Inilah Sejarah Linkedin, Platform Media Sosial Yang Mungkin Telah Berperan Besar Dalam Sukses Anda







Tak terasa banyak diantara kita para profesional atau pengusaha yang dalam berbisnis tak bisa lepas dari bantuan platform Linkedin. LinkedIn memang secara defacto telah menjadi platform  yang membantu para profesional bisnis di planet ini, tetapi tidak banyak yang menghargai akarnya, perjalanan yang telah ditempuh, dan dari mana asalnya. Padahal mungkin diantara Anda sudah ada menghasilkan proyek miliaran atau pekerjaan bagus berkat bantuan Linkedin. Ada baiknya kit merunut kembali sejarah Linkedin ini


2002


LinkedIn mulai dirintis, dari ruang tamu si pendirinya (co-founder)  Reid Hoffman dan situs ini secara resmi diluncurkan pada 5 Mei 2003. Reid sendiri sebelumnya memang pengalaman bekerja dan berada di dewan direksi Google, Ebay dan PayPal, sehingga memiliki rekam jejak yang terbukti sebelum ikut invest di putaran pertama Linkedin dan akhirnya listed di bursa efek New York. Ini juga menjelaskan beberapa integrasi hebat antara Google dan LinkedIn.


2003


LinkedIn mulai online tanggal 5 Mei 2003. Jadi LinkedIn memang termasuk salah satu platform sosial arus utama tertua, lebih tua dari YouTube, Facebook, dan Twitter. Sejak awal mereka punya misi, menghubungkan para profesional dunia untuk menjadikan mereka lebih produktif dan sukses. Pada akhir bulan pertama operasi penuh, LinkedIn memiliki total 4.500 memberdalam jaringannya tetapi pada hari yang buruk hanya akan mendapatkan 20 pendaftar. Jadi awalnya juga mengalami masa sulit. 


Pendiri LinkedIn adalah Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly dan Jean-Luc Vaillant. Tim manajemen terdiri dari eksekutif berpengalaman dari perusahaan seperti Electronic Arts, Google, Microsoft, PayPal, TiVo, dan Yahoo.


2004


LinkedIn mengambil langkah besar ketika menambahkan kemampuan untuk mengunggah buku alamat Anda untuk mengundang kolega Anda, memperkenalkan kelompok-kelompok untuk mulai membangun komunitas dan bahkan merangkul kemitraan dengan Amerika. Mereja mengekspresikan untuk mempromosikan penawaran mereka kepada kliennya. Ini benar-benar mulai memperluas daya tariknya dan menjadikan member bertamba menjadi 1.217.647 pada awal tahun 2004.


2005


Pada tahun ini LinkedIn mulai masuk ke mode bisnis dengan meluncurkan pekerjaan dan opsi langganan berbayar, dan pindah ke kantor yang lebih besar (keempat dalam tiga tahun). Membernya telah meningkat menjadi 4.192.941 pada awal tahun ini.


2006


Pada awal tahun ini LinkedIn memiliki lebih dari 5 juta anggota (5.098.823) dan meluncurkan profil publik sebagai catatan karir Anda saat ini dan masa lalu. Itu juga tahun pertama LinkedIn mencatat keuntungan. Untuk membuka kunci bukti sosial, LinkedIn juga meluncurkan rekomendasi dan membuatnya lebih mudah untuk menghubungkannya dengan fungsionalitas "Orang yang Anda kenal", yang keduanya masih digunakan hingga hari ini.


2007


Pada 2007 pengembangan Linkedin mulai sangat serius. Berbagai hal mulai harus ditangani. Reid Hoffman memutuskan untuk fokus menjalankan pengembangan produk dan Dan Nye bertugas memimpin perusahaan. Sudah ada 17.131.764 member  pada awal 2007.


2008


LinkedIn mulai memperluas basis operasinya dari AS dan membuka kantor internasional pertama di Inggris dan membuka versi platform Perancis dan Spanyol. Jumlah membernya  33.077.647  pada awal 2008.



2009


Saat member lebih dari 55 juta pada awal 2009, ada perubahan di puncak di Linkedin dengan masuknya Jeff Weiner yang pertama kali bergabung sebagai Presiden dan kemudian menjadi CEO. Prioritasnya adalah untuk mengklarifikasi misi dan nilai-nilai LinkedIn untuk menetapkan beberapa prioritas strategis.


2010


Ketika bisnis memasuki tahun ini, bisnis itu mulai tumbuh dengan sangat cepat dengan 85.411.764 member. Linkedin mulai  membuka lebih banyak kantor di seluruh dunia untuk membawanya ke sepuluh situs internasional dan lebih dari 1.000 karyawan dalam tim.


2011


Ini adalah tahun yang menjadi sangat serius dengan listing di Bursa Efek New York ($ 45 per saham) dan bahkan menjadi tuan rumah pertemuan balai kota dengan Barrack Obama. Pada awal tahun 2011 LinkedIn telah memiliki lebih dari 135 juta pengguna.


2012


Pada tahun semua antarmuka berubah, Weiner berfokus untuk membuat LinkedIn lebih sederhana, memungkinkan pertumbuhan dan menjadikannya lebih setiap hari untuk semua orang dan hingga saat ini merilis tata letak dan fungsi profil baru sepanjang tahun. Lebih dari 50 juta anggota tambahan bergabung tahun lalu dengan menjadi 186.930.823 pada awal 2012.



2013


Saat LinkedIn berusia sepuluh tahun, ia merayakan ulang tahunnya dengan penuh gaya, tidak hanya dengan banyak media dan pesta besar, tetapi dengan lebih dari 225 juta pengguna di seluruh dunia sekarang. LinkedIn menurunkan usia masuk dan lulusan yang ditargetkan dan stager awal.


2014


LinkedIn telah tumbuh secara substansial dengan lebih dari 5.400 karyawan penuh waktu dengan kantor di 27 kota di seluruh dunia untuk mencerminkan jejaknya di lebih dari 200 negara. Area yang tumbuh paling cepat adalah lulusan dan mahasiswa saat mereka mulai menyadari dan memanfaatkan platform Linkedin.


LinkedIn Hari Ini


LinkedIn telah mencapai 315 juta pengguna secara global yang secara statistik merupakan mayoritas profesional.


Penelitian ini tidak konklusif, tetapi saya telah melihat perkiraan antara 350 hingga 600 juta profesional bisnis di planet ini, jadi lebih dari 50% profesional bisnis di planet ini ada di LinkedIn!


Platform ini telah berkembang dengan stabil sejak hari pertama dengan kurs saat ini di dua akun pengguna baru yang dibuat per detik dan lebih dari satu juta pengguna baru bergabung setiap minggu.



Masa depan


LinkedIn terus tumbuh, mereka menambahkan (dan menghapus) fitur untuk menjaga pengalaman pengiriman bagi pengguna (berbayar dan gratis) dan telah menjadi pencarian standar untuk semua profesional bisnis yang serius. Mereka terus akuisisi startup lain seperti CardMuch, Connected, Rapportive, Pulse, SlideShare dan baru-baru ini newsle dan bizo.


Kemana perginya dari sini selain lebih besar dan lebih besar? Siapa tahu! Tapi itu akan menarik untuk dilihat. Kemana kamu pergi dari sini? Di mana Anda ingin LinkedIn Anda membawa Anda?


Yang pasti, tak banyak diantara kita yang tersadar bahwa kita terbantu keberadaan Linkedin dan bahkan mungkin Anda sudah mendapatkan bisnis/proyek ratusan juta atau miliaran karena peran Linkedin. (ZEN)


Lebih baru Lebih lama