20 Software ERP Terbaik Yang Banyak Diterapkan Perusahaan-Perusahaan Indonesia

20 Software ERP Paling Banyak Digunakan



Saat ini umumnya perusahaan besar selalu memasang software ERP ( Enterprise Resource Planning) pada sistim TI di perusahaan itu. ERP merupakan sistim yang menjadi tulang punggung bagi aplikasi-aplikasi yang berdiri di atasnya. Software ini digunakan sebagai alat untuk menghubungkan atau mengintegrasi suatu proses produksi barang atau jasa dalam perusahaan, termasuk di dalamnya mengintegrasi data-data terkait proses operasional suatu bisnis.  Perusahaan Anda perlu menerapkan SOFTWARE ERP TERBAIK. Sofware ERP sangat berguna untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengelola sumber dayanya dalam sebuah sistim yang terpadu dan saling terkoneksi.  Di era seperti ini, ketersediaan informasi yang lengkap, tepat, terpadu, dan real time memang sudah menjadi keniscayaan.


ERP bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri karena ini sifatnya aplikasi banckbone. Ibarat sebuah rumah, ini bangunan utamanya. Anda butuh jendela, lampu, hiasan dinding, kipas angin, dan sebagainya agar bangun itu benar-benar bermanfaat. ERP sengaja dirancang  sebagai aplikasi  yang terintegrasi dan multi modul, guna  melayani dan mendukung beberapa fungsi perusahaan. Sebab itu diatas ERP selalu modul aplikasi lain, misalnya aplikasi HR, penjualan, keuangan, manajemen rantai pasok, dan lain-lain. Dengan ERP, semua informasi dikumpulkan dalam sebuah sistim data base,  tujuannya  untuk memudahkan pekerjaan dan menjadikannya lebih efisien dan efektif, dan akurasi keputusan, baik bagi pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan. Integrasi ini dicapai melalui database bersama oleh semua fungsi dan aplikasi pengolahan data. 

Sistem ERP biasanya sangat efisien dalam menangani banyak transaksi yang mendokumentasikan kegiatan perusahaan. Perusahaan yang menerapkan ERP untuk mendapatkan keuntungan melalui efisiensi yang diperoleh oleh perencanaan rantai pasokan dan pengendalian proses yang terintegrasi. Selain itu, respon yang lebih baik untuk kebutuhan pelanggan diperoleh melalui informasi real-time dan tepat.


Lalu, apa saja dan siapa saja penyedia software ERP di market? Jawabannya, banyaak. Berikut ini diantaranya.

1. Infor visual
Infor VISUAL adalah sistem atau software ERP yang dirancang untuk organisasi manufaktur yang mencari solusi lengkap yang mencakup seluruh siklus operasional. Infor VISUAL menawarkan fungsionalitas ujung ke ujung dari perencanaan dan pengadaan sampai ke pembuatan dan pengiriman, dan menggunakan aplikasi untuk mengelola proyek dan produksi yang kompleks, rantai pasokan, SDM, akuntansi dan keuangan, manajemen pelanggan, pelaporan dan banyak lagi.

Platform ERP software yang saat ini digunakan adalah beberapa industri manufaktur seperti otomotif, elektronik, peralatan industri, peralatan medis, dan banyak lagi lainnya. Aplikasi ERP Infor Visual sepenuhnya terintegrasi mudah dan fleksibel untuk digunakan dan memanfaatkan teknologi canggih untuk merampingkan operasi, mengotomatiskan tugas dan proses tanpa perlu banyak waktu, dan memberikan informasi secara real-time. Infor VISUAL juga mendukung CRM ( Customer Relationship Management ), manajemen mutu, perencanaan dan penjadwalan, dan manajemen gudang dalam sistem yang terpadu dan dapat diskalakan sesuai dengan kebutuhan.


2. NetSuite ERP
Termasuk software ERP generasi pertama yang banyak dipakai di Indonsia ialah NetSuite ERP. NetSuite ERP memiliki banyak fitur yang dimana perusahaan dapat melakukan penyesuaian kebutuhan bisnisnya. Sehingga, NetSuite ERP menjadi software yang dianggap cocok bagi sebagian pelaku bisnis. NetSuite ERP memiliki keunggulan dalam pencatatan keuangan termasuk dalam mengaudit pengeluaran.

3. Sage Inttact
Sage Inttact juga termasuk pemain lama di bidang software ERP. ERP ini menawarkan banyak modul dimana alat keuangannya didukung oleh AICPA untuk CPA. Sage Intacct dilengkapi dengan video tutorial dan panduan di setiap langkahnya sehingga memudahkan pelanggan  menggunakan software ini. Sage Inttact juga memisahkan kontrol akses pengguna sehingga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang dilengkapi dengan proses ERP seperti pembayaran online, CRM dan manajemen perjalanan.

4. Gamatechno Enterprise Suite (GT Enterprise)
Gamatechno Enterprise Suite (GES) merupakan software ERP buat developer lokal karena perusahaan ini masih terafiliasi dengan UGM. Gamatechno Enterprise Suite (GES) merupakan rangkaian sistem informasi terintegrasi untuk membantu dan memudahkan proses pengelolaan bisnis perusahaan. gtEnterprise Suite sebagai software ERP terbaik 2020 ini memiliki berbagai modul lengkap yang dapat digunakan, yaitu : gtHR ( Human Resource Management System ), gtFinance ( Finance Management System ), gtGA ( Software General Affair ), gtAsset Software (untuk mengelola asset perusaahan). gtInventory ( Software Inventory ), gtPos ( Software POS ). Software ERP yang dikeluarkan oleh Gamatechno Indonesia ini memudahkan tidak hanya dalam keuangan saja, tetapi juga perencanaan SDM, hingga inventaris perusahaan dan juga pengelolaan konsumen.

5. IFS
IFS termasuk pemain ERP dunia dan hadir di puluhan negara. Aplikasi IF menyediakan fungsi-fungsi ERP termasuk diantaranya: Customer Relation Management (CRM), Suplly Chain Management (SCM) , Product Lifecycle Management (PLM ), Corporate Performance management (CPM), Enterrise Asset management (EAM), dan Maintenace Repair and Overhaul (MRO). IFS juga menyediakan solusi Untuk Retail & Wholesale Distribution. IFS menyediakan solusi berbasis komponen yang mudah untuk di implementasikan, dijalankan, dan di upgrde. Arsitekturnya memudahkan integrasi IFS dengan berbagai paket software lain yang ada di pasar.

6. Brightpearl
Software ini terintegrasi dengan platform toko online seperti Amazon, Bay, BigCommerce, Magento, dan Shopify. Brighpearl membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dan mengatur alur kerja back office. Sistem ERP ini memperbarui data penjualan secara real time sehingga ketika stok kurang atau lebih, perusahaan dapat mencegah secara langsung.

7. Odoo ERP
Odoo ERP terintegrasi dengan web builder, toko online, POS, CRM dan aplikasi penjualan. Software ERP ini membantu bisnis yang sedang berkembang karena menghadirkan platform dengan 1000 modul yang dapat dipilih. Odoo merupakan sebuah software ERP berteknologi terkini yang dapat membantu mengelola bisnis pelanggan. Odoo ERP juga mengemas semua penjualan, akuntansi, POS, inventaris, dan fitur manajemen proyek yang diperlukan ke dalam unit yang terintegrasi

8. ECount ERP
ECount ERP menghadirkan modul akuntansi yang dilengkapi fitur akuntansi seperti piutang/hutang, akuntansi biaya, dan manajemen arus kas. Software ERP ini membuat perusahaan menjalankan bisnisnya secara efisien dan akurat dalam pencatatan keuangan. Selain itu kelebihan Ecount ERP ini adalah pelayanan 24 jam dari tim profesional yang akan membantu Anda.

9. Workday
Workday merupakan ERP dalam bentuk cloud yang berevolusi dari sistem HCM ke ERP dengan modul lengkap. Workday juga membantu bisnis lebih fleksibel dan mudah untuk menjalankan fungsi keuangan dan akuntansi.

10. Oracle’s E-Business Suite
Oracle’s E-Business Suite atau biasa disebut dengan EB Suite termasuk pemain lama di bisnis ERP. ERP ini terdiri dari beberapa modul aplikasi termasuk  SCM, HRMS, Project, Procurement, dan CRM. Inti dari sistem ini tidak lain adalah kemampuan perencanaan sumber daya perusahaan yang menggunakan teknologi manajemen basis data relasional yang berarti bahwa pelanggan dapat menggunakan sebuah alat tunggal untuk mengumpulkan semua informasi sumber daya, dan mengelola pengadaan, proses pembayaran dan pemesanan dari dasbor yang sama.

11.  FinancialForce ERP
FinancialForce ERP adalah produk lain yang terintegrasi dengan CRM Salesforce, menekankan sedemikian pentingnya pengelolaan keuangan dan pelanggan secara interdependen. Sistem ini sepenuhnya berfokus pada efisiensi waktu dan biaya proses bisnis, mengelola dan menangkap semua informasi pelanggan yang relevan, dan membuat Anda tetap dapat melihat peluang pasar. FinancalForce sama-sama bermanfaat bagi para profesional dan tim keuangan, yang juga dapat berkolaborasi, mempercepat kemajuan, dan berbagi informasi antar lintas departemen. Dengan basis cloud, FinancialForce ERP tidak hanya akan mempromosikan tujuan bisnis klien, tetapi juga menawarkan fleksibilitas.

12. WorkWise ERP
WorkWise ERP merupakan sistem ERP yang one-stop-shop, menggabungkan 8 unsur manajemen pelanggan dan bahkan 45 aplikasi kontrol manufaktur penting (misalnya: konfigurasi produk, teknik, metrik seluler, perencanaan kebutuhan kapasitas Shop Floor Control (SFC), dan integrasi CAD) untuk bisnis modern. Pelanggan bisa menerapkan sistem ini sesuai keinginan (di lokasi atau di cloud), dan menggunakannya sebagai satu-satunya sistem penjualan, pemasaran, dan aplikasi layanan pelanggan yang juga menangani rekayasa produk, kontrol keuangan, manajemen dokumen, dan analisis bisnis. WorkWise ERP mudah digunakan, sepenuhnya bisa dioptimalkan untuk dioperasikan melalui seluler atau mobile dan di luar kantor.

13. SAP
SAP termasuk pemain utama di software ERP. SAP mengeluarkan MySAP ERP, untuk pelanggan perushaan besar. Sedangkan untuk perusahaan kecil menengah, memasarkan SAP Business One dan SAP All-in-One. Aplikasi software SAP menggunakan arsitektur 3-tier yang terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi. Produk Utamanya meliputi SAP ERP Enterprise Core, yang merupakan solusi aplikasi ERP dan SAP Business Suite yang merupakan paket solusi yang lain seperti SAP CRM (Customer Relationship Management), SAP SCM (Supply Chain Management), SAP SRM (Supplier Relationship Management) dan SAP PLM (Product Life Cycle Management). Modul-modul tersebut dapat diterapkan secara penuh atau dapat digunakan secara terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini produk ERP dari SAP sudah mendukung transaksi e-commerce melalui internet.

14. ERPNext
ERPNext merupakan sebuah solusi ERP open-source yang menyederhanakan penjualan dan manajemen persediaan. Sistem ini menargetkan sebagian besar usaha kecil dan menengah yang ingin mengelola penjualan, akuntansi, dan inventaris dari satu platform, dan sistem ini juga dianggap sebagai salah satu alat yang paling mudah disesuaikan. Diperkuat dengn ekstensi tanpa batas membuat ERPNext mudah dikonfigurasi dan digunakan secara sinergis dengan software pihak ketiga. Selain itu, ERPNext juga dikenal memiliki dukungan yang dapat diandalkan, tersedia baik untuk instalasi lokal dan juga cloud, serta memiliki komunitas pengguna yang sangat besar yang berkontribusi terhadap inovasi dan perkembangan sistem ini.

15.  Compiere
Jika Anda mencari solusi ERP yang modern dan ringkas. Sistem ini dikembangkan khusus dalam pembuatan dan perencanaan sumber daya manajemen gudang, dan juga dapat dengan mudah di-host melalui cloud untuk meminimalkan biaya yang terkait dengan angsuran dan pemeliharaan. Compiere paling dikenal dengan  multisite ERP nya yang sangat mudah beradaptasi, dan dapat membuat TCO turun secara drastis. Dengan harga yang cukup terjangkau, pengguna akan mendapatkan beberapa fitur seperti manajemen produk, manajemen pesanan, manajemen material, manajemen persediaan, manajemen keuangan, dan fitur CRM, yang dikombinasikan dengan baik dengan lapisan tampilan bisnis dan semua jenis laporan standar. Usaha kecil dan menengah, di sisi lain, dapat menggunakan Compiere sepenuhnya secara gratis.

16. VersAccounts Cloud ERP
VersAccounts Cloud ERP dirancang untuk usaha kecil dan membantu mereka untuk menyederhanakan data dan proses di seluruh operasi bisnis utama termasuk keuangan, inventaris, dan e-niaga. Sistem ini dapat diakses dari desktop dan perangkat seluler dari mana saja dan kapan saja Anda terhubung ke internet. Sistem ERP ini memanfaatkan data secara real-time untuk wawasan strategis dan operasional yang dapat mendorong kemajuan bisnis Anda. Beberapa fitur penting yang dimiliki oleh VersAccounts Cloud ERP adalah General Ledger; AR dan AP; manajemen kas; manajemen pesanan; dan inventaris lanjutan. Selain itu, sistem ini juga memiliki modul seperti manajemen proyek, manajemen dokumen dan ritel e-commerce.

17. EPICOR ERP
Epicor ERP merupakan software ERP ( Enterprise Resource Planning ) yang dibangun untuk kebutuhan berskala menengah dan skala besar yang terlibat dalam industri manufaktur, distribusi, ritel dan layanan. Aplikasi ERP Epicore sudah hadir 40 tahun. Epicor ERP memanfaatkan teknologi baru seperti analisis bisnis, big data, mobilitas, dan IOT ( Internet Of Thing ) untuk dukungan manufaktur dan bisnis yang fleksibel dan cerdas kepada pelanggannya. Epicor ERP ini merupakan software atau aplikasi yang juga terintegrasi penuh dengan fitur-fitur lain untuk menangani akuntansi dan keuangan, hubungan pelanggan, manajemen proyek, inventaris, perencanaan bahan pra-produksi, pelaksanaan manufaktur, sumber daya manusia, rantai pasokan, manajemen bisnis global, dan banyak lainnya. Aplikasi ini dirancang di sekitar arsitektur berorientasi layanan dan berbasis modular.


18. PeopleSoft ERP
PeopleSoft yang termasuk dari salah satu produk Oracle program ini memungkinkan pengguna untuk membuat koleksi global data SDM dan prosedur bisnis yang ditingkatkan. Platform ini menawarkan kumpulan fungsi sumber daya manusia untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas, merampingkan kinerja bisnis, dan menurunkan biaya ownership. Mulai dari merekrut dan mengelola bakat, sampai memberi tahu kebutuhan tenaga kerja di masa depan secara akurat, PeopleSoft HCM memungkinkan Anda mengelola operasi HR secara proaktif disamping fokus pada inisiatif bisnis strategis.

19. Microsoft Dynamic AX
Microsoft Dynamics AX juga dikenal sebagai modul Operasi yang disertakan dalam edisi enterprise Microsoft Dynamics 365. Alat ERP ini menggabungkan fungsi industri dengan fitur manajemen perusahaan inti untuk memberdayakan perusahaan agar memenuhi tantangan industri mereka, dan memanfaatkan peluang bisnis yang menguntungkan.



20. JD Edwards
JD Edwards sebagai penyedia produk ERP yang sudah dikenal di dunia. Perusahaan ini kemudian diakusisi Oracle. JD Edwards lebih mengedepankan aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari vendor tersebut.  JD. Edwards mendukung dan mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Sehingga kita dapat memilih sendiri databae, sistem operasi da hardware apa yang akan digunakan sehingga solusi dapat dibangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Dengan filosofi platform terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.

Lebih baru Lebih lama