Aplikasi KPI HiPRO, Digitalisasi Proses Monitoring dan Penilaian Kinerja Pegawai



Salah satu kerumitan yang sering dihadapi oleh para pimpinan di suatu organisasi adalah saat menentukan penilaian prestasi pegawai, mana yang memiliki kinerja maksimal, yang biasa-biasa saja dan yang dibawah harapan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di akhir tahun dan seringkali menimbulkan kegaduhan akibat banyak pegawai yang merasa dinilai tidak fair dan obyektif.

Bagaimana tidak bikin gaduh, pimpinan menilai prestasi kerja bawahan selama satu tahun hanya dilakukan diakhir tahun saja. Kalau tidak didukung data, tidak mungkin bisa mengingat kinerja seseorang selama 12 bulan. Akhirnya seringkali yang diingat adalah kinerja 2-3 bulan terakhir saja. Inilah sumber utama kegaduhan karena banyak pegawai yang tidak puas akibat merasa penilaian kinerja tidak mencerminkan kinerjanya selama satu tahun penuh.

Bagi pegawai, hasil penilaian kinerja/Performance Appraisals (PA) sangatlah penting karena akan dijadikan dasar bagi pengembangan diri seorang pegawai di masa depan, baik pengembangan kompetensi, karir maupun kesejahteraannya. Hal inilah yang membuat PA menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para pegawai, seperti anak sekolah atau mahasiswa menunggu pembagian raport atau menunggu pengumuman nilai IP semester. Jika nilai kinerjanya bagus, berarti punya peluang besar untuk naik pangkat dan gaji dan sebaliknya, jika jeblok, maka siap-siap akan mengalami penglamaan, alias akan bertahan terus diposisinya dan tidak pula naik gaji.

Alhasil untuk meredam munculnya gejolak ketidakpuasan, banyak pimpinan yang mengabaikan standar prestasi sebagai acuan penilaian pegawai dan lebih sering bersikap kooperatif dengan memberi nilai moderat agar tercipta harmoni di unit kerjanya. Hal ini sesungguhnya sangat merugikan organisasi dan pegawai itu sendiri.

Pegawai rugi karena dia mendapatkan feedback yang tidak obyektif yang bisa menghalanginya untuk berkembang. Dan organisasi tentunya juga rugi karena organisasi kemungkinan besar akan stagnan atau declining karena organisasi hanya akan bertumbuh jika para pegawainya berkembang kompetensi dan prestasinya. Jadi PA yang dilakukan asal-asalan sangatlah berbahaya bagi keberlangsungan hidup organisasi.

Beruntung kita sekarang hidup di era industry 4.0 di mana telah hadir teknologi digital Data Analytic dan   Internet o Things  (IoT) yang dapat mempermudah kita dalam mengelola data kinerja serta memungkinkan berinteraksi dan bekerja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan memanfaatkan hal ini, Havara Consulting menghadirkan HiPRO, E-Performance application berbasis web yang mempermudah proses monitoring & penilaian kinerja/KPI pegawai secara digital.

HiPRO mengganti berbagai kerumitan dalam proses PA dengan menyediakan berbagai formulir dan dokumen PA secara digital. Atasan dan pegawai tidak perlu lagi mencari-cari berkas catatan kinerja karena semuanya tersedia dalam aplikasi. Semuanya paperless dan web-based sehingga mengurangi risiko keterlambatan pengisian PA akibat atasan dan bawahan tidak bisa bertemu muka karena kesibukan masing-masing. 

Selain itu, HiPRO juga memudahkan manajemen dalam melakukan performance analytic pegawai maupun unit kerja karena seluruh data hasil penilaian kinerja tersimpan secara digital. Dengan HiPRO, penilaian kinerja dapat dilakukan secara periodik, bisa setiap bulan atau kuartal dan juga bisa membuat perbandingan capaian kinerja dengan periode sebelumnya serta menyajikan rangking capaian kinerja pegawai dalam satu unit kerja.

Melalui Performance Analytic pegawai yang disediakan HiPRO, manajemen dapat meningkatkan daya saing pegawai dengan menerapkan remunerasi berbasis kinerja, dengan filosofi more for more less for less. HiPRO menyajikan laporan terkait kontribusi setiap individu pegawai terhadap pencapaian tujuan dan target organisasi. Kontribusi pegawai bisa terpetakan, kelompok high-achievers teridentifikasi, begitu juga dengan kelompok moderate dan kelompok low achievers. Dengan demikian, penghargaan kinerja yang diberikan akan tepat sasaran dan tidak ada lagi penumpang gelap yang menikmati keberhasilan organisasi tanpa bekerja keras. 

Last but not the least, HiPRO membantu perusahaan dalam membangun budaya digital (digital culture) dengan cara meningkatkan literasi digital melalui kegiatan performance management berbasis aplikasi. Hal ini membantu organisasi untuk menghilangkan berbagai proses kerja administrasi yang rumit, bertele-tele, time-consuming dan tidak terstandarisasi. Dengan HiPRO, organisasi Anda bisa semakin lean, agile dan competitive, karena bisa semakin fokus pada kegiatan inti organisasi dan tidak lagi direpotkan dengan kegiatan administratif yang boros waktu dan energi. (end)

Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut tentang aplikasi HiPRO, silahkan hubungi:

Havpro
Jl. Paus No.90G Jati-Pulo Gadung Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
(021) 478 600 56
HP: 0877 7112 1273

E-mail: Marketing@havpro.co.id


Silahkan baca juga: 


Lebih baru Lebih lama