20 Jurus Untuk Mendapatkan Klien Baru



Semua pebisnis yang bisnisnya tergantung dari jasa terhdapa klien atau pelanggan tentu sangat berkepentingan untuk mendapatkan tambahan klien baru. Maklum, klien baru artinya omset bisnis meningkat. Tapi tentu saja tidak mendapatkan tambahan klien baru karena keunikan dan kebutuhan dari masing-masing klien/pelanggan itu memang berbeda.  Berikut ini ada 20 jurus atau cara yang bisa dicoba dilakukan agar bisa mendapatkan tambahan klien baru yang diharapkan meningkatkan omset perusahaan.


1. Carilah referral dari klien yang sudah ada. 


Mintalah klien saat ini untuk merekomendasikan Anda kepada orang lain yang mungkin membutuhkan layanan atau produk Anda. Mereka pasti punya kenalan atau teman. Bila layanan Anda bisa diandalkan, minta tolong si klien untuk mereferensikan ke teman atau kenalannya. 


2. Aktif berkegiatan dan membuat jejaring sosial dan bisnis


Aktif dalam acara industri, seminar, konferensi, dan platform media sosial itu sangat  untuk memperluas jaringan dan meningkatkan visibilitas. Pada akhirnya itu akan mengenalkan anda dan perusahaan pada teman baru dan klien baru. Maka perluaslah jaringan bisnis Anda, dan banyaklah hadir di berbagai event bisnis dan jaringan bisnis. 


3. Bergabunglah pada Forum dan Komunitas Online:


Ikutlah pada forum atau grup online yang relevan dengan industri Anda dan berkontribusi dengan informasi berharga. Hal itu akan membantu Anda menemukan klien baru.


4. Buatlah Portofolio Menarik


Memiliki portofolio yang bagus dan informatif akan membantu Anda meyakinkan calon klien tentang kualitas layanan atau produk Anda. Mereka akan tertarik mencoba, terlebih setelah tahu bahwa Anda sudah punya portofolio klien yang relevan dengan mereka.


5. Lakukan pemasaran berbasis konten


Buat konten yang bermanfaat dan informatif, seperti blog, video, atau infografis, untuk menarik calon klien melalui pencarian online.


6. Lakukan Optimasi SEO


Pastikan website Anda dioptimasi untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon klien saat mereka mencari layanan atau produk yang Anda tawarkan.


7. Lakukan pemasaran dan promosi melalui email


Kumpulkan daftar email prospek dan kirimkan konten yang bermanfaat serta penawaran khusus untuk menarik minat mereka.


8. Jalin kemitraan dengan pebisnis lain


Jalin kemitraan dengan bisnis yang relevan tetapi tidak bersaing langsung, sehingga Anda dapat merujuk klien satu sama lain.


9. Buatlah Iklan Online


Gunakan iklan online, seperti Google Ads atau iklan media sosial, untuk menargetkan calon klien berdasarkan demografi dan minat.


10. IKuti Pameran Dagang dan Event Industri


Ikuti pameran dagang dan acara industri yang relevan untuk bertemu dengan calon klien secara langsung.


11. Buat Tawaran Percobaan atau trial produk ke calon pelanggan


Tawarkan versi percobaan atau konsultasi gratis sebagai langkah awal untuk membuktikan nilai layanan atau produk Anda.


12. Buatlah testimoni dan ulasan


Minta klien yang puas untuk memberikan testimonial atau ulasan positif yang dapat Anda tampilkan di situs web atau media sosial.


13. Lakukan searching di Media Sosial


Gunakan pencarian di media sosial untuk menemukan calon klien yang sedang mencari solusi atau layanan yang Anda tawarkan.


14. Buatlah event  atau webinar


Sponsori atau buat acara online seperti webinar untuk berbagi pengetahuan dan untuk menarik minat calon klien.


15. Jalankan pemasaran menggunakan influencer


Berkolaborasi dengan influencer yang relevan dengan industri Anda untuk memperluas jangkauan dan ketertarikan calon klien.


16. Ciptakan Konten Edukatif


Buat panduan, e-book, atau sumber daya edukatif lainnya yang dapat membantu calon klien memecahkan masalah mereka.


17. Lakukan pendekatan proaktif


Jangan ragu untuk menghubungi calon klien secara langsung melalui email atau telepon untuk menawarkan solusi Anda.


18. Berikan penawaran khusus dan berilah diskon


Tawarkan penawaran khusus atau diskon kepada calon klien baru untuk mendorong mereka mencoba layanan atau produk Anda.


19. Gunakan Mitra Bisnis yang berbasis Freelance


Anda tak ada salahnya jika bekerjasama dengan para freelancer untuk mendapatkan klien baru. Terkadang jua mencarinya dari platform freelancer. Para Freelancer dapat membantu Anda menemukan proyek dan klien baru. Ini penting. Mereka hanya dibayara kalau sukses bawa klien. Ini cara pemasaran hemat. 


20. Mempertajam dengan berpikir lokal


Fokuslah pada pemasaran di area lokal Anda melalui iklan di koran lokal, kerjasama dengan komunitas lokal, atau acara lokal.


Ingatlah bahwa mendapatkan klien baru memerlukan dedikasi, waktu, dan usaha yang berkelanjutan. Cobalah beberapa strategi yang sesuai dengan bisnis Anda dan perluas taktik yang paling berhasil seiring berjalannya waktu. 


Semoga Anda sukses mendapatkan klien-klien baru. aamiin



Lebih baru Lebih lama