Kiat Sukses Membuat Proposal Bisnis

KIAT MEMBUAT PROPOSAL YANG BAIK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK SUKSES SEBUAH RENCANA BISNIS



Jika Anda baru memulai bisnis, Anda memerlukan rencana bisnis (proposal bisnis). Dalam banyak hal, rencana bisnis Anda adalah peta jalan Anda — tidak hanya memandu Anda dan pemangku kepentingan utama lainnya saat Anda mengembangkan bisnis Anda, tetapi juga menunjukkan kepada investor, pemberi pinjaman, atau mitra potensial kemana arah bisnis Anda. Oleh karena itu, bisnis yang sukses memerlukan rencana bisnis yang dipikirkan dengan matang.


Meskipun menulis rencana bisnis mungkin tampaknya seperti sulit dan menakutkan, namun jangan dilihat seperti itu. Selama Anda meluangkan waktu, sertakan informasi penting, dan ikuti beberapa langkah sederhana, Anda akan segera membuat rencana yang sempurna. Untuk membantu Anda melalui proses ini, ini ada panduan cara menulis proposal bisnis, langkah demi langkah.  Berikut ini salah satu pandangan dari pakar bisnis, Georgia McIntyre.

Secara umum, proposal bisnis dapat dibagi menjadi delapan bagian inti. Cara terbaik untuk mendekati bagian-bagian ini, terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda menulis rencana bisnis, adalah mengambil setiap bagian sebagai langkah untuk berjalan satu per satu.


Langkah 1: Buat Ringkasan Rencana Anda


Langkah pertama yang ingin Anda ambil ketika menulis proposal bisnis adalah membuat ringkasan eksekutif (executive summary) Anda. Ringkasan eksekutif ini akan menjadi bab pertama dalam rencana bisnis Anda — ini akan menjelaskan apa yang dilakukan bisnis Anda, di mana bisnis Anda saat ini, di mana Anda ingin membawa bisnis Anda dalam tiga hingga lima tahun, dan mengapa Anda akan sukses.


Meskipun ini tampak seperti sejumlah besar informasi, ringkasan eksekutif tidak perlu panjangnya lebih dari satu atau dua halaman. Namun, hanya karena ini adalah bagian singkat dari paket Anda, bukan berarti itu tidak penting. Bahkan, itu mungkin menjadi bagian terpenting dari rencana bisnis Anda. Beberapa investor mungkin hanya meminta ringkasan eksekutif Anda ketika memutuskan apakah akan bekerja dengan bisnis Anda — jadi Anda ingin memastikan bahwa itu dapat berdiri sendiri.


Ingatlah bahwa informasi apa pun yang tidak menjawab pertanyaan "apa, di mana, dan mengapa" yang kami sebutkan di atas tidak boleh ada dalam ringkasan eksekutif Anda. Buat langkah ini dari rencana bisnis Anda lebih sederhana dengan tetap berpegang pada enam informasi berikut:


Pernyataan Misi: Tidak lebih dari satu paragraf, pernyataan misi Anda harus menjelaskan apa bisnis Anda dan tujuan menyeluruh yang Anda miliki.


Informasi perusahaan umum: Nyatakan kapan bisnis Anda dibentuk, nama pendiri dan peran mereka, jumlah karyawan, dan lokasi mana pun.


Fokus: Selanjutnya, sertakan contoh (dengan grafik dan bagan) dari setiap pertumbuhan yang Anda lihat sejak memulai bisnis. Ini bisa menjadi sorotan pasar keuangan atau tonggak penting bisnis. Anda harus menganggap bagian dari ringkasan eksekutif ini sebagai bukti yang mendukung mengapa Anda akan berhasil. Jika Anda seorang pemula, Anda mungkin tidak memiliki angka untuk ditampilkan di sini. Jika itu masalahnya, berikan informasi tentang pengalaman Anda dan sorotan dari upaya masa lalu Anda.


Produk dan layanan: Jelaskan secara singkat apa yang sebenarnya Anda jual dan kepada siapa Anda menjualnya. Jika Anda belum memiliki produk, jelaskan rencana Anda untuk penawaran produk Anda.


Informasi keuangan: Jika Anda mencari pembiayaan bisnis, Anda ingin memasukkan tujuan pendanaan Anda di akhir ringkasan eksekutif Anda. Pastikan untuk memasukkan informasi apa pun tentang bank atau pemberi pinjaman yang telah bekerja sama dengan Anda sejauh ini.

Paket di masa mendatang: Ringkas di mana Anda berencana membawa bisnis Anda di masa depan.

Ingat — meskipun mungkin tampak luas, ini adalah ringkasan pertama dan terutama, jadi Anda ingin membuatnya singkat dan manis. Pada titik ini, Anda masih memiliki tujuh langkah untuk diselesaikan, jadi Anda akan punya banyak waktu untuk masuk ke detail nanti. Dengan langkah pertama ini, Anda menunjukkan kepada pembaca apa yang mereka hadapi. Namun, penting juga untuk diingat bahwa sebagai langkah pertama — dan yang singkat — setiap kata dalam ringkasan eksekutif Anda diperhitungkan. Jika Anda belum cukup memikirkan rencana bisnis Anda, itu akan ditampilkan.


Jika Anda kesulitan menulis ringkasan eksekutif langsung, coba kerjakan setelah Anda selesai menulis proposal bisnis Anda dari awal hingga selesai — dengan begitu, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang detail dan akan lebih baik dilengkapi untuk meringkasnya.




Langkah 2: Tambahkan Tinjauan Perusahaan Anda (Company Overview)


Langkah kedua yang ingin Anda ambil ketika menulis rencana bisnis adalah menambahkan tinjauan umum perusahaan Anda. Meskipun langkah ini mungkin terdengar mirip dengan apa yang baru saja Anda tulis dalam ringkasan eksekutif, tinjauan perusahaan adalah pandangan tingkat atas ke dalam struktur bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan.


Saat menulis ikhtisar perusahaan Anda, oleh karena itu, Anda dapat berpikir untuk memecahnya seperti ini:


Apa yang dilakukan bisnis Anda: Mulai bagian tinjauan umum perusahaan Anda dengan beberapa kalimat yang menggambarkan apa yang dilakukan bisnis Anda. Anda dapat menganggap bagian ini sebagai elevator elevator Anda secara tertulis. Bagian pertama dari ikhtisar perusahaan Anda dimaksudkan untuk memberi pembaca dan investor pengertian umum tentang bisnis Anda.


Industri dan pasar bisnis Anda: Selanjutnya, Anda ingin menjelaskan sifat industri dan pasar yang melayani layanan bisnis Anda. Di mana Anda cocok? Apa kebutuhan yang secara spesifik dilayani oleh bisnis Anda, dan bagaimana Anda memenuhi kebutuhan itu? Sekali lagi, penjelasan Anda tentang penawaran pasar Anda harus singkat dan singkat.


Struktur hukum bisnis Anda: Setelah Anda memberikan elevator elevator dan menjelaskan proposisi nilai Anda, Anda akan ingin menggambarkan struktur hukum bisnis Anda. Apakah Anda seorang S-Corp atau C-Corp, atau LLC? Pastikan untuk menjelaskan entitas bisnis seperti apa perusahaan Anda dan berikan gambaran umum tentang struktur kepemilikan Anda.


Ingat, sama seperti ringkasan eksekutif, Anda ingin membuat ikhtisar singkat perusahaan Anda — sekali lagi, ini bukan bagian untuk menyelami lebih dalam ke detail. Pada dasarnya, ikhtisar perusahaan rencana bisnis memberikan pendapat yang cepat — tetapi menarik — tentang apa yang Anda lakukan, siapa yang Anda layani, dan mengapa Anda dapat melayani mereka. Selain itu, bagian ini juga mencakup tinjauan singkat tentang struktur hukum dan kepemilikan bisnis Anda yang ada sehingga calon investor tahu apa yang mereka hadapi.



Langkah 3: Lakukan Analisis Pasar Anda


Langkah Anda selanjutnya adalah melakukan analisis mendalam tentang industri, pasar, dan pesaing Anda. Sedangkan dua bagian pertama adalah ikhtisar tingkat tinggi, bagian ini adalah tempat Anda akan mulai masuk ke detail.


Tujuan dari analisis pasar adalah untuk memungkinkan investor untuk datang dengan perasaan percaya diri bahwa Anda, pemilik bisnis, memiliki pemahaman yang kuat tentang dinamika industri, pasar, dan pesaing Anda.


Untuk menampilkan pemahaman ini, analisis pasar Anda harus mencakup bagian-bagian berikut:


Deskripsi industri: Lihat pembaca di industri Anda. Jelaskan seberapa besar itu, bagaimana ia tumbuh di masa lalu, bagaimana para pemimpin industri memperkirakan itu akan tumbuh di masa depan, dan tren dan karakteristik penting lainnya. Kemudian, daftarkan pemain penting di industri Anda.


Ikhtisar pasar target: Anda telah melihat industri Anda secara keseluruhan, sekarang Anda ingin mendiskusikan pasar target Anda.


Karakteristik pasar sasaran: Siapa pelanggan di pasar sasaran Anda, dan apa kebutuhan mereka? Siapa yang saat ini berusaha melayani kebutuhan itu? Di mana target pasar Anda berada? Apa demografis utama yang Anda layani? Ini adalah pertanyaan yang harus Anda jawab ketika Anda memberikan informasi mendalam tentang target pasar Anda.


Targetkan ukuran dan pertumbuhan pasar: Anda juga harus memberi pembaca melihat seberapa besar target pasar Anda. Cobalah untuk memberikan data sebanyak mungkin tentang bagaimana target pasar Anda melakukan pembelian di industri secara keseluruhan — berapa banyak, seberapa sering, dan pada jam berapa tahun itu. Setelah Anda melihat keadaan saat ini dari target pasar Anda, berikan gambaran proyeksi pertumbuhan pasar Anda. Anda dapat merujuk panduan SBA untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana melakukan riset pasar untuk mendapatkan angka-angka ini.


Potensi pangsa pasar Anda: Sekarang setelah Anda tahu seperti apa pasar target Anda tanpa Anda, bagaimana nantinya dengan Anda? Berapa banyak pangsa pasar yang Anda harapkan untuk dapatkan di wilayah geografis yang ditargetkan?


Harga pasar: Dengan melakukan riset pasar ini, Anda dapat memberikan perkiraan terbaik tentang bagaimana Anda seharusnya menentukan harga produk Anda, bagaimana Anda harus mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana Anda bisa maju dengan strategi promosi.

Hambatan: Pastikan untuk memasukkan segala hambatan untuk memasuki pasar yang mungkin Anda temui. Ini mungkin regulasi, perubahan teknologi, pengeluaran investasi tinggi, atau kurangnya personel di daerah tersebut.

Penelitian pesaing: Sekarang Anda telah melihat ke dalam pasar target Anda secara keseluruhan, Anda dapat mempersempit pesaing utama Anda. Lihatlah pangsa pasar mereka, kekuatan dan kelemahan, hambatan apa pun yang mereka hadirkan, kemitraan, dan sebagainya.

Karena data, penelitian, dan jumlah informasi yang terlibat di bagian ini, ketika Anda menulis rencana bisnis, langkah ini mungkin paling lama. Namun, sebagai bagian yang sangat penting untuk keseluruhan rencana bisnis Anda, Anda harus memastikan bahwa itu berisi semua detail yang diperlukan, diteliti dengan baik, dan akan menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda telah mengetahui tentang pasar spesifik Anda dan peran bisnis Anda dalam pasar itu.


Langkah 4: Tentukan Organisasi Bisnis Anda


Menentukan organisasi dan struktur manajemen bisnis Anda.Bagian ini menjelaskan siapa yang melakukan apa dalam bisnis Anda, apa latar belakang semua orang, dan apa yang dibawa oleh pengalaman masa lalu mereka ke tim.


Inilah yang perlu Anda uraikan:


Struktur organisasi: Sebelum Anda menyelami detail masing-masing pemangku kepentingan, jelaskan di mana mereka cocok dengan keseluruhan gambar. Awal bagian ini harus mencakup bagan organisasi yang menunjukkan bagaimana bisnis Anda disusun. Ini akan menggambarkan bahwa Anda tahu siapa yang mengelola aspek bisnis Anda.


Struktur kepemilikan: Anda telah menyebutkan ini sebelumnya dalam ikhtisar perusahaan Anda, tetapi di sini, Anda harus lebih mendalam tentang bagaimana perusahaan Anda disusun secara hukum. Jelaskan siapa yang memiliki apa, dan berapa banyak milik mereka.

Latar belakang pemilik dan dewan direksi: Selanjutnya, jelaskan latar belakang tim, manajer, mitra, dan dewan direksi Anda. Latar belakang ini akan membuktikan kepada calon investor bahwa Anda telah dikelilingi oleh orang-orang yang dapat dan akan membuat bisnis Anda sukses.

Mempekerjakan kebutuhan: Jika tim Anda tidak sebesar sekarang, Anda mungkin perlu berkembang di masa depan. Buat daftar semua karyawan kunci yang perlu Anda buat untuk mencapai tujuan Anda.


Langkah 5: Lay out Produk dan Layanan Anda


Setelah Anda menggambarkan struktur organisasi bisnis Anda, saatnya untuk menyelami produk atau layanan yang disediakan bisnis Anda. Dengan langkah ini, tujuan Anda adalah menyusun rencana untuk menentukan posisi produk Anda.


Saat menulis rencana bisnis, Anda dapat memulai bagian ini dengan menjelaskan layanan atau produk Anda dan untuk siapa tujuan itu. Apa kebutuhan yang secara khusus dipenuhi?


Untuk memecah ini lebih jauh, inilah bagian yang seharusnya berisi bagian ini:


Deskripsi produk atau layanan Anda: Sertakan detail produk Anda di sini, dan sorot apa yang membuat produk atau layanan Anda menonjol. Pastikan untuk berbicara tentang bagaimana produk Anda melayani kebutuhan pelanggan Anda dan bagaimana produk itu berbeda dari pesaing Anda. Ini semua tentang membingkai masalah serta solusi yang ditawarkan bisnis Anda.


Status produk saat ini: Jelaskan di mana posisi penawaran Anda saat ini. Apakah hanya dalam tahap ide atau apakah Anda memiliki produk akhir yang siap untuk pergi ke pasar? Berikan gambaran yang realistis dan jujur ​​tentang bagaimana pengembangan produk atau layanan inti Anda.


Penelitian dan sasaran pengembangan produk: Jika produk Anda masih dalam tahap ideasi atau pembuatan, jelaskan bagaimana Anda akan membawanya ke produk akhir. Kegiatan penelitian dan pengembangan apa yang perlu dilakukan sebelum Anda pergi ke pasar? Juga, jika Anda memiliki rencana untuk produk masa depan yang ingin Anda teliti dan kembangkan, catat di sini.


Kekayaan intelektual: Ini sebagian besar berlaku untuk perusahaan teknologi atau ilmiah, tetapi jika Anda memiliki kekayaan intelektual yang eksklusif untuk bisnis Anda dan penting untuk kesuksesan Anda, Anda harus menjelaskannya di bagian pengembangan produk Anda. Catatan jika Anda memiliki paten atau sedang dalam proses aplikasi paten.

Sumber dan pemenuhan: Apakah Anda mengandalkan vendor lain untuk menyediakan produk atau layanan Anda? Jika demikian, pastikan untuk menjelaskannya saat Anda menulis rencana bisnis. Masukkan informasi tentang dari mana datangnya inventaris atau bahan, bagaimana Anda menerimanya, dan seberapa sering Anda perlu dipenuhi.

Pada akhirnya, ini adalah bagian dari rencana bisnis Anda yang disediakan untuk membiarkan inti bisnis Anda — produk atau layanan Anda — bersinar.




Langkah 6: Jelaskan Rencana Pemasaran dan Penjualan Anda


Sekarang setelah Anda memberikan semua detail penting dari penawaran produk inti Anda, langkah selanjutnya dalam menulis rencana bisnis adalah menjelaskan bagaimana Anda akan memasarkan dan menjual produk atau layanan Anda.


Mari kita mulai dengan sisi pemasaran. Bagaimana Anda akan menciptakan pelanggan dan membuat mereka tertarik pada bisnis Anda?


Secara umum, seperti inilah bagian pemasaran bagian ini:


Penentuan posisi: Bagian pertama dari rencana pemasaran Anda mencakup bagaimana Anda memposisikan bisnis dan produk Anda. Cara Anda memposisikan merek Anda menentukan bagaimana pelanggan menemukan dan berinteraksi dengan Anda. Apakah Anda layanan gratis? Atau layanan yang dapat menjamin kualitas? Inilah yang membuat Anda menonjol dibandingkan pesaing Anda dalam arti branding.


Promosi: Setelah Anda menjelaskan bagaimana Anda akan memposisikan diri sendiri secara unik, sekarang jelaskan di mana Anda akan mendapatkan berita dan bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan Anda. Ini melibatkan semua rencana yang Anda miliki untuk mengemas produk Anda, mengiklankan produk (online atau dalam sumber media tradisional), berurusan dengan hubungan masyarakat, atau terlibat dalam praktik pemasaran konten.

Setelah Anda menjelaskan kerangka kerja pemasaran, sekarang selami rencana penjualan Anda:

Tenaga penjualan: Jelaskan siapa yang akan menjual produk Anda. Apakah Anda membutuhkan tenaga penjualan? Jika demikian, seberapa besar tim penjualan Anda perlu? Siapa yang akan melatih mereka? Sekarang saatnya bagi Anda untuk mengenakan topi kepala penjualan.

Strategi penjualan: Berikan gambaran umum tentang bagaimana Anda akan menjual produk atau layanan Anda. Apakah tim Anda akan menjadi pelanggan potensial yang menelepon dengan dingin? Atau menghadiri pertemuan penjualan secara langsung? Ini adalah bagaimana Anda akan memulai dan menutup transaksi. Pastikan untuk menggambarkan seperti apa corong penjualan untuk bisnis Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak tahu persis bagaimana penjualan dan pemasaran Anda akan diputar dulu, atau saluran mana yang paling sukses untuk Anda, Anda tetap ingin memberikan gambaran yang jelas dan ringkas tentang bagaimana Anda berencana menjual produk Anda.



Langkah 7: Detail Rencana dan Proyeksi Keuangan Anda


Meskipun bagian ini ada di akhir rencana bisnis Anda, ini bisa menjadi bagian terpenting dari keseluruhan dokumen. Dengan langkah ini, oleh karena itu, Anda akan merinci rencana dan proyeksi keuangan Anda — memberikan gambaran kondisi keuangan Anda saat ini dan memetakan di mana Anda ingin menjadi finansial di masa depan.


Jika Anda sudah menjalankan bisnis untuk sementara waktu sekarang, Anda akan menggunakan data keuangan dari kinerja sebelumnya di bagian ini. Jika Anda memiliki data sebelumnya untuk ditampilkan, Anda harus memasukkan laporan keuangan berikut:



  • Laporan laba rugi
  • Laporan arus kas
  • Neraca
  • Laporan piutang usaha (jika ada)
  • Laporan hutang akun (jika ada)
  • Dokumentasi kewajiban utang (jika ada)
  • Bahkan jika Anda tidak memiliki data keuangan sebelumnya dari perusahaan Anda, Anda harus memasukkan proyeksi keuangan di bagian ini. Proyeksi keuangan didukung oleh data masa lalu Anda, atau ditentukan oleh penelitian dan analisis pada industri dan pesaing utama Anda.


Ini dikatakan, ketika Anda meramalkan keuangan bisnis Anda, Anda akan ingin menyertakan dokumen-dokumen penting ini:



  • Laporan penghasilan yang diproyeksikan
  • Perkiraan arus kas
  • Laporan neraca
  • Anggaran belanja modal
  • Biasanya, rencana bisnis yang menyeluruh memiliki proyeksi keuangan untuk 12 bulan pertama bisnis, tetapi juga membutuhkan prospek yang lebih lama dan menggambarkan rencana untuk tiga hingga lima tahun ke depan. Untuk masuk ke semua detail yang terlibat dengan membuat proyeksi keuangan, Anda dapat memutuskan untuk berkonsultasi dengan akuntan bisnis atau penasihat keuangan lainnya.


Bagian terakhir dari rencana keuangan Anda harus mencakup segala kebutuhan pendanaan yang dimiliki atau akan dimiliki bisnis Anda di masa depan.


Apakah Anda berencana untuk mendapatkan pendanaan melalui pembiayaan ekuitas dengan angel investor atau perusahaan modal ventura, atau melalui pembiayaan utang dengan pinjaman usaha kecil, inilah yang perlu Anda sertakan dalam permintaan pendanaan:



  • Jumlah dana yang Anda butuhkan saat ini
  • Segala dana yang Anda butuhkan di masa depan
  • Tujuan dan dampak dana (modal kerja, pembelian peralatan, biaya waralaba, memperoleh bisnis, dll.)
  • Dengan bagian dari rencana keuangan Anda ini, seorang investor potensial yang membaca rencana bisnis Anda akan dapat menentukan dengan tepat bagaimana setiap kontribusi keuangan yang mereka lakukan akan berdampak pada bisnis. Dan jika Anda secara khusus memerlukan rencana bisnis untuk tujuan pendanaan, panduan ini dapat membantu.


Akhirnya, ini juga merupakan bagian di mana Anda ingin memasukkan grafik dan bagan untuk menggambarkan secara visual situasi dan rencana keuangan bisnis Anda di masa depan.


Langkah 8: Tambahkan Apendiks


Ketika Anda melihat semua langkah yang terlibat dalam penulisan rencana bisnis, langkah terakhir ini mungkin tampak tidak penting — namun, bukan itu masalahnya. Meskipun lampiran akan berada di bagian paling akhir dari rencana bisnis Anda, itu juga akan menyimpan semua informasi pendukung yang Anda tidak sertakan sejauh ini dalam dokumen Anda.


Khususnya, jika Anda memiliki poin data tambahan, bagan, catatan kaki, atau penjelasan lebih lanjut yang penting untuk membuat rencana lengkap, Anda akan memasukkannya dalam lampiran. Anda juga dapat menambahkan kontrak, dokumen hukum, izin, dan gambar produk apa pun di bagian ini.



Selain itu, apendiks juga merupakan tempat yang tepat untuk memasukkan resume dan resume Anda sendiri dari anggota kunci tim manajemen Anda — dengan cara itu pembaca Anda dapat merujuk ke apendiks jika mereka membutuhkan lebih banyak — tetapi tidak terganggu oleh penjelasan teks yang panjang atau membingungkan nomor sambil menguraikan rencana.


Seperti yang dijelaskan oleh pakar dan konsultan bisnis kecil Sophia Sunwoo mengenai cara menulis rencana bisnis: “Ingatlah bahwa Anda menceritakan kisah tentang visi unik Anda. Tidak ada yang lebih mengganggu cerita hebat selain sekelompok tabel, grafik, konteks historis, dan gambar yang menjebak pembaca dari dunia yang sedang Anda ciptakan. Setiap informasi tambahan yang 'baik untuk dimiliki' tetapi tidak sepenuhnya selaras dengan tujuan inti dari rencana bisnis harus didorong ke Lampiran, di mana pembaca dapat memilih untuk mencerna informasi tambahan ini sesuka hati. "


Secara logis, oleh karena itu, lampiran harus dimulai dengan daftar isi yang menguraikan bagian-bagian dari rencana bisnis Anda, diikuti oleh informasi tambahan yang sesuai dengan setiap bagian.


Garis bawah

Di sana Anda memilikinya — karena kami telah merinci cara menulis rencana bisnis, langkah demi langkah, kini Anda memiliki alat yang Anda butuhkan untuk membuat rencana bisnis yang komprehensif.

Tempat terbaik untuk memulai adalah meneliti industri, pesaing, dan keuangan Anda secara menyeluruh sehingga Anda akan memiliki banyak informasi yang perlu Anda rujuk dan sertakan dalam rencana bisnis Anda saat Anda duduk untuk menulisnya.


Setelah Anda menulis, ingatlah untuk ringkas dan efisien, ingat audiens Anda, dan jika Anda kesulitan, lihat perangkat lunak atau templat rencana bisnis yang kami sebutkan di awal artikel ini.


Tip terakhir kami? Selami. Dokumen bisnis penting ini tidak akan menulisnya sendiri, jadi ini saatnya untuk memulai — dan begitu Anda selesai, ini akan menjadi satu hal lagi yang dapat Anda periksa saat memulai daftar periksa bisnis.



Bacaan lain : 

Lebih baru Lebih lama