Berguru Pada Kesuksesan Pengusaha Pendiri Nutrisari, Tropicana Slim Dan L-Men

Belajar membesarkan bisnis dari Hari Darmawan dan Januar Darmawan yang sukses membangun Nutrifood Indonesia menjadi pemain top bidang consumer good dengan brand-brand terkemuka seperti Tropicana Slim, L-Men, WRP, HILO dan Nutrisari.

 

Umumnya konsumen Indonesia tahu produk makanan-minuman merek Nutrisari, Tropicana Slim dan L-Men. Produknya sudah populer di market dan juga sering muncul iklannya di TV-TV nasional. Produk-produk itu tak lain diproduksi dan dipasarkan oleh PT Nutrifood Indonesia, salah satu perusahaan consumer good papan atas di Indonesia. Perusahaan ini memang punya produk yang sudah dikenal luas seperti Tropicana Slim, NutriSari, HiLo, L-Men, WRP dan Lokalate.

Kisah sukses Nutrifood yang saat ini sudah beromset triliunan itu tak lepas dari tangan dingin dan keuletan Hari Budianto Darmawan atau yang biasa disebut Kwiek Darmawan. Pengusaha inilah yang merintis Nutrifood dari nol. Hari yang juga adik kandung dari ekonom senior Kwiek Kian Gie ini memang punya passion bidang bisnis yang tinggi meskipun ia juga seorang ilmuwan. Peraih gelar MSc dari salah satu universitas di Amerika ini bekerja di perusahaan Amerika sebelum akhirnya pulang ke Indonesia tahun 1973. 


Tahun 1973, Hari Budianto kembali ke Indonesia untuk memulai bisnis bidang makanan. Dia memulai bisnis di kota asal keluarganya, yakni di Semarang, Jawa Tengah. Ia tidak asal memilih produk yang akan dijual, namun memilih produk yang punya value added secara kesehatan. Tak heran bila produk yang dijual dan diproduksi selalu berbasis inovasi. Hal ini tak lepas dari latarbelakang pendidikannya di Amerika. Produk-produk yang dihasilkannya pada umumnya menjadi pioner di segmen market yang dimasuki. 

Produk pertama yang diluncurkan ialah Tropicana Slim yang mulai dipasarkan tahun 1979 dan sudah mengantongi banyak penghargaan hingga saat ini. Produk ini banyak disukai oleh kalangan menengah-atas dan kalangan terdidik yang meninginkan tubuh yang lansing dari makanan berserat, serta menyediakan makanan dengan kadar gula rendah. Produk ini laris di market karena banyak dicari kelompok pelanggan yang sadar kesehatan dan mengurangi gula. Produk kedua diluncurkan tahun 1979, Nutrisari, menyasar sebagai minuman sari buah yang di market juga dikenal. 

Dalam perjalanannya membesarkan usaha, Hari menemukan kesimpulan bahwa kalau bisnisnya ingin besar, maka harus mendekati ke pusat pasarnya yang terbesar, yakni pasar Jabotabek (greater Jakarta) yang secara kemampuan daya beli memang paling baik dibanding tempat lain di Indonesia dan jumlah penduduknya paling banyak. Tak heran, enam tahun kemudian, dia menyadari bahwa bisnisnya tidak akan bisa berkembang kecuali dia memindahkan bisnisnya lebih dekat ke pasar yang lebih besar, ke ibukota Indonesia. Sebab itu ia lalu memindahkan bisnisnya ke Ciawi, Bogor, Jawa Barat, tidak jauh dari Jakarta. Bersamaan dengan itu, juga mulai mendirikan kantor pusat baru di Jakarta. 

Inovasi demi inovasi dilakukan. Produk dan brand baru kemudian terus diluncurkan, mulai dari Tropicana Slim, NutriSari, HiLo, L-Men, WRP hingga Lokalate. Bahkan masing-masing brand kemudian juga diekstensi ke berbagai sub-brand. Misalnya ada Nutrisari Wedank, dan sebagainya. Perusahaan ini memulainya dengan produk diet, lalu minuman, dan bisnis ini berkembang.

Dalam mengelola dan membesarkan bisnisnya, Hari bahu-membahu dengan kakak kandungnya, Januar Darmawan yang seorang PhD, juga lulusan Amerika. Keduanya saling mengisi dengan kompetensinya masing-masing. Januar Darmawan sendiri juga lahir di Juwana, Jawa Tengah, Indonesia, datang ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan universitas, lulus dari North Carolina State University dengan gelar Ph.D. di bidang hortikultura dan ilmu tanah pada tahun 1970. Sekembalinya ke Indonesia pada tahun 1972, ia mendirikan usaha pembibitan yang memproduksi bibit buah dan mendirikan Asosiasi Pembibitan Indonesia. Dan tahun 1979 ia membantu Hari membesarkan Nutrifood. 

Salah satu perbedaan Nutrifood dibanding perusahaan lain, budaya inovasi dan menempatkan SDM sebagai sentral pengelolaan. Hari dan Januar tak segan minta bantuan konsultan untuk mengembangkan bisnisnya, khususnya dari sisi manajemen. Maklum Hari dan Januar dua-duanya merupakan orang teknis. Bahkan ia juga mencari konsultan dari luar negeri seperti dari AIM (Australian Institute of Management) untuk membantu pengembangkan manajemen perusahaan. Nutrifood mengundang mereka untuk datang ke Jakarta dan member pelatihan, dan juga Nutrifood mengirim orang-orang seniornya ke AIM di Perth untuk pelatihan kepemimpinan. Konsultan itu dipakainya sampai saat ini.

Nutrifood dikembangkan dari sisi Total Quality Management (TQM) dan juga leadership yang berbasis pengetahuan. Salah satu prinsip manajemen yang diterapkan, bagaimana mempercayai orang. Kita tentu tidak memiliki semua pengetahuan, kompetensi, dan keahlian yang dimiliki orang lain. Jika kita bisa mempercayai 100 orang lain yang dapat dipercaya dan kompeten, kita dapat meningkatkan kapasitas 100 kali lipat, karena ini adalah orang-orang yang cerdas dan kompeten yang semuanya bekerja untuk kita. Demikian prinsip yang dibangun.

Hari dan Januar mempelajari sendiri prinsip-prinsip manajemen dan memberikan pelatihan setiap hari Sabtu ke tim SDM-nya. Banyak kemajuan yang dicapai dan bahkan Nutrifood mejadi perusahaan makanan pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi ISO. Pihaknya berprinsip harus melakukan perbaikan terus-menerus, secara bertahap menyesuaikan ide-ide positif untuk mengelola orang. Ketika kita menghargai orang lain maka bisnis akan berkembang.

Nutrifood dari tahun ke tahun terus dikembangkan sebagai perusahaan yang memiliki karakter, unik, inovatif, dan premium. Nutrifood percaya bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, perusahaan ini memasarkan produk dan jasa yang bersifat preventif untuk dimanfaatkan oleh pelanggan. Nutrifood percaya bahwa kesehatan dan kenikmatan dapat berjalan selaras. Berbagai produk dan jasa yang kami berikan merupakan kombinasi dari sesuatu yang sehat, nikmat dan mudah untuk dikonsumsi.

Berkat sentuhan tangan dingin kakak beradik Hari dan Januar, Nutrifood berkembang dari tahun ke tahun dan bahkan kini produknya sudah diekspor ke lebih dari tiga puluh negara di dunia.  Nutrifood pun dikenal sebagai produsen makanan sehat, produk pelangsing tubuh dan cocok bagi para penggemar makanan diet melalui produk Tropicana Slim, WRP dan HiLo. 

Didukung oleh tiga pabrik yang dimiliki Nutrifood (Ciawi, Cibitung, Sentul), perusahaan ini menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan pada produksinya dan melaksanakan kegiatan konservasi lingkungan melalui perlindungan sumber daya alam. Perusahaan ini dikelola dengan prinsip kelestarian lingkungan.  Secara bisnis, Nutrifood kini sudah menjelma menjadi salah satu ikon perusahaan consumer good di Indonesia. Produk-produknya sering mendapatkan penghargaan pilihan konsumen dari berbagai survei. 


Link Bacaan Lain: 


Lebih baru Lebih lama