Jarang Diketahui, Inilah 10 Rahasia Menjadi Pebisnis Sukses Di Bidang Bisnis Apapun

 

Setiap orang bermimpi bisa mencapai kesuksesan dalam semalam. Tetapi seperti yang dinyatakan Steve Jobs dan juga banyak pengusaha sukses lainnya, tidak ada sukses yang bisa dibangun semalam. Butuh proses, butuh waktu, butuh perjuangan.


Menjalankan bisnis milik sendiri membutuhkan tekad, dan butuh nyali. Data menunjukkan, sedikit perintis usaha yang mampu dan kuat bertahan. Di Amerika juga demikian, tak hanya di Indonesia. Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Sekrikat, sebagian besar bisnis gagal dalam lima tahun pertama mereka. Hanya satu dari empat bisnis yang mencapai tanda 15 tahun.


Jadi bagaimana cara mencapai kesuksesan dalam bisnis?  Ada kunci sukses yang bersifat umum dan bisa diterapkan bidang bisnis apapun. Berikut ini bisa kita share 10 kunci  sukses dalam bisnis yang dapat membantu perusahaan Anda tumbuh dan sukses. Kalau 10 kiat ini dijalankan, potensi suksesnya sangat besar. 



1. Pebisnis yang sukses itu pasti bisa mengelola orang (anak buah) karena pengusaha sukses pasti mempekerjakan para karyawan. Tidak mungkin semua dikerjakan sendiri. 


Pada saat bisnis Anda masih kecil, Anda mungkin benar-benar baik-baik saja sebagai pengusaha kalau mengerjakan semuanya sendirian. Tetapi ketika bisnis mulai jalan, volume pekerjaan menjadi banyak dan bisnis tumbuh, maka  Anda akan menemukan kesimpulan bahwa Anda tidak mungkin  melakukan semuanya sendirian Anda butuh orang lain atau tim yang membantu. Butuh anak buah yang bekerja untuk anda. Anda harus bisa mengelola orang. 


Perusahaan Anda tidak pernah akan menjadi besar bila Anda tidak bisa bekerjasama dengan orang lain, dengan karyawan Anda dan tim Anda. Semua perusahaan besar bisa menjadi besar karena proses bisnis tidak tergantung pada pemiliknya, tapi ada tim karyawan bekerja membantu perusahaan sukses. Manajemen SDM dan organisasi ini kunci sukses berbisnis.  


Salah satu kunci keberhasilan bisnis terletak pada proses perekrutan, bagaimana Anda mencari karyawan, mengembangkan karyawan dan memperlakukan karyawan. Memang, akan membutuhkan biaya lebih banyak untuk mempekerjakan karyawan. Tetapi pemilik bisnis yang sukses memahami bahwa tenaga kerja yang tepat dapat membawa keuntungan besar, seperti:


  • Berbagi beban kerja sehingga Anda dapat fokus untuk mengembangkan urusan  Anda yang lebih penting
  • Membawa ide dan usulan kreatif baru ke perusahaan
  • Memiliki keterampilan bisnis yang mungkin tidak Anda miliki
  • Membantu Anda memperluas bisnis kecil atau layanan utama Anda

Dengan kata lain, tim Anda dapat menjadi salah satu aset terbesar Anda, membantu Anda mencapai kesuksesan bisnis dengan menangani tugas administrasi sehingga Anda dapat tetap fokus pada tujuan jangka panjang.

Tentu saja, mempekerjakan orang yang salah dapat memiliki efek sebaliknya dan bahkan dapat membahayakan reputasi publik perusahaan Anda. Kemungkinan ini adalah mengapa penting untuk menciptakan kebijakan perekrutan dan pemecatan yang jelas sehingga Anda akan memiliki jalan lain ketika dimasukkan ke dalam situasi sulit oleh seorang karyawan yang tidak menarik berat badan mereka.


2. Harus bisa memberi layanan yang terbaik dan maksimal kepada pelanggan 


Kunci terbesar untuk sukses dalam berbisnis yang  juga merupakan salah satu rumus legendaris: mengutamakan pelanggan. Perusahaan yang paling sukses memahami bahwa sangat penting untuk tetap fokus pada kebutuhan pelanggan. Anda dapat membantu mencapai kesuksesan bisnis hanya dengan mengutamakan klien Anda.  Kalau pelanggan Anda puas, mereka akan mengingat hubungan baik dan pelayanan Anda dan  mereka cenderung akan  kembali  mengunjungi Anda dan melupakan pesaing.



Menjaga pelanggan kini semakin penting ketika kita memasuki usia komunikasi digital. Jika bisnis Anda memiliki alamat email atau akun media sosial, pastikan untuk memeriksa pesan Anda setiap hari (termasuk folder spam Anda). Bisnis yang sukses akan menanggapi pertanyaan pelanggan dalam waktu 24 jam atau bahkan kurang.


3. Berani mengambil risiko 


Setiap pemilik bisnis perlu berpikir analitis dan berhati-hati. Kalau Anda melangkah mengerjakan sebuah proyek bisnis tetap harus mempertimbangkan resiko. Pelajari sebanyak mungkin tentang sektor bisnis Anda, basis pelanggan Anda, dll. Tetapi jangan takut untuk menjadi berani dan membuat keputusan. Intinya sederhana: Mengambil risiko yang sudah dihitung yang dapat membantu Anda mempertahankan momentum dan peluang bisnis. Tidak setiap risiko akan mengarah pada kesuksesan, tetapi seperti yang kami catat dalam kunci lain, bahkan kegagalan dapat menjadi kesempatan belajar.


Memang benar bahwa Anda mungkin kehilangan uang dalam prosesnya. Kemungkinan ini adalah mengapa penting untuk melakukan sebanyak mungkin penelitian daripada melompat secara membabi buta ke dalam kegelapan. Ingatkan diri Anda bahwa kesuksesan berasal dari menavigasi jalur risiko dan imbalan dan bahwa risiko Anda hari ini dapat mengarah pada hadiah masa depan.


4. Jadilah orang yang terorganisir


Menjadi pemilik bisnis menuntut berbagai keterampilan organisasi tertentu. Bagi sebagian besar pemilik bisnis, ini termasuk membuat daftar tugas harian untuk membantu mereka tetap fokus. Ada banyak aplikasi dan layanan manajemen proyek yang dapat membantu Anda dengan ini, meskipun beberapa pemilik bisnis lebih suka dengan menggunakan selembar kertas. Tidak masalah. 


Tetap terorganisir juga berarti berpikir di luar hari ke hari. Organisasi berarti Anda memiliki sistem yang jelas untuk menyimpan catatan bisnis, memelihara buku Anda, dan melacak arus kas Anda. Tetap di atas segalanya adalah bagian besar dari kesuksesan bisnis.


Juga bermanfaat untuk membedakan antara tujuan jangka pendek dan rencana jangka panjang Anda. Dengan tetap terorganisir, Anda akan lebih siap untuk membagi dan menaklukkan, yang berarti Anda dapat memecah proyek yang lebih besar menjadi tugas yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola yang dapat diselesaikan dari waktu ke waktu.


Segmentasi ini akan membantu Anda tetap fokus dan membuat Anda tidak merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang menyertai kepemilikan usaha kecil.


5. Ketahui audiens (pelanggan) Anda


Banyak pengusaha membuat kesalahan dengan langsung ke tahap pengembangan produk atau layanan akhir. Tentu, sangat bagus untuk dapat memamerkan ide bisnis Anda melalui produk akhir yang sepenuhnya direalisasikan, tetapi itu hanya ide yang berharga jika nyambung atau terhubung dengan kebutuhan pasar target Anda.


Para pebisnis yang sukses menghabiskan waktu belajar sebanyak mungkin tentang kebutuhan, kebiasaan, dan keinginan pelanggan potensial mereka. Alih -alih bertanya "bagaimana saya bisa menjual produk ini?" Mulailah dengan bertanya "Apa yang dibutuhkan orang?"


Mengajukan pertanyaan ini akan membantu Anda fokus pada kebutuhan pelanggan Anda dan bukan hanya fitur produk Anda. Pendekatan ini mungkin mengharuskan Anda untuk melakukan riset pendahuluan sebelum bergerak maju dengan ide Anda, tetapi dapat membantu Anda memperbaiki strategi Anda sehingga Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam kesuksesan bisnis.


Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan Anda juga akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang jelas. Pertama, ini akan membantu Anda menyoroti fitur produk yang mungkin diinginkan oleh pelanggan Anda. Kedua, ini akan membantu Anda menentukan metode pemasaran apa yang paling cocok untuk audiens target Anda (media sosial, email, surat langsung, dll.).


6. Bisnis yang sukses dimulai dengan sebuah rencana yang baik


Salah satu kunci paling penting untuk sukses adalah rencana bisnis yang baik. Rencana yang tepat akan mengatur langkah Anda dalam bisnis dan menjadi tolok ukur yang digunakan Anda untuk mengukur sejauh mana perkembangkan bisnis Anda. Rencana bisnis adalah salah satu kunci terpenting untuk kesuksesan bisnis. Rencanakan bisnis Anda selama lima tahun di masa depan, buatlah rencana yang spesifik tetapi ringkas dan jelas dan bisa dijalankan tentang apa saja yang bakal dikerjakan. Jangan mengawang-ngawang. 


Rencana itu penting sebagai pedoman untuk melangkah setiap waktu. Jangan berbisnis asal jalan, asal ketemu. Nanti jadinya serabutan seperti orang mabuk. Bila dalam perjalanan bisnis Anda butuh revisi rencana, tidak mengapa, itu bagian dari beradaptasi dengan realitas dan tangan di lapangan. Tapi buatlah rencana sebagai pedoman melangkah dalam berbisnis. 



7. Simpan catatan transaksi dan keputusan bisnis Anda secara rapi dan terperinci


Praktik akuntansi (pembukuan keuangan) Anda tidak akan membantu Anda mencapai kesuksesan sendiri, tetapi mereka dapat menyelamatkan Anda dari kegagalan bisnis besar. Mempertahankan catatan terperinci tentang keuangan perusahaan Anda akan memastikan bahwa Anda selalu memahami dengan tepat di mana Anda berdiri, berbicara secara finansial, dan catatan ini juga akan membantu Anda ketika tiba saatnya untuk membayar pajak Anda.


Ada 10 rumus menjadi pebisnis yang perlu dijalankan agar sukses


Memiliki catatan untuk mendukung pendapatan dan pengeluaran Anda akan membuatnya lebih mudah untuk melaporkan penghasilan Anda, menerima pengurangan, dan mematuhi semua kode pajak yang ada. Beberapa yang harus disimpan misalnya, faktur, laporan bank, biaya kebutuhan kantor, biaya kendaraan/jarak tempuh (transportasi), biaya pemasaran, pajak sebelumnya, dll. Dan sekarang banyak aplikasi yang dapat membantu Anda menyimpan catatan yang baik tanpa mengacaukan ruang kerja Anda.



8. Berusahalah tetap fleksibel dan kreatif


Dengan keberuntungan, usaha bisnis pertama Anda akan menjadi kesuksesan yang menderu. Tetapi jika Anda menyukai kebanyakan pengusaha, Anda tidak akan segera berhasil.


Salah satu kunci terpenting untuk kesuksesan bisnis juga yang paling menyakitkan: penolakan. Tetapi orang yang paling sukses mengalami penolakan, belajar darinya, dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk tumbuh.


Misalnya, ketika Anda debut produk awal Anda ke teman atau keluarga Anda, Anda mungkin menerima resepsi suam -suam kuku. Cobalah untuk mendengarkan mereka dan mengundang kritik konstruktif yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki proses Anda.


Anda mungkin menemukan bahwa dengan mendengarkan orang lain, Anda akan mengembangkan ide -ide kreatif yang memenuhi kebutuhan komersial tertentu. Membuka diri Anda untuk ide-ide baru bukan hanya strategi startup yang baik tetapi salah satu kebiasaan positif jangka panjang terbaik yang dapat Anda rangkul jika Anda ingin berhasil dalam bisnis.


9. Belajarlah dari pesaing, baik pada keberhasilannya atau kegagalannya


Tidak mungkin ide bisnis Anda sangat jarang sehingga orang lain tidak menyediakan produk atau layanan serupa. Banyak bisnis yang sukses mencari pesaing mereka, apakah mereka usaha kecil lainnya atau bahkan perusahaan besar.


Secara khusus, lihat detail seperti:


  • Layanan kunci apa yang mereka tawarkan?
  • Apa strategi pemasaran mereka?
  • Bagaimana mereka menavigasi situasi sulit?
  • Apa yang dikatakan pelanggan mereka dalam ulasan online mereka?
  • Berapa banyak uang yang mereka hasilkan?
  • Misalnya, pemilik restoran mungkin melihat restoran lokal lainnya untuk lebih memahami keberhasilan pesaing mereka dan juga mengeksplorasi cara -cara yang mungkin mereka bedakan dari bisnis kecil lainnya.


Ingat, Anda tidak perlu menduplikasi semua yang mereka lakukan untuk berhasil. Tetapi salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah belajar dari rekan-rekan yang sukses dan menemukan cara untuk menyesuaikan strategi mereka ke dalam operasi Anda.


10. Jadilah pebisnis yang seimbang antara urusan kerjaan dan istirahat (nyantai)


Inilah yang mungkin tidak dikatakan oleh banyak konsultan. Jika Anda tidak hati -hati, Anda mungkin menjadi begitu fokus pada kesuksesan bisnis Anda sehingga Anda mengabaikan hal-hal penting lainnya dalam hidup Anda, seperti keluarga, teman, dan kesehatan mental Anda sendiri. Mencapai kesuksesan bisnis tidak masalah jika Anda terlalu stres untuk menikmatinya. 


Apa pun jenis bisnis yang Anda ikuti, buatlah titik untuk mengambil cuti. Matikan ponsel Anda jika harus, dan temukan sesuatu untuk dilakukan yang sama sekali tidak terkait dengan manajemen atau arus kas Anda. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda lebih sukses saat Anda beristirahat. Meluangkan waktu bisa menjadi tombol reset untuk emosi Anda dan membantu Anda kembali bekerja dengan segar dan lebih bersedia untuk terlibat dalam dunia bisnis.



Bacaan Lainnya :
Lebih baru Lebih lama