ConocoPhillips Indonesia Segera Diakuisisi Medco


PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd dengan nilai transaksi US$3,5 miliar atau setara Rp19,36 triliun (kurs Rp14.343 per dolar).


Dijelaskan dari rilis perusahaan, Kamis (20/1), rencana transaksi dilakukan oleh Medco Energi Global Pte. Ltd (MEG) yang merupakan anak perusahaan terkendali perseroan.


Rencana transaksi tersebut, dituangkan dalam suatu perjanjian jual beli bersyarat (conditional sale and purchase agreement), antara Phillips International Investments Inc. selaku penjual dengan MEG selaku pembeli, tertanggal 8 Desember 2021.


Medco menjelaskan akuisisi merupakan bagian dari strateginya  untuk meningkatkan nilai perusahaan dan terus berfokus pada integrasi yang efektif.


"Produksi Medco akan menjadi 78 persen gas setelah akuisisi dengan portfolio gas harga tetap yang lebih besar," tulis keterbukaan informasi tersebut seperti dikutip, Kamis (20/1).


Tidak hanya itu, menurut Medco, akuisisi ini akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap (accretive) dan credit positive, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat secara signifikan.


Bacaan Terkait : 


Lebih baru Lebih lama