20 Jurus Jitu Untuk Tingkatkan Omset Jualan Online

Media digital atau online saat ini sudah menjadi saluran wajib bagi para pemasar produk. Tanpa menggunakan jalur online, produk Anda akan ketinggalan dan dianggap produk jadul. Konsumen sudah banyak yang pindah ke digital. Marke size bisnis digital atau pasar ecommerce ini sudah sangat besar. Namun demikian, butuh kiat, strategi dan jurus tertentu agar sukses jualan online. Berikut ini beberapa rumus dasar agar bisa sukses jualan di dunia digital dan bisa punya omset yang makin bergembang. 


1. Prioritaskan aspek "user experience" dari website atau toko online Anda


Desain situs web atau toko online yang terstruktur dengan baik, punya tampilan yang memukau,  dan  berfungsi dengan baik akan memberikan pengalaman terbaik bagi user. Pengalaman yang baik ini menjadi pemicu untuk membeli di awal proses mengenal produk Anda yang dijual online. Situs web telah menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan penjualan online, sangat penting untuk berfokus pada perancangan situs web dengan mempertimbangkan komponen utama. Buatlah web yang mudah diakses dan menarik bagi calon pembeli. 




Ingatlah, perusahaan seperti Apple dan Nike tidak membuang jutaan dolar pada desain web untuk bersenang-senang. Mereka tahu, itu merupakan cara untuk menjual yang lebih manjur. Faktanya, tampilannya dan cara kerjanya adalah alasan utama orang membeli dari mereka. Merancang situs web yang hebat butuh pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi pengunjung. 


2. Tunjukkan Testimoni Dari Para Pelanggan Yang Sudah Pakai dan Puas


Pelanggan yang puas dapat menjadi senjata paling berharga di gudang senjata Anda, yakni testimonial atau suara dari para klien yang sudah puas menjadi user produk Anda. Banyak pelanggan yang puas jauh lebih berpengaruh daripada cara promosi lainnya. Jadi, pastikan Anda menyertakan testimonial dan ulasan dari pengguna penting Anda tentang betapa hebatnya produk Anda. Ini mungkin muncul di halaman produk, halaman web depan, halaman harga, bahkan halaman katalog promosi, dll. Penyertaan bukti kepercayaan pelanggan dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan online, karena hal itu menciptakan persepsi yang lebih baik tentang merek Anda di benak prospek dan berpotensi mengatasi keraguan mereka. Jika Anda memiliki daftar klien yang puas, pastikan prospek Anda mengetahuinya. Juga berbagai sertifikasi yang anda miliki. 


3. Selalu "Jujur" Dalam Hal Penawaran


Kejujuran dalam penawaran sangat penting untuk reputasi bisnis Anda dan untuk menumbuhkan  kepercayaan pada merek Anda. Jangan membuat klaim yang tidak dapat Anda buktikan, dan jangan mudah menggunakan kata-kata yang hiperbol. Konsumen saat ini sangat sensitif terhadap pemasaran, jadi jujurlah, apa adanya, dan mudah didekati dalam semua aspek penjualan Anda. Banyak konsumen beralih ke bisnis yang lebih kecil justru karena layanan pribadi yang lebih individual yang dapat mereka tawarkan. Jangan mencoba menjadi sesuatu yang bukan Anda.


4. Buatlah Pesan-Pesan Yang Jelas Dalam Promosi (Branding) 


Sangat penting untuk menciptakan nilai bagi audiens target Anda karena mereka cepat menilai. Rata-rata pembaca akan tetap berada di halaman Anda hanya selama 15 detik. Pesan merek adalah proposisi nilai unik yang disampaikan kepada pelanggan yang menginspirasi mereka untuk membeli produk Anda. Semakin konsisten pesan Anda, semakin konsisten branding Anda baik melalui kata-kata, desain, penawaran, atau perspektif. Merek Anda harus membangun kesadaran dan mengembangkan kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan.

Tambahkan video ke halaman konversi. Menambahkan video ke halaman arahan teratas Anda dapat menghasilkan peningkatan konversi rata-rata sebesar 86%. Informasi visual memiliki dampak yang lebih cepat daripada teks dan pengunjung web dapat menyerap info dalam video lebih baik daripada dengan membaca teks. Jangan lupa, jelaskan kelebihan produk anda, bagaimana produk Anda memecahkan masalah pelanggan, manfaat spesifik apa yang akan diberikannya, dan mengapa mereka harus membeli dari Anda.


5. Gunakan live chat untuk diskusi dan follow up penjualan


Obrolan langsung adalah salah satu saluran komunikasi pelanggan yang paling disukai. 79% konsumen lebih memilih obrolan waktu nyata karena mereka tidak perlu menunggu tim dukungan pelanggan untuk merespons. Ini mengarah pada peningkatan pendapatan sebesar 48% per jam obrolan dan peningkatan rasio konversi sebesar 40%. Menggunakan obrolan langsung untuk menghasilkan prospek membantu pelanggan untuk berhubungan dengan perwakilan penjualan dan mendapatkan solusi instan yang membantu dalam membuat keputusan penjualan yang cepat. 

Ubah pengunjung situs web menjadi prospek dengan cara menerapkan obrolan langsung membantu memaksimalkan prospek. Ini membantu dalam memberikan bantuan penjualan real-time dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Dengan melakukan obrolan langsung menangani keberatan pelanggan untuk mendapatkan jawaban mereka lebih cepat yang membantu dan mengurangi proses penjualan. Mengarahkan obrolan penjualan ke tim yang tepat yang hal ini  membantu meningkatkan waktu penyelesaian dan meningkatkan konversi penjualan.


6. Berikah Garansi Uang Kembali (money-back guarantee) bila tidak sesuai pesanan


Pernahkah Anda mengalami bahwa produk yang dibeli tidak berfungsi? Bahkan pembelian kecil dapat memiliki risiko 'penyesalan pembeli'. Jadi mengapa mereka harus membeli produk Anda? Memberi garansi uang kembali dapat mengatasi risiko tersebut. Ketika Anda berusaha untuk menurunkan risiko dari keputusan prospek, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli dari Anda. Adalah bijaksana untuk mengambil apa pun yang dapat menghalangi prospek untuk membeli dari Anda. Sederhananya, lebih sedikit rasa sakit untuk mereka, lebih banyak penjualan untuk Anda. Domino's Pizza adalah contoh perusahaan terkenal yang menggunakan jaminan SEMPURNA untuk pelanggan mereka. Dan mereka membangun bisnis ratusan miliar. 


7. Berilah Beberapa Alternatif Cara Pembayaran Bagi Pembeli 


Kini konsumen memiliki punya banyak cara untuk membayar, jadi berilah banyak pilihan cara bayar ke mereka. Mereka akan benar-benar membayar barang dan jasa, namun caranya beda. Ada yang pakai Gopay, Ovo, kartu debet, transfer bank, COD, dll. Dengan menawarkan lebih banyak opsi pembayaran, termasuk layanan baru yang semakin populer di seluler, Anda mempermudah prospek untuk memberi Anda uang mereka. Tentu, mungkin merepotkan untuk mengoptimalkan situs Anda (dan proses checkout, seperti yang telah kita bahas di atas) untuk menyertakan semua opsi ini, tetapi melakukannya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan online, terutama jika situs Anda memiliki lalu lintas seluler yang kuat.


8. Jangan ragu berinvestasi agar punya images dan videos yang super


Sangat penting untuk memiliki gambar produk yang menarik dan berkualitas tinggi, dan menyajikannya dengan cara yang sesuai dengan pelanggan potensial Anda. 90% informasi yang dikirim ke otak adalah visual, dan orang-orang membentuk kesan pertama mereka dalam waktu setengah milidetik. Secara umum, itu berarti bahwa gambar produk Anda membantu meyakinkan calon pelanggan Anda bahwa produk Anda layak untuk dibeli. Anda dapat mengedepankan yang terbaik dengan gambar dan video produk berkualitas tinggi yang dirancang untuk membantu Anda meningkatkan penjualan online.


Gunakan gambar dengan kualitas terbaik – Pilih gambar dengan resolusi tinggi untuk menjual produk Anda. Kualitas terbaik membuat gambar bersinar dan menarik perhatian pengunjung Anda. Tambahkan video produk ke situs web Anda akan membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda. Tunjukkan kegunaan produk yang sebenarnya – Menyertakan manusia dalam gambar Anda memberi calon pelanggan Anda kerangka acuan, dan memungkinkan mereka memperkirakan seberapa kecil atau besar produk Anda. Video adalah bukti kuat. 


9. Jawab Semua Pertanyaan Calon Pemesan Dengan Tepat Dan Terarah


Salah satu jebakan paling berbahaya yang dapat Anda hadapi ketika mencoba menjual online adalah membuat asumsi tentang pengetahuan calon pelanggan Anda tentang produk, layanan, atau bahkan pasar Anda. Banyak perusahaan secara keliru percaya bahwa pelanggan mereka tahu lebih banyak tentang apa yang mereka jual daripada yang sebenarnya mereka lakukan, yang menghasilkan pertanyaan atau keberatan yang tidak terjawab yang gagal ditangani – keduanya dapat membahayakan penjualan.

Pertimbangkan setiap pertanyaan yang mungkin dapat Anda pikirkan tentang produk Anda, dan jawablah dalam salinan Anda di halaman produk Anda. Demikian pula, pikirkan setiap kemungkinan keberatan yang mungkin dimiliki calon pelanggan tentang penawaran Anda, dan atasi terlebih dahulu dalam salinan Anda. Anda memberi mereka apa yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Tetap fokus pada pelanggan dan bagaimana hal itu menguntungkan mereka, bukan mengapa perusahaan Anda begitu hebat.


10. Berilah Give Away Yang Sebisa Mungkin Gratis 


Orang-orang menyukai barang gratis, dan semakin banyak Anda memberikan secara gratis, semakin baik calon pelanggan cenderung memandang Anda dan merek Anda, yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan online.  Lihat penawaran Anda saat ini. Bisakah Anda memberikan sesuatu secara gratis? Anda dapat dengan mudah memberikan sampler, keanggotaan uji coba, penawaran dua-untuk-satu, dan insentif berbasis hadiah lainnya. Memberikan barang secara gratis bukan hanya cara yang bagus untuk meningkatkan persepsi orang tentang bisnis Anda, tetapi juga cara yang bagus untuk memperkenalkan mereka pada produk Anda dan menggoda mereka untuk membeli lebih banyak.


11. Buatkah mesin chatbots untuk membantu penjualan 


Mesin chatbots telah menjadi mitra penting bagi organisasi penjualan dengan volume peluang dan perolehan prospek yang tinggi, terutama karena ia memberikan dukungan yang cepat dan akurat saat melakukan berbagai tahap penjualan. Bot dapat meningkatkan  konversi penjualan online hingga 30% saat melibatkan prospek atau prospek. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan chatbots  untuk menerima konfirmasi pemesanan, pemberitahuan ke pelanggan, promosi produk baru, jadwal layanan, dll. Bot yang berkemampuan AI yang membantu pengunjung 24×7 dengan memberikan respons yang cepat bahkan saat staff penjualan Anda tidak tersedia. Chatbot yang dirancang dengan baik membantu untuk melakukan prakualifikasi prospek penjualan bahkan ketika agen penjualan Anda sibuk dengan bantuan kuesioner yang telah ditetapkan sebelumnya.


12. Lakukan Iklan Berbayar Yang Efisien dan Efekif


Menjalankan iklan berbayar adalah salah satu cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan Anda. Anda perlu mengidentifikasi saluran tempat audiens target Anda berkumpul dan melibatkan mereka di mana pun mereka berada. Iklan berbayar adalah cara yang efektif untuk mengekspos merek Anda ke audiens yang besar dan membantu meningkatkan lalu lintas situs web. Anda dapat menjalankan Google Ads atau menjalankan iklan berbayar di akun media sosial Anda seperti Facebook atau Instagram untuk meningkatkan penjualan online. Media sosial adalah alat periklanan digital yang hebat untuk bisnis apa pun yang ingin mendapatkan laba atas investasi yang lebih baik.


13. Tawarkan Trial Produk Tanpa Wajib Membeli


Umumnya, pelanggan enggan membeli produk secara online karena mereka tidak mempercayai merek tersebut. Mereka memiliki rasa takut untuk membeli secara online karena banyak risiko yang terkait dengan membagikan beberapa detail pribadi atau membuat komitmen. Menawarkan uji coba gratis untuk jangka waktu 10-15 hari, demo gratis, atau produk gratis adalah strategi yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan online. 62% perusahaan mendapatkan 10% atau lebih dari bisnis mereka dari uji coba gratis.


Menawarkan uji coba gratis menghilangkan rasa takut dari benak pelanggan untuk melakukan apa pun sebelum membeli. Setelah masa percobaan selesai, mereka dapat meningkatkan ke versi berbayar, yang meningkatkan penjualan online. Saat pelanggan memanfaatkan sesi demo gratis, nilai sebenarnya dari produk dan layanan Anda dikomunikasikan kepada pelanggan.

 Produk gratis juga memotivasi pembeli yang enggan untuk mencobanya. Akhirnya, ini menghilangkan keraguan untuk membeli secara online dan membangun kepercayaan.


14. Tingkatkan Omset Melalui Social Proof 


Social Proof atau bukti sosial memainkan peran besar dalam keputusan pembelian pembelanja. Ketika seseorang sedang mempertimbangkan pembelian atau mencoba untuk memutuskan antara dua merek yang berbeda, mereka akan sering beralih ke orang lain yang memiliki pengalaman dengan produk untuk panduan. Perlu dicatat, 9 dari 10 pelanggan membaca ulasan sebelum memutuskan untuk membeli. Mendapatkan ulasan produk yang berwawasan luas sangat penting untuk meyakinkan pelanggan agar membuat keputusan pembelian yang lebih cepat dan tepat.


bkti sosial membantu meningkatkan penjualan online karena ia mempengaruhi keputusan pelanggan. Ulasan produk memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan konsumen tetapi dapat memperkuat kredibilitas perusahaan. 68% pembeli online lebih cenderung terlibat dengan bisnis yang memiliki ulasan positif. Ulasan positif dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan perusahaan. Penggunaan ulasan produk memberikan peluang bagi bisnis dan pelanggan untuk membangun hubungan yang sehat. 


15. Arahkan traffic pembicaraan dengan konsumen melalui social media


Media sosial adalah alat yang berharga untuk bisnis dan memimpin di depan media tradisional dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Mereka membawa banyak peluang untuk mendapatkan pengunjung bisnis dan meningkatkan penjualan online. Sebuah laporan oleh Forbes menunjukkan bahwa 25% dari pengguna media sosial mengikuti halaman merek, yang mempengaruhi keputusan pembelian akhir mereka dengan ritel individu dan toko online. Terbukti, potensi peningkatan penjualan melalui kanal media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram ada.

Anda dapat memperoleh konten yang dibuat pengguna dengan membagikan posting asli pelanggan Anda di platform media sosial Anda. Misalnya, gambar pelanggan yang mengambil foto kopinya di kafe Anda. Anda juga bisa bekerja dengan influencer media sosial yang dipercaya oleh orang-orang. Mempromosikan merek dan produk Anda melalui influencer media sosial sangat mungkin untuk mendorong penjualan, dan telah terbukti memberikan ROI setinggi 600% dalam beberapa kasus. Media sosial adalah platform yang sangat baik bagi merek untuk menyediakan konten yang berharga bagi audiens mereka. Konten harus menarik bagi audiens Anda, dan cukup menarik untuk membuat mereka melakukan pembelian.


16. Hindari Friksi dan Perbincangan Negatif di Dunia Online


Meskipun pertumbuhan pesat dalam penjualan ritel online, konversi checkout masih menjadi tantangan besar bagi banyak penjual online. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang kehilangan penjualan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyingkirkan unsur-unsur yang menciptakan gesekan dan mengganggu pelanggan.


17. Jangan Lupa Berilah Diskon 


Harga adalah faktor terpenting dalam keputusan untuk membeli produk atau layanan apa pun. Harga rendah dapat menunjukkan kualitas rendah di benak pembeli. Sebelum menerapkan strategi penetapan harga apa pun, ketahuilah bagaimana perasaan pelanggan Anda tentang produk Anda sehingga perubahan harga mendorong perilaku pasar yang Anda inginkan. Diskon yang bagus memiliki kekuatan besar untuk memengaruhi keputusan pembelian. Pelanggan tidak suka melewatkan diskon periode terbatas yang cocok untuk mereka. Menawarkan diskon dapat memotivasi pelanggan yang peka terhadap harga karena hal itu menciptakan peluang pembelian khusus bagi pelanggan. 


18. Berilah Pengalaman Berkesan Dengan Melalukan Follow-Up Email


Sayangnya, pengalaman pelanggan biasanya berakhir untuk banyak bisnis ketika mereka akhirnya mendapatkan uang pelanggan. Orang mengabaikan untuk melakukan follow up. Ini adalah kesalahan besar untuk retensi pelanggan. Untuk meningkatkan volume penjualan online, pastikan Anda memiliki prosedur tindak lanjut yang bijaksana, penuh perhatian, dan benar-benar berguna untuk pelanggan baru. Kirimlah email untuk follow up.


19. Gunakan Kekuatan Komunitas Untuk Dongkrak Penjualan


Forum komunitas adalah salah satu saluran terbaik yang menyediakan kumpulan pertanyaan dan topik yang menarik bagi pemasar, dan seringkali gratis. Dengan bersikap proaktif dan memanfaatkan luasnya pengguna dan informasi di forum, Anda dapat mengubah cara Anda terlibat dengan prospek dan pelanggan Anda. Ini bisa melalui komunitas di WA, FB, IG, Quora dan forum sosial lainnya yang terkait. Ini adalah sumber yang bagus untuk mencari tahu apa yang membuat audiens target Anda bingung atau bermasalah.


20. Terapkan  Jurus Remarketing Untuk Mendapatkan Banyak Penjualan


Tidak peduli apakah Anda menjalankan kampanye pemasaran apapun, tiap inisiatif pemasaran digital membutuhkan waktu, uang, dan banyak usaha ntuk mencapainya. Jika Anda tidak menggunakan remarketing (pemasaran ulang), pada dasarnya Anda mengandalkan calon pelanggan yang segera berkonversi, yang hampir tidak pernah terjadi. Jadi, pelanggan atau calon pelanggan yang pernah kenal, jangan diabaikan. Beri tawaran lagi ke dia dengan opsi yang lebih menarik. 


Bacaan Terkait:


Lebih baru Lebih lama