan biaya tertentu yang ditetapkan untuk tahun itu dan menawarkan diskon yang lebih besar atau paket nilai tambah kepada pelanggan Anda yang paling setia. Jika Anda membelanjakan sedikit uang untuk orang-orang yang melakukan pekerjaan terbaik untuk Anda atau membeli produk paling banyak dari Anda, Anda hanya berinvestasi dalam suatu hubungan yang pada akhirnya akan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis Anda.


Bacaan lain: 

Lebih baru Lebih lama