Cari Perusahaan Kurir ? Ini Yang Terbaik dan Bintangnya


Kalau perusahaan Anda atau Anda sedang  MENCARI KURIR TERBAIK untuk korporasi Anda, maka PT Satria Antaran Prima (SAP Express) termasuk perusahaan yang KURIR YANG RECOMMENDED. Perusahaan nasional ini terus memperluas jaringan, memperkuat tim dan mengembangkan infrastruktur untuk melayani kebutuhan pengiriman, termasuk pengiriman sektor ecommerce di Indonesia yang bertumbuh. Selama ini SAP Express memang menjadikan sektor ecommerce sebagai salah satu sektor utama yang ditarget selain industri perbankan, asuransi, farmasi, otomotif dan telekomunikasi.


"Kami percaya, walaupun jumlah pelanggan SAP Express dari kalangan perusahaan ecommerce sudah sangat banyak, namun pertumbuhan bisnis ecommerce dalam lima tahun masih akan pesat, diatas 30% per tahun. Konsumen Indonesia cenderung lebih suka simplisitas dan kemudahahan dalam berbelanja sehingga belanja online akan menjadi tren gaya hidup baru yang semakin berkembang," ungkap Budiyanto Darmastono, Presiden Direktur SAP Express.


Sinyalemen Budiyanto cukup beralasan. Gairah konsumen di Indonesia terhadap tren belanja online juga tercermin dari maraknya perusahaan-perusahaan ecommerce baik yang berbasis online shop maupun market place dalam berbagai skala usaha, termasuk kemunculan pemain-pemain besar seperti Blibli, Blanja, Shopee, Lazada, Zalora, Bukalapak, Alfacart, MatahariMall, Alibaba, Tokopedia, hingga JD.ID, yang pada umumnya disambut baik oleh konsumen.


Data riset dari International Data Corporation (IDC) menunjukkan, transaksi ecommerce di Indonesia tahun 2016 lalu sudah mencapai US4 651,7 juta (sekitar Rp 8,7 triliun) dan diperkirakan terus akan naik seiring perkembangan ekonomi nasional dan tren perubahan gaya hidup online. Dalam kalkulasi IDC, pasar ecommerce di Indonesia pada 2020 akan bisa mencapai US$ 1,8 miliar atau lebih dari Rp 20 triliun.




SAP Express sangat serius berinvestasi mengembangkan cabang hingga ke seluruh pelosok kecamatan di Indonesia, investasi ratusan armada mobil dan teknologi, sehingga pelanggan kami dari kalangan perusahaan ecommerce bisa lebih fokus pada pekerjaan branding dan marketing produk yang mereka jual. Saat ini jangkauan layanan SAP Express sudah ke seluruh pelosok kecamatan di Indonesia.


Salah satu dukungan solusi yang diberikan SAP Express kepada kalangan dunia ecommerce ialah pada aspek pembayaran yang selama ini menjadi tantangan terbesar. Bukan rahasia lagi, masih banyak segmen masyarakat Indonesia yang belum percaya dengan cara beli online karena takut barang pesanan tak dikirim sementara mereka sudah mentransfer uang. SAP Express  menjembatani problem ini dengan memberikan service pengiriman yang bisa sekaligus melakukan pembayaran di tempat (cash on delivery atau COD) sehingga konsumen makin percaya dengan perusahaan ecommerce. "Dunia ecommerce butuh dukungan layanan COD dari perusahaan pengantaran seperti kami. Investasinya cukup mahal, hanya satu atau dua perusahaan pengiriman independen yang mampu memberikan layanan COD ini," kata Budiyanto.


Budiyanto melanjutkan, salah satu lini di internal SAP Express yang dikembangkan ialah moda dan teknologi. Untuk aspek teknologi, pihaknya memperkuat baik teknologi di pelayanan maupun back end. Termasuk teknologi untuk trace, tracking dan handling paket yang diantar. SAP Express merupakan perusahaan pengantaran paket memelopori pemakaian handset dan aplikasi android bagi lebih dari 2.100 armada kurir dan pelanggannya sehingga memudahkan mobilitas kerja dan tracking paket. 

Sejak awal, seluruh cabang dan titik layanan SAP Express juga sudah terkoneksi dan diintegrasikan dalam satu sistem online untuk memudahkan proses kerja. Dari sisi pengelolaan dokumen maupun paket, SAP Express menerapkan kontrol kualitas layanan yang ketat, sebab itu operasional seluruh cabang kini sengaja dikelola sendiri oleh SAP Express -- bukan oleh agen -- untuk memudahkan penerapan standar dan kontrol.

SAP Express sendiri memang fokus  mengkhususkan diri dalam bidang kurir dan kargo, dan merupakan salah satu perintis jasa kurir di Indonesia yang menggunakan sistem onine diseluruh Indonesia, dikelola oleh para profesional dibidangnya selama puluhan tahun. Perusahaan ini menyediakan fasilitas khusus untuk para pelanggan korporasi, berupa user id dan login password, yang dapat diakses oleh single user maupun multi user (sesuai kebutuhan). Selain dapat mengetahui secara menyeluruh status kiriman, opsi ini dapat diintegrasikan dengan system informasi


Perusahaan ini juga melengkapi kurir lapangan dengan ponsel pintar berbasis android. Sebagai inovasi, pemanfaatan platform android sebagai alat bantu dalam kecepatan dan keakuratan informasi update status kiriman setelah pengantaran, sehingga status kiriman dapat langsung diketahui realtime.


SAP Express juga mempersiapkan team yang sangat berpengalaman dibidangnya. Kustomisasi layanan dapat dianalisa dan didiskusikan bersama, agar harapan dan keinginan setiap customer dapat terwujud. Selain itu secara kontinyu melakukan pengembangan jaringan mulai dari kantor cabang di kota provinsi maupun kantor ccabang pembantu diseluruh indonesia, agar semaksimal mungkin melayani kiriman ke tujuan-tujuan di Indonesia


Mempermudah Transaksi Pembayaran


Salah satu teroboannya, SAP Express selalu meningkatkan kemampuan teknologinya untuk menjawab tuntutan zaman salah satunya dengan meluncurkan sistem online payment pada layanan Cashless On Delivery (COD). Pembayaran secara daring pada layanan COD SAP Express dapat melalui platform apapun karena menerapkan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.


Perusahaan ini juga mengimplementasikan AIQQON dan ShopeePay sebagai Pendukung. Sistem pembayaran ini bekerja sama dengan AIQQON, sebuah perangkat nontunai yang diluncurkan oleh PT Aiqqon Triarta Mas sebagai perusahaan teknologi finansial bersama Koperasi Karyawan PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kerjasama ini merupakan inovasi terbaru dalam industri jasa pengiriman, tujuannya adalah meningkatkan keamanan dalam transaksi agar kepercayaan pengguna jasa pengiriman SAP Express terus meningkat. Hingga saat ini SAP Express menjadi satu-satunya perusahaan kurir yang telah menerapkan sistem pembayaran QRIS yang didukung oleh AIQQON.


ShopeePay sebagai fitur layanan dompet dan uang elektronik di e-commerce Shopee turut serta mendukung peluncuran pembayaran secara daring ini dengan menjadi salah satu platform pembayaran COD. Kerjasama ini pastinya akan semakin memudahkan pengguna layanan COD karena beragamnya dompet digital yang tersedia untuk melakukan transaksi COD SAP Express seperti GoPay, OVO, LinkAja, fitur mobile banking dari Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Mandiri dan Maybank.


Kerjasama ini dapat meningkatkan keamanan transaksi serta kemudahan pembayaran pengguna jasa pengiriman SAP Express. Lebih jauh lagi, sistem ini diharapkan dapat memberi terobosan bagi perkembangan teknologi pembayaran di Indonesia khususnya di bidang jasa pengiriman.


Yang jelas, perusahaan kurir ini tumbuh super cepat. Hanya dalam beberapa tahun sudah mampu memperkerjakan lebih 2.100 orang karyawan dan sukses  melalukan IPO di bursa efek Indonesia.  SAP Express didirikan Budiyanto pada tahun 2013. Sebelumnya pria lulusan Fakultas Ekonomi UGM ini sudah malang-melintang di dunia bisnis kurir dan logistik dan pernah membesarkan NCS Express.


Kombinasi strategi penetrasi yang cepat, perluasan coverage hingga ke level kecamatan, dan keseriusan dalam investasi teknologi membuat SAP Express tumbuh cepat jauh diatas rata-rata industri. Ia mengembangkan SAP Express dengan positioning sebagai perusahaan kurir independen sehingga bisa masuk di semua industri dan tak takut bersaing dengan perusahaan kurir inhouse yang kini banyak didiirikan oleh perusahaan-perusahaan ecommerce. “Keberadaan kami justru sinergi dan melengkapi kekurangan mereka,” pungkas Budianto.  



Lebih baru Lebih lama