Beberapa Cara Mencari Pemodal, Semoga Salah Satunya Bisa Sukses Anda Lakukan


Mungkin Anda saat ini sedang mencari investor untuk memperkuat permodalan perusahaan Anda. Atau mungkin Anda sudah memiliki rencana bisnis yang bagus, layak, dan sudah tahu kebutuhan dana investasinya, namun bisa berjalan karena masih mencari investor.  Karena mungkin dana internal atau modal internal tidak cukup, sehingga butuh bantuan dari investor, di luar dari pemegang saham yang sudah ada. 


Mungkin juga perusahaan Anda sedang akan akuisisi perusahaan tertentu dan butuh bantuan investor lain sebagai mitra kongsi untuk mengakuisisi. Tapi mungkin juga perusahaan Anda juga sudah terlalu banyak hutangnya sehingga butuh investor lain untuk masuk dan memperkuat permodalan.


Mencari investor itu gampang-gampang susah. Butuh kiat sukses khusus agar sukses dalam mencari investor. Dan harus diingat bahwa investor pun juga milih-milih untuk melakukan investasi, tak sembarang keluar uang. 


Pertanyaan pentingnya, bagaimana menemukan dan mendapatkan investor itu ? Ada banyak jalur untuk mencari investor. 


Dari Teman dan Keluarga


Menemukan investor bisa melalui teman atau anggota keluarga. Jalur pertemanan dan keluarga ini paling efektif karena mereka sudah percaya pada Anda dan biasanya lebih bersemangat membantu Anda untuk sukses. Tapi juga harus dingat, jalur ini juga punya resiko. Karena seringkali bisa menimbulkan hubungan pribadi dan profesional Anda dengan teman dan keluarga itu. Sebab itu semua harus dijelaskan dengan jelas risiko yang terlibat dalam berinvestasi dalam sebuah perusahaan. Hati-hati dalam mengambil jalur ini jangan sampai kehilangan teman atau keluarga karena investasi.


Dari Ikut Misi Dagang Asosiasi/Rombongan Bisnis


Cari investor juga bisa melalui mengikuti misi dagang yang sedang kunjungan atau roadshow ke negara-negara lain dan bertemu pebisnis dari mancanegara. Jadi, sembari berdagang disana, sekaligus juga mencari mitra investor yang akan kita ajak kerjasama. Namun channel ini memang lebih mahal karena kita harus ke luar negeri dulu ikut misi dagang. Selain itu pilihan alternatif calon investor juga terbatas yang datang dan bertemu kita disana. 


Dari Situs Crowdfunding


Situs crowdfunding memberi Anda akses ke berbagai jenis investor - dari masyarakat umum yang berminat untuk berpartisipasi dalam "hal besar berikutnya" hingga orang kaya yang dermawan yang percaya dalam membantu orang lain mewujudkan impian mereka. Setiap situs crowdfunding memiliki fokus dan caranya sendiri untuk memberi insentif kepada investor, jadi pelajari masing-masing dengan cermat untuk melihat mana yang paling sesuai dengan tujuan Anda.


Dari Angel Networks


Anda dapat menemukan angle investor yang tidak hanya akan berinvestasi di perusahaan Anda, tetapi juga akan duduk di bahu Anda, menawarkan bimbingan, nasihat yang solid, dan memberikan akses ke jaringan kontak mereka. Sekarang makin banyak jaringan angle investor ini, tinggal memilih mana yang paling cocok. 


Dari Lembaga Inkubator & Akselerator


Jika Anda ingin bisnis itu tumbuh dan berkembang, bekerja dengan inkubator atau akselerator akan memberi Anda banyak sumber daya investor untuk menyaksikan bisnis itu tumbuh dan sukses. Para investor ini terutama tertarik untuk mengambil peran yang lebih besar untuk membantu mengubah ide Anda menjadi model bisnis yang layak serta menyediakan sumber pendanaan untuk mewujudkannya. Inkubator dan akselerator ini bahkan menawarkan jaringan dan knowledge ke Anda. 


Banyak Cara Mencari Pemodal


Dari Jejaring Sosial Profesional


Sekarang ini makin banyak jejaring sosial yang menjadi tempat untuk mencari mitra bisnis dan investor. Berbagai situs jejaring sosial profesional telah diluncurkan yang dapat membantu menghubungkan Anda dengan semua jenis investor di semua spesialisasi industri dan segmen bisnis. Banyak dari situs jejaring sosial profesional baru ini bahkan menghubungkan Anda dengan investor dari negara lain yang ingin berpartisipasi dalam lingkungan bisnis global dan sering kali membawa produk atau layanan Anda ke belahan dunia mereka.


Dari orang yang berpengalaman dalam mencari investor dan punya banyak hubungan dengan investor


Channel ini termasuk paling efektif dipakai karena kita bisa meminjam network dan pengalaman mereka. Mereka sudah biasa bergaul dengan investor dan juga sudah pernah membantu sehingga tahu apa hal-hal yang dibutuhkan investor dan apa saja hal yang tidak disukai investor. 


Kami sendiri juga bisa dan biasa membantu untuk hal tersebut dan bisa membantu mengenalkan ke investor-investor yang relevan. Namun perlu dingat bahwa tidak bidang bisnis itu diminati investor. Mereka memilih bisnis dan perusahaan yang sesuai strategi pengembangan investasi mereka. 

Bila perusahaaan Bapak butuh bantuan untuk mencai investor, silahkan hubungi kami di :  


HP    : 0812 9464 5556
Email : masadhi1976@gmail.com


Bacaan lain: 


Lebih baru Lebih lama