Kiat-Kiat Sukses Buka Usaha Resto & Kafe

Agar sukses bisnis resto perlu terapkan kiat-kiat tertentu

Restoran yang ramai penuh-sesak oleh pengunjung adalah impian semua pengusaha kuliner. Pengunjung penuh artinya akan banyak cuan masuk. Peluang bisnis di bidang kuliner memang sedang naik daun dan akan selalu dibutuhkan dan akan berkembang seiring berjalannya waktu. Toh demikian, berbisnis di bidang kuliner tidaklah mudah. Dengan semakin ramainya industri kuliner, maka tingkat persaingan akan semakin tinggi. Belum lagi banyak pemain baru dan banyak up and down bisnis ini. 


Anda harus mampu bersaing dalam meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan ditentukan oleh kenaikan jumlah pengunjung yang datang; Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mendatangkan pengunjung dan menarik pengunjung ke resto/kafe Anda.

Pemilik restoran yang sudah lama berbisnis pasti sudah familiar dan tahu bagaimana mengelola sebuah restoran agar ramai pengunjung. Bagi Anda yang sudah tertarik untuk membuka usaha dan memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuka usaha restoran.


Berikut tip-tip dan kiat yang bisa dilakukan untuk membuat resto ramai oleh pengunjung. Bagaimana agaar resto Anda laku di market dan menjadi favorit. 


Buatlah Konsep Restoran Yang Unik


Banyak restoran memiliki konsep yang biasa karena umumnya membuatnya sama dengan restoran lain tetapi dengan desain yang berbeda. Keunikan itu bisa dilihat dari suasana interiornya hingga desain outdoornya. 

Sebagian besar pengunjung yang juga menikmati makanan dan pulang setelah makan makanan terlalu menarik. Memiliki konsep yang unik dan berbeda menjadi salah satu nilai tambah yang harus Anda lakukan. Karena jika restoran Anda memiliki ide yang fantastis, calon pembeli akan penasaran dengan restoran Anda. Selain itu, restoran Anda juga akan viral dan terkenal di media sosial. Milenial lebih suka tempat-tempat viral dan kontemporer untuk dikunjungi. Menjadi viral juga dapat mengurangi biaya untuk promosi restoran Anda. Keren, kan?


Buat Menu Yang Lezat


Jenis menu makanan dan minuman juga menjadi penyebab resto ramai dikunjungi pengunjung. Rasa makanan yang lezat akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus datang ke restoran Anda. Hebatnya, terkadang pelanggan akan merekomendasikan restoran Anda kepada teman atau keluarga mereka. Namun Anda juga harus mengupdate jenis makanan yang sedang viral terus-menerus. Hal ini Anda lakukan agar pelanggan Anda tidak bosan dengan menu yang biasa-biasa saja.


Anda juga bisa menggunakan nama unik yang disesuaikan dengan konsep restoran sehingga lebih menarik. Pastikan juga menu yang dibuat memiliki tampilan yang sesuai dengan gambar agar pelanggan tidak merasa kecewa dan datang lagi untuk makan makanan. Intinya tetap mengutamakan cita rasa yang enak dan sesuai dengan lidah pengunjung.


Menyediakan Fasilitas Pengunjung


Coba bayangkan jika Anda datang ke sebuah restoran yang bersih dan nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap. Tentunya akan membuat Anda betah berada di restoran tersebut. Apa jadinya jika Anda menerapkannya pada restoran yang Anda miliki.


Sekarang orang pergi ke restoran, tidak hanya mencari makanan. Tapi juga untuk hang out atau menghabiskan waktu bercengkrama dengan keluarga dan kerabat. Contohnya, usahakan ada colokan listrik untuk charger HP di setiap meja. Jadi, beri mereka fasilitas. Jenis fasilitas tersebut misalnya WiFi gratis, karaoke mini, taman bermain untuk anak-anak, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain ruangan agar sesuai dengan fungsi ini.


Pastikan Kebersihan Terjaga


Di masa pandemi seperti sekarang ini, kebersihan menjadi hal utama yang diperhatikan orang sebelum memutuskan untuk makan di sebuah restoran. Karyawan harus menjaga kebersihan restoran setiap saat. Kebersihan yang dimaksud meliputi semuanya, mulai dari kebersihan ruang makan, area memasak, kebersihan bahan baku hingga kebersihan setiap karyawan restoran. Siapa yang akan datang jika restoran tidak bersih?


Menyediakan cuci tangan di tempat-tempat tertentu dan hand sanitiser di setiap meja, selain memberikan aturan bagi karyawan untuk selalu menggunakan masker. Atur jarak sesuai dengan standar pemerintah untuk adaptasi baru selama pandemi.


Gunakan Kasir Restoran


Pelayanan adalah kunci utama dalam setiap bisnis. Pelayanan yang baik tentunya akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus datang kembali. Menyediakan kebutuhan pelanggan, misalnya seperti metode pembayaran yang lengkap selain menggunakan uang tunai. Salah satunya Anda bisa menggunakan mesin kasir restoran iReap POS.


Publikasikan Dengan Situs Web dan Media Sosial


Jangan merasa belum membutuhkannya saat diminta untuk membuat situs web restoran Anda. Memiliki website dan aktif di media sosial akan memudahkan Anda dalam mengundang pelanggan ke restoran Anda. Di era digital dan banyak orang suka mengakses internet berjam-jam di ponsel mereka.


Banyak pengusaha yang meremehkan kekuatan digital, seperti website dan media sosial, dalam bisnis restoran. Padahal sudah banyak bukti bahwa restoran dulunya hanya toko kecil tapi bisa membangun kekuatan brand melalui dunia digital melalui website dan media sosial.


Libatkan Pelanggan Melalui Strategi Pemasaran yang Menarik


Misalnya, Anda dapat menggunakan media sosial. Berikan promo khusus, baik itu diskon maupun gratis dari menu tertentu, jika ada yang berani selfie sambil makan di restoran Anda. Tentunya harus dalam kondisi seperti mengikuti media sosial restoran Anda, dan sebagainya. Cara lain juga bisa dilakukan, misalnya dengan memberikan beberapa porsi gratis bagi mereka yang datang bersama keluarga penuh.


Ini hanya beberapa contoh. Intinya membuat feed ke customer yang customer juga merasa tertantang untuk melakukannya. Cara ini akan menarik pelanggan ke restoran Anda. Jadi mereka pergi ke restoran Anda kenyang setelah makan dan kegembiraan yang tidak ditemukan di restoran lain.


Restoran yang sibuk berarti pendapatan tinggi. Pendapatan yang tinggi akan menjamin kesuksesan bisnis. Peluang bisnis restoran memang menguntungkan dan selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman, namun untuk itu butuk kerja keras dan perjuangan untuk sukses, dan selalu mengikuti tren. Oleh karena itu, Anda harus mampu bersaing dengan bisnis lain dalam meningkatkan penjualan.


Lebih baru Lebih lama