RS Pelabuhan Akhirnya Bergabung Ke Holding Rumah Sakit BUMN


PT Rumah Sakit Pelabuhan, anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), akhirnya remi bergabung ke dalam  Holding RS BUMN yang menggabungkan diri dalam Grup Indonesia Healthcare Corporation (Pertamina Bina Medika IHC). Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengambilalihan Saham Bersyarat antara PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan beberapa Perusahaan BUMN lainnya selaku pemilik RS BUMN dengan Pertamina Bina Medika IHC bertempat di Mandiri Club, Jakarta.

Langkah korporasi ini merupakan bagian dari roadmap pembentukan Holding RS BUMN yang telah dimulai sejak 2016 melalui pembentukan holding RS BUMN. Tujuannya untuk memperluas cakupan wilayah pelayanan serta mengembangkan cakupan pasar Rumah Sakit BUMN Indonesia. 

Rumah Sakit BUMN yang tergabung dalam proses Holding RS BUMN fase II antara lain PT Krakatau Medika (RS Krakatau Medika), PT Rumah Sakit Pelabuhan, PT Pelindo Husada Citra (anak usaha Pelindo II), PT Nusantara Medika Utama (anak usaha PTPN X), PT Nusantara Sebelas Medika (anak usaha PTPN XI), PT Rolas Nusantara Medika (anak usaha PTPN XII), PT Rumah Sakit Bakti Timah (anak usaha PT Timah Tbk). 

Menteri BUMN, Erick Thohir menegaskan “Integrasi RS BUMN ini akan meningkatkan fokus bisnis dan kualitas pelayanan kesehatan serta menjadikannya pemimpin pasar dalam bisnis rumah sakit di Indonesia. Secara konsolidasi grup RS BUMN diestimasikan memiliki pendapatan usaha hingga mencapai Rp. 4,5 triliun dan total aset mendekati Rp. 5 triliun. 

Erick menambahkan, “Penggabungan ini akan menerapkan standarisasi kualitas dan operasional layanan di jaringan rumah sakit anggota holding seluruh Indonesia, dan hal itu identik dengan peningkatan pelayanan dan sekaligus meningkatkan keahlian para expert, artinya kita mendorong Rumah Sakit milik bangsa Indonesia meraih kepercayaan masyarakat Indonesia untuk memilih berobat di RS negeri sendiri, dibanding ke luar negeri”.

PT RS Pelabuhan sendiri merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang berdiri tahun 1999 dan mengelola 4 (empat) rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon (berdiri tahun 1977), Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta (berdiri tahun 1978), Rumah Sakit Pelabuhan Palembang (berdiri tahun 1981) dan Rumah Sakit Port Medical Center (berdiri tahun 2003). Saat ini, perusahaan mempersiapkan dan mengelola 12 klinik pratama di Jakarta, Banten, Cirebon, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, Teluk Bayur dan Pontianak. Selain itu, perusahaan juga mempunyai unit JPKM, yaitu IPC Healthcare (dulu disebut BAPEL), dan satu unit jasa boga, yaitu Orchid Griya Nutrisi.
Lebih baru Lebih lama