Mohamed Salah, Pesepakbola Sederhana Dengan Kekayaan Rp 1,3 triliun

 


Penggemar sepakbola tentu tahu Mohamed Salah, pemain sepakbola, bintang klub Liverpool FC dan Timnas Mesir. Nama Mohamed Salah sangat dikenal di Inggris karena ia selalu masuk dalam top scorer di Liga Inggris dalam tiga tahun terakhir. Selain itu ia juga selalu bersujud mencium rumput setelah mencetak gol, sebuah selebrasi yang berbeda dibanding pemain bola top dunia lainnya. 

Salah ternyata seorang pesebakbola terkaya dengan kekayaan yang aduhai. Apalagi ia baru saja menandatangani kontrak baru untuk 3 tahun yang nilainya jauh lebih besar,  senilai £ 54.600.000, dengan Liverpool F.C., termasuk gaji rata-rata per tahun sebesar £ 18.200.000. Pada tahun 2022, Salah mendapatkan gaji pokok sebesar £ 18.200.000. Salah adalah pemain dengan bayaran tertinggi dalam skuad Liverpool, menghasilkan £ 2,00.000 ( atau $ 2,4 juta = Rp  37 miliar) per minggu. Gile, Rp 37 miliar seminggu Bro ! 

Gaji awalnya adalah £ 90rb ($ 110rb) ketika ia menandatangani kontrak pada tahun 2017 meskipun biaya transfer £ 36,9 juta ($ 44,65 juta) adalah rekor klub saat itu. Tapi, kemudian, ia menandatangani kesepakatan baru yang berjalan hingga 2023 pada tahun 2018. Salah juga menerima bonus untuk mencetak gol, assist, dan menang. Total kekayaan Salah diperkirakan sudah mencapai USD 90 juta atau Rp 1,3 triliun, termasuk dari pendapatan iklan. 

Selain itu, pada tahun 2020 Salah adalah pemain sepak bola berpenghasilan tertinggi keempat di dunia di belakang Ronaldo, Messi, dan Neymar, dengan $ 35,1 juta dikombinasikan dengan gaji dan dukungannya.

Salah memperoleh $ 23,1 juta dari gaji dan $ 12 juta dari penawaran dukungan.

Dia berada di urutan keempat dalam daftar nilai pasar transfer tertinggi dengan € 110 juta ($ 119 juta) di belakang Kylian Mbappe, Harry Kane, dan Earling Haaland.

Namun, nilai pasar transfer tertinggi adalah € 150 juta ($ 162 juta) dari 2018-2019. Menurut berbagai sumber online, perkiraan kekayaan bersih Mesir adalah sekitar $ 90 juta.


Sponsor & Bisnis

Salah adalah salah satu pemain sepak bola yang paling dapat dipasarkan di dunia karena ketenaran dan keberhasilannya. Sponsor utamanya adalah Adidas, dengan siapa ia menandatangani kontrak multi-tahun £ 40 juta ($ 50 juta). Dia juga wajah untuk kampanye iklan Adicolor Sports dan Streetwear yang ikonik tahun 1970 -an pada tahun 2019.

Sponsor Salah lainnya termasuk Vodafone Egypt, DHL, Oppo, Electronic Arts, Uber, dan Falken Tyres.

Orang Mesir sering mengiklankan sponsornya di pegangan media sosialnya yang memiliki sekitar 80 juta pengikut.


Mohamed Salah tampaknya sudah mulai melakukan investasi cerdas sebagai persiapan untuk tahap pasca pensiun.

Pada bulan Februari 2021, Salah mendirikan perusahaan investasi bernama Salah UK Commercial yang terlibat dalam bidang bisnis dan real estat.

Kemudian, pada bulan Maret 2021, ia memprakarsai dua perusahaan real estat. Salah juga memiliki perusahaan induk terpisah untuk berinvestasi di batu bata dan semen.

Menurut berbagai sumber, Mesir memiliki aset senilai $ 12 juta untuk aktivitas komersial di seluruh Inggris, dengan seperempat aset yang dialokasikan untuk real estat.


Kegiatan Amal

Seperti banyak pemain sepak bola lainnya, Salah tidak lupa memberikan kembali kepada masyarakat setelah menjadi orang top.

Salah memulai proyek regenerasi pada tahun 2018 untuk melakukan pekerjaan pengembangan di kota kelahirannya Nagriag. Selama tahun pertama inisiasi, ia membuka sekolah anak perempuan sehingga mereka tidak perlu melakukan perjalanan jarak jauh untuk mendapatkan pendidikan.

Kemudian, ia membeli 5 hektar lahan untuk membangun pabrik pengolahan limbah di desanya untuk memastikan fasilitas air yang aman dan bersih.

Pada Juni 2020, Salah mendukung pembukaan pusat ambulans baru di daerahnya dan juga memasok makanan dan bertopeng untuk keluarga yang terkena dampak Covid-19. Baru-baru ini ia kemudian menyumbangkan topeng oksigen untuk membantu korban Covid-19.

Selain itu, Salah telah membantu 450 keluarga di desanya menyediakan mereka, dengan tunjangan bulanan. Selama krisis ekonomi di negaranya, ia memberikan $ 3.000.000 kepada pemerintah.

Karya amal Salah tidak terbatas hanya pada nagriag. Dia menyumbangkan $ 300K untuk "Tahya Masr Fund" pada tahun 2016, dan $ 3 juta untuk National Cancer Institute.

Insiden perampokan rumah 2017 di Mesir membuktikan Salah adalah seorang pria dari hati emas. Setelah polisi menangkap pencuri itu, dia kemudian membatalkan tuduhan itu dan membantunya menemukan pekerjaan.

Salah menyatakan belasungkawa di Twitter dan menyumbangkan tiga juta untuk kecelakaan (kebakaran terjadi dengan 41 orang kehilangan nyawa mereka) di Gereja Abu Sefein di Giza, Mesir, pada 13 Agustus 2022.


Karier Sepakbola

Salah melakukan debut profesionalnya pada usia 18, bermain untuk klub Mesir Al Molawloon. Setelah mencetak 12 gol dalam 44 penampilan untuk klub, ia bergabung dengan sisi Swiss, FC Basel.

Selama tahun pertamanya, Mesir berhasil mencetak 5 gol dalam 19 pertandingan, memenangkan liga Swiss. Kemudian, setelah memenangkan gelar back-to-back dengan klub, ia membuat keributan di seluruh Eropa untuk penampilannya.

Pada tanggal 23 Januari 2014, Salah pindah ke Chelsea dengan harga £ 11 juta ($ 13,5 juta). Selain itu, ia adalah orang Mesir pertama yang bermain untuk Chelsea.

Namun, Salah jarang diberi kesempatan oleh Jose Mourinho. Meskipun membuat 3 penampilan di musim 2014-15, ia dianugerahi Medali Liga Premier Inggris Replika.

Mohamed kemudian pindah untuk bergabung dengan Florentina di jendela transfer Januari, di mana ia memilih untuk memakai 74 angka untuk menghormati Port kata korban stadion.


Bangkit Dan Menjadi Tenar

Selama masa pinjamannya, Salah mencetak 6 gol dalam 16 pertandingan. Meskipun Florentina mengajukan opsi permanen,  Salah menolak untuk bermain permanen untuk mereka. Sebaliknya, Salah memilih bergabung ke klub  Italia lainnya, AS Roma.

Di Roma, karir Salah sangat moncer. Ia mencetak 15 gol untuk klub di musim pertama, membantu Roma lolos ke Liga Champions. Sayangnya musim depan, timnya jatuh 4 poin di belakang untuk memenangkan Serie A.

Karena bintangnya yang moncernya di AS Roma. Liverpool kemudian tertarik membajaknya.  Akhirnya Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool dengan harga £ 36,9 juta ($ 45,5 juta) pada 22 Juni 2017. Kemudian, pada tahun pertamanya di klub, ia memecahkan rekor pencetak gol Liverpool, mencetak 36 gol. Di Liverpool inilah Salah karirnya sangat moncer. 

Ia memenangkan Golden Boot Award dengan rekor Liga Premier 32 gol pada musim kompetisi 2017/18.

Kemudian, ia mencetak gol pertama final melawan Tottenham untuk membantu Liverpool memenangkan Liga Champions UEFA.

Meski ia seoarang juara, oleh kawan-kawannya Salah dikenal sangat sederhana (humble) dan tidak neko-neko. Ia ramah dan tidak melupakan teman-teman lamanya. Walaupun ia sudah tidak bermain untuk AS Roma, namun ia tetap menjalin pertemanan dengan pemain-pemain dan pengurus Roma termasuk Totti. 

Salah bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang pernah merasa gagal dalam kehidupan. Kalau engkau gagal, cobalah di tempat lain, tempat baru. Siapa tahu di tempat baru Anda lebh bersinar. Di Chelsea, Salah gagal. Tapi ia pindah dan kemudian menemukan jati dirinya. Melesat menjadi bintang !! 


Bacaan Lain:  

  • Perjalanan Aliuyanto Membesarkan Jaringan Resto Solaria
  • Cari perusahaan yang berjalan baik untuk diakuisisi 
  • Aneka Benefit Perusahaan Publik / TBK

  • Lebih baru Lebih lama