Tip-Tip Penting Untuk Meningkatkan Skala Bisnis Perusahaan Anda

Tip untuk meningkatkan skala bisnis


Pertumbuhan dan ekspansi adalah tujuan utama bagi sebagian besar pemilik bisnis dan pengusaha. Semua pelaku usaha tentu ingin meningkatkan skala bisnisnya agar bisa menjadi perusahaan yang dari tahun ke tahun semakin besar. Tapi memang tak mudah untuk melakukannya. Berikut ini ada sejumlah tip tentang apa jalan atau cara yang bisa dilakukan perusahaan Anda untuk meningkatkan skala bisnisnya. Ada sejumlah jurus yang bisa ditempuh. Antara lain: 


1. Dengan cara membuat produk dan layanan baru untuk memperkuat produk yang sudah ada


Strategi ini terdengar relatif sederhana, tetapi menjalankannya dengan baik bisa jadi menantang. Sebagai permulaan, Anda perlu mencari tahu produk dan layanan mana yang diinginkan pelanggan Anda, dan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk itu. Selanjutnya, tentukan apakah Anda dapat menjual produk dan layanan ini dengan untung atau tidak.


Cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum memberikan sumber daya apa pun (keuangan dan manusia) untuk perluasan produk atau layanan baru. Tanyakan kepada pelanggan Anda saat ini apa pendapat mereka tentang ide produk dan layanan baru Anda, termasuk berapa harga yang pas bagi mereka . Riset pasar Anda perlu berfokus pada permintaan pelanggan akan produk dan layanan baru serta biaya Anda untuk memproduksi, mengirimkan, dan menjualnya.


2. Menjual produk dan layanan dalam jumlah/nilai yang lebih banyak kepada pihak yang sudah menjadi pelanggan Anda (existing costumers). 


Ini adalah sisi lain dari strategi pertama: Menggali lebih dalam ke basis pelanggan yang sudah dimiliki. Mulailah dengan melakukan analisis segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang mungkin untuk membeli lebih banyak lagi ke Anda sehingga Anda dapat memfokuskan upaya penjualan dan pemasaran Anda pada segmen ini.


Analisis ini akan membagi pelanggan Anda ke dalam segmen berdasarkan kriteria yang Anda pilih (usia, jenis kelamin, lokasi, riwayat pembelian, dll.) sehingga Anda dapat menganalisis potensi keuntungan mereka dalam hal menjual produk dan layanan baru kepada mereka. Berbekal informasi ini, Anda dapat mengalokasikan uang penjualan dan pemasaran Anda dengan lebih baik.


3. Memperluas pasar dengan masuk ke area/teritori/daerah pasar-pasar baru yang sebelumnya belum digarap. 


Idenya di sini adalah untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan Anda yang sudah ada kepada pelanggan baru. Pelanggan baru ini dapat berada di segmen atau ceruk yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda beroperasi saat ini. Jika bisnis Anda adalah bisnis ritel atau etalase, jenis ekspansi ini kemungkinan akan melibatkan pembukaan lokasi baru di wilayah geografis yang berbeda — baik di seluruh kota atau di seluruh negeri. Melakukannya akan membutuhkan investasi waktu dan uang yang signifikan, jadi lakukan riset pasar menyeluruh terlebih dahulu untuk memastikan ada cukup permintaan pelanggan di wilayah baru untuk membenarkan ekspansi.


4. Membidik/Menggarap pelanggan baru 


Salah satu memperluas skala bisnis, dengan membidik target market yang benar-benar baru sebagai pelanggan baru. Baik itu dari sisi  usia, jenis kelamin, dan lokasi atau psikografis seperti minat, aktivitas, dan nilai. Tetapi apakah ada pasar pelanggan lain yang mungkin juga layak untuk produk dan layanan Anda? Saat berekspansi ke pasar target baru, Anda perlu meningkatkan promosi/iklan Anda untuk mengedukasi calon konsumen.


5. Menambah penjualan dengan mencoba channel penjualan baru


Banyak channel penjualan baru yang bisa dicoba untuk ekspansi bisnis. Contohnya melalui channel internet atau channel distribusi lain yang sebelumnya belum dimasuki. Banyak perusahaan telah menemukan ceruk bisnis baru dari online — mulai dari pengecer fisik yang membuka toko online hingga penyedia layanan yang mampu menjangkau audiens yang lebih luas dengan beriklan secara online dan menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO) untuk mendapatkan peringkat tinggi di Pencarian web dilakukan oleh calon pelanggan.


6. Mengakuisisi bisnis/perusahaan lain


Ini mungkin jalan tercepat untuk bisa ekspansi dan menambah skala perusahaan. Menggabungkan atau mengakuisisi bisnis lain benar-benar dapat melipatgandakan ukuran bisnis Anda, meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda secara eksponensial. Tetapi Anda harus melakukan uji tuntas menyeluruh pada calon akuisisi potensial sebelum melanjutkan dengan merger bisnis. Saat mempertimbangkan perusahaan untuk kemungkinan diakuisisi, cari sinergi antara dua bisnis yang akan menghasilkan entitas gabungan yang lebih kuat daripada bisnis individual yang berdiri sendiri.

.

Lebih baru Lebih lama