Apakah investor tipe Hedge Fund itu?


Di dunia bisnis, salah satu jenis investor yang bisa digandeng ialah perusahaan hedge fund. Perusahaaan hedge fund pada dasarnya juga merupakan perusahaan pengelola dana investasi dari pihak lain yang ia selalu mencari target untuk investasi. Mereka juga ingin memutar dananya.  Hanya saja mereka punya hal berbeda dalam pengelolaan dana. Namanya juga hedge fund, salah satu ciri investasinya, mereka melakukan strategi hedging untuk mengamankan investasinya. Mereka juga berusaha menghasilkan return investasi yang tinggi dari dana yang mereka putar.

Dari mana dana yang dikelola para hedge fund itu? Dana yang dikelola perusahaan hedge fund itu milik para investor yang terakreditasi. Mereka umumnya merupakan investor yang kuat karena investor tidak sembarang mengambil uangnya di perusahaan hedge fund ini. Ada batasan waktu dimana dana investor akan dikunci. Penarikan juga hanya dapat terjadi pada interval tertentu seperti triwulanan atau dua tahunan.


Kemana perusahaan headfund berinvestasi?


Masing-masing perusahaan hedge fund punya sasaran investasi yang berbeda, sesuai gaya investasinya masing-masing. Investor Hedge fund biasanya lebih fleksible dalam memilih bidang investasi. Mereka hanya dibatasi oleh mandat dari investornya. Hedge fund bisa berinvestasi dalam apa saja — tanah, real estat, saham, derifatif, dan mata uang atau perusahaan. Sebaliknya, reksadana harus tetap berpegang pada saham atau obligasi dan biasanya hanya panjang.


Penting untuk dicatat bahwa hedging sebenarnya dulu adalah sebuah praktik upaya untuk mengurangi risiko, tetapi tujuan dari sebagian besar perusahaan hedge fund saat ini bukan hanya untuk itu, namun untuk mencari return yang maksimal.  Dulu hedge fund memang untuk mencoba melakukan lindung nilai terhadap risiko penurunan pasar. Namun saat ini, banyak perusahaan hedge fund menggunakan strategi yang berbeda


Nah di Asia Tenggara ini juga ada sejumlah perusahaan hedge fund yang cari target investasi di Indonesia.  Mereka punya dana banyakn untuk ditanamkan di perusahaan-perusahaan di Indonesia yang butuh investor. Hedge fund biasa menanamkan modal ke perusahaan yang diinvestasi dalam bentuk pinjaman atau hutang namun mereka menetapkan return yang sudah mereka buat sedemikian rupa sehingga terlindungi dengan cara melakukan hedging. Cara hedging ini beragam dan case by case, tidak bisa dijelaskan di tulisan ini.


Silahkan hubungi kami di :southwingcapital@gmail.com   atau di HP: 081 9900 88 905
Lebih baru Lebih lama